Kabel Fiber Optik Sempat Putus, Palapa Ring Barat Lakukan Pemulihan

Terputusnya kabel Fiber Optik sempat menyebabkan gangguan telekomunikasi di wilayah Anambas dan Natuna.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Jum'at, 12 Februari 2021 | 09:30 WIB
Ilustrasi Proyek Palapa Ring Barat. (Istimewa)

Ilustrasi Proyek Palapa Ring Barat. (Istimewa)

Hitekno.com - Wilayah Anambas dan Natuna sempat mengalami gangguan telekomunikasi akibat terputusnya jaringan kabel fiber optik (FO) pada proyek Palapa Ring Barat. Gangguan pada jalur Batam – Tarempa yang menghubungkan Kabupaten Kepulauan Anambas serta Kabupaten Kepulauan Natuna membuat akses jaringan internet mengalami gangguan pada 2-3 Februari 2021.

Syarif Lumintarjo selaku Direktur PT Palapa Ring Barat mengungkapkan bahwa masalah tersebut bermula ketika terdapat kapal di perairan yang merusak kabel fiber optik.

"Pada tanggal 21 Januari 2021 kabel Tanjung Bemban ke Tarempa ini putus. Penyebabnya itu adalah ada kapal asing yang karena cuaca buruk engine-nya rusak, mereka terombang ambing di laut, sekitar 19,4 kilometer dari Tanjung Beban. Karena mesin rusak, mereka buang jangkar sembarangan," kata Syarif Lumintarjo pada konferensi virtual Kamis (11/02/2021).

Baca Juga: Apple Ajukan Paten Baru, MacBook Bisa Charger iPhone Secara Nirkabel

Jangkar yang dilempar sembarangan tersebut menyebabkan terputusnya kabel FO dari Tanjung Bemban ke Tarempa.

Kemudian, pada 2 Februari 2021, jaringan Palapa Ring Barat mengalami masalah kembali. Kali ini penyebabnya adalah proyek aktifitas pihak ketiga yang mengakibatkan terputusnya jaringan dari Ranai ke Singkawang.

Pada 21 Januari 2021 kabel arah Tarempa putus karena jangkar kapal. Ini menyebabkan awal mula  masalah double-FO-cut. (Ist)
Pada 21 Januari 2021 kabel arah Tarempa putus karena jangkar kapal. Ini menyebabkan awal mula masalah double-FO-cut. (Ist)

"Bersama Palapa Ring Barat, kami memantau pemulihan akses Komunikasi yang sedang berjalan. Memang sungguh sangat disesalkan hal ini terjadi, tiga hari sejak Selasa tanggal 2 Februari 2021 pemerintah daerah dan masyarakat Kepulauan Anambas tidak mendapatkan jaringan akses telekomunikasi yg maksimal sehingga berdampak kepada seluruh sektor kehidupan," kata Japrizal selaku Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas.

Baca Juga: Proyeksi Industri Telekomunikasi 2021: Jaringan 5G Tetap Prioritas

Kini Palapa Ring Barat mengklaim bahwa mereka sudah melakukan perbaikan bersama dinas Kominfo Anambas dan Natuna sehingga jaringan berangsur pulih.

Sebagai informasi, Proyek Palapa Ring Barat telah berlangsung sejak 2017 dan menghasilkan jaringan 4G untuk wilayah paket Barat ini diklaim telah menerapkan jaringan sesuai dengan praktik industri yang baik, yaitu telah memiliki jaringan dua arah serta memiliki main back up pada jaringan.

Ilustrasi perbaikan Proyek Palapa Ring Barat. (Istimewa)
Ilustrasi Proyek Palapa Ring Barat. (Istimewa)

Namun, jaringan FO Palapa Ring Barat tidak didesain untuk menghadapi double-FO-cut sehingga gangguan pada wilayah Anambas dan Natuna dapat terjadi. Dalam konferensi virtual, Syarif Lumintarjo juga mengungkapkan perkembangan jaringan pada proyek nasional tersebut.

Baca Juga: Razer Kenalkan Hammerhead Pro, Earbud Nirkabel dengan Fitur Anti Bising

Palapa Ring Barat telah selesai membangun jaringan backbone berbasis serat optik yang menghubungkan kota-kota atau kabupaten yaitu Dumai, Bengkalis, Siak, Tebing Tinggi, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Bembam (Batam), Tarempa, Ranai, Singkawang, Kualatungkal, dan Daik Lingga.

Jaringan backbone serat optik tersebut mempunyai kapasitas sebesar 100 Gbps. Proyek ini juga menjangkau wilayah Provinsi Riau, Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna) dan Kalimantan Barat (sebagai bagian dari interkoneksi dengan jaringan serat optik yang telah dibangun) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 km.

Utilisasi layanan Palapa Ring Barat. (PT Palapa Ring Barat)
Utilisasi layanan Palapa Ring Barat. (PT Palapa Ring Barat)

Semua ini guna mendukung pemerataan pembangunan dan pengembangan potensi ekonomi di wilayah dan juga dapat menunjang iklim kompetisi yang lebih sehat di bidang penyelenggaraan jasa telekomunikasi terutama untuk area 3T (Tertinggal, Terdepan, dan terluar) Indonesia.

Baca Juga: Kominfo Dorong Perusahaan Telekomunikasi Dukung Gerakan Social Distancing

Mereka mengimbau berbagai pihak yang ikut menggunakan infrastruktur Palapa Ring Barat untuk berhati-hati dalam beraktivitas di sekitar area infrastruktur karena kesalahan sedikit saja bisa berdampak besar bagi masyarakat mengingat jaringan telekomunikasi dan internet sangat penting.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak