Zenius Grand Try-Out Tawarkan Beasiswa dan Hadiah Menarik Lainnya

Rebut beasiswa menarik hingga beragam hadiah lainnya.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 12 Maret 2021 | 13:35 WIB
Logo Zenius. (Zenius)

Logo Zenius. (Zenius)

Hitekno.com - Platform pendidikan berbasis teknologi, Zenius menghadirkan try-out besar-besaran untuk siswa di seluruh Indonesia. Yakni Zenius Grand Try-Out (GTO) yang dimulai pada Maret 2021 ini.

Kegiatan ini terbuka untuk seluruh siswa kelas 12 dan gap year di Indonesia secara daring dan gratis. Try out ini menggunakan sistem penilaian item response theory (IRT), sistem yang digunakan pada UTBK sejak tahun lalu.

Baca Juga: - Zenius untuk Guru, Sistem Manajemen Pembelajaran Gratis - 96 Orang Penerima Beasiswa Zenius Telkomsel Scholarship Test Diumumkan - Mengagumkan, Lebih dari 14 Ribu Pengguna Zenius Berhasil Lulus SBMPTN 2020 - Zenius Bagikan Fasilitas Penunjang PJJ Bagi Guru dan Siswa di Daerah

Siswa yang mengikuti Zenius GTO berkesempatan untuk memenangkan beasiswa pendidikan untuk 50 siswa dengan nilai terbaik dan berbagai hadiah lainnya seperti voucher belanja hingga paket belajar dengan nilai total hadiah miliaran rupiah.

"Sistem IRT merupakan tantangan tersendiri untuk peserta UTBK karena sistem ini memberikan bobot yang berbeda untuk tiap soal. Bobot soal akan lebih rendah bila banyak siswa dapat menjawab dan sebaliknya, bobot soal akan lebih tinggi jika hanya segelintir siswa yang bisa menjawabnya," kata Chief Executive Officer Zenius Rohan Monga.

"Zenius melihat try out sebagai ajang penting bagi siswa untuk mengukur kemampuannya dan menentukan target program studi nanti. Antusiasme siswa dapat terlihat dari jumlah peserta try out di tahun 2020 lalu, yang mencapai 65.000 peserta. Oleh karena itu, kami menyiapkan sebuah simulasi UTBK yang mendekati aslinya serta menyiapkan berbagai hadiah dan beasiswa untuk memotivasi para siswa." lanjutnya.

Aplikasis Zenius. (Zenius)
Aplikasis Zenius. (Zenius)

Dalam pelaksanaan Zenius GTO, siswa dapat mengikuti try out Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik untuk kategori Saintek dan Sosial-Humaniora. Sepanjang periode try out, sebuah papan peringkat (leaderboard) akan ditampilkan secara daring.

Papan peringkat ini akan menampilkan penilaian dari setiap sesi try out, termasuk pencapaian tertentu seperti siswa dengan nilai tertinggi dan waktu pengerjaan tercepat.

"Dengan melihat karakteristik setiap soal melalui sistem penilaian IRT, nilai total yang didapat siswa pun akan lebih fair. Metode ini juga dianggap bisa membedakan kemampuan tiap siswa dengan lebih baik," tambah Rohan.

"Bagi siswa yang berkeinginan untuk terus meningkatkan kemampuannya, Zenius Grand Try-Out juga dilengkapi dengan kelas pembahasan soal secara live dan tautan ke video konsep untuk bahan evaluasi dan pembelajaran lebih lanjut. Semua ini tersedia gratis untuk membukakan akses sebesar-besarnya bagi sebanyak mungkin siswa di Indonesia untuk mendapatkan materi pendidikan berkualitas." tambahnya.

Pendaftaran Zenius GTO telah dibuka sejak tanggal 15 Februari 2021 lewat aplikasi smartphone atau situs Zenius di https://jagoutbk.zenius.net/grand-try-out/. Siswa dapat mengikuti seluruh sesi try out yang akan diadakan pada tanggal 20 dan 27 Maret serta 1 dan 8 April 2021. Zenius akan mengumumkan pemenang Zenius GTO setelah periode UTBK usai di bulan Mei 2021.

Zenius Grand Try-Out merupakan hasil kolaborasi dengan Teh Pucuk Harum dan didukung oleh BeritaSatu, LinkAja, dan Tokopedia.

Berita Terkait

TERKINI

Google review memberikan banyak keuntungan bagi bisnis yang memasarkan produk atau jasanya secara online.
internet | 15:59 WIB
Berikut adalah deretan kata yang paling sering dicari secara global, sektor musik bikin salah fokus.
internet | 15:55 WIB
Netizen langsung teringat jargon "kamu nanya?" saat melihat background ini.
internet | 15:28 WIB
Pemandangan ini memang tidak biasa, karena harga jual botol tupperware yang cukup mahal.
internet | 14:44 WIB
Perusahaan induk Facebook dan Instagram, Meta, ingin meracik media sosial baru untuk menandingi Twitter.
internet | 11:44 WIB
Perusahaan induk Facebook, Meta, menganggap bahwa pendistribusian berita hanya menguntungkan media, dan sebaliknya untuk perusahaan.
internet | 11:00 WIB
Gempa Sukabumi langsung menjadi perbincangan netizen di media sosial.
internet | 09:00 WIB
Media sosial TikTok lagi-lagi dituduh barat sebagai alat spionase.
internet | 20:51 WIB
Ingin membuat kolase aesthetic dengan mudah? Manfaatkan salah satu situs kolase foto online ini.
internet | 20:37 WIB
Siswa dan siswi ini nampak mencuri perhatian dengan penampilan natural khas remaja di tahun tersebut.
internet | 20:26 WIB
Berikut adalah deretan bot untuk membacakan teks, cocok untuk konten kreator.
internet | 18:44 WIB
Penggunaan situs ini begitu mudah, kamu hanya perlu menjawab 35 pertanyaan yang hasilnya nanti akan mempengaruhi pengenalan kepribadian.
internet | 17:14 WIB
Netizen salfok dengan penampilan kakek dan model Vespa klasik yang dikendarainya.
internet | 15:34 WIB
Usai kabar ini beredar, berbagai hashtag terkait ledakan bom bunuh diri di Bandung ini lalu meramaikan kolom Trending di Twitter.
internet | 15:32 WIB
Ada sosok yang sedang ramai diperbincangkan warga Tanah Air yang menandatangani BPKB tersebut. Harga langsung meroket?ce
internet | 15:22 WIB
Sosok murid penyayang hewan ini banjir pujian dari netizen.
internet | 12:14 WIB
Ribuan netizen memberikan ucapan duka dan meme penghormatan untuk Lord Rangga.
internet | 11:43 WIB
Lord Rangga meninggal 7 Desember 2022, meninggalkan sederet cerita yang layak dikenang.
internet | 11:12 WIB
Tampilkan lebih banyak