Internet

Jadi Operator dengan Internet Tercepat, Telkomsel Kalahkan Indosat dan XL

Telkomsel dinobatkan sebagai operator seluler tercepat di Indonesia .

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi jaringan Telkomsel. (Telkomsel)
Ilustrasi jaringan Telkomsel. (Telkomsel)

Hitekno.com - Laporan firma riset mobile analytic Open Signal, Telkomsel dinobatkan sebagai operator seluler tercepat di Indonesia. Operator Telkomsel berhasil mengalahkan pesaingnya, yaitu Indosat dan XL. 

Riset yang dilakukan Open Signal ini menganalisis pengalaman jaringan seluler yang melibatkan lima operator di Indonesia, yakni Huchison 3 Indonesia (Tri/3), Telkomsel, Indosat Ooredoo, Smartfren, dan XL Axiata.

Riset ini dilakukan selama 90 hari mulai 1 Agustus hingga Desember 2020. Riset ini dilakukan secara Nasional dan regional yang melibatkan 28 kota besar di Indonesia.

Dalam blog resmi Open Signal, Minggu (14/2/2021), Telkomsel mencatat kecepatan unduhan (download) mampu mencapai 12,7 mbps. Sementara posisi kedua dan ketiga ditempati XL dan Indosat dengan masing-masing kecepatan unduhan 11,3 dan 10,7 mbps.

Belajar dan bekerja dari rumah dengan Telkomsel. [Telkomsel]
Belajar dan bekerja dari rumah dengan Telkomsel. Sebagai ilustrasi layanan Telkomsel [Telkomsel]

Lalu posisi ketiga dan keempat diduduki 3 dan Smartfren. Untuk 3, operator ini tercatat memiliki kecepatan unduhan hingga 9,4 mbps. Sementara Smartfren menempati posisi akhir dengan kecepatan 4,9 mbps.

Selain kecepatan unduhan, Telkomsel juga unggul dalam kecepatan unggah (upload). Tercatat, kecepatan unggahan Telkomsel berhasil tembus hingga 5,7 mbps.

Posisi kedua ditempati Indosat dengan kecepatan unggah 5,6 mbps. Di bawahnya ada XL dengan angka 5,1 mbps.

Sementara itu yang berada di posisi keempat dan kelima ditempati 3 dan Smartfren dengan masing-masing kecepatan unggah 5,2 mbps dan 1,1 mbps. (Suara.com/Dicky Prastya)

Berita Terkait