Internet

Foto Jadul Putri Keraton 1940, Netizen: Murni Cantik Nusantara

Tak hanya netizen zaman now, beberapa petinggi negeri pernah jatuh hati pada gadis ini.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Foto jadul Gusti Noeroel. (Leiden University)
Foto jadul Gusti Noeroel. (Leiden University)

Hitekno.com - Deretan foto jadul yang masih beredar hingga sekarang bisa menjadi pembelajaran sejarah bagi setiap orang. Sebuah foto jadul yang menampakkan seorang putri keraton ini sukses bikin netizen salfok.

Pengguna Facebook bernama Andrew Chandra Christopher membagikan postingan melalui forum Indonesia Tempoe Doeloe.

Postingan yang berhasil viral setelah memperoleh 7.600 Like dan dibagikan 152 kali. Ratusan netizen yang berkomentar sebagian besar mengaku takjub dengan kecantikan seorang gadis di dalam foto tersebut.

Bukan orang sembarangan, gadis cantik di dalam foto itu adalah putri keraton bernama Gusti Raden Ayu Siti Noeroel Kamaril Ngasarati Kusumawardhani atau akrab disebut sebagai Gusti Noeroel.

Pengguna Facebook tersebut sebenarnya membagikan ulang sebuah arsip yang tersimpan di KITLV Leiden University. Dalam deskripsi yang tersimpan di Leiden University, disebutkan bahwa saat itu Gusti Noeroel sedang berusia 18 tahun.

Foto jadul Gusti Noeroel. (Facebook/ Indonesia Tempoe Doeloe via Andrew Chandra)
Foto jadul Gusti Noeroel. (Facebook/ Indonesia Tempoe Doeloe via Andrew Chandra)

 

"Goesti Raden Adjeng Siti Noeroel Koesoemowardani, putri Mangkoe Nagoro VII, berbicara di depan mikrofon pemancar Solosche Radio Vereniging di Soerakarta pada usia 18 tahun," tulis keterangan pada arsip online di Leiden University.

Keterangan lain yang tertulis adalah foto diambil pada tahun 1940.

Dikutip dari Wikipedia, Gusti Noeroel adalah putri tunggal dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegoro VII dan permaisurinya, Gusti Kanjeng Ratu Timoer.

Ayah dari Gusti Noeroel merupakan seorang ningrat dari Solo yang beristrikan putri dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Ibu Gusti Noeroel adalah puteri ke-12 Sultan Hamengku Buwono VII dari permaisuri ketiga, G.K.R. Kencono.

Foto jadul Gusti Noeroel. (Leiden University)
Foto jadul Gusti Noeroel. (Leiden University)

 

Tak hanya netizen zaman now yang terpesona oleh Gusti Noeroel, namun beberapa petinggi negeri ini juga pernah terpikat oleh gadis cantik tersebut.

Mantan Perdana Menteri Sutan Sjahrir biasa mengirimkan kado melalui sekretarisnya ke kediaman Gusti Noeroel di Pura Mangkunegaran ketika rapat kabinet digelar di Yogyakarta. Konon Presiden Soekarno pernah tertarik dengan Gusti Noeroel juga.

Selain itu tokoh negara yang mencoba meminang Gusti Noeroel adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Dari semua tokoh besar di atas, putri bangsawan tersebut memutuskan untuk menerima pinangan seorang militer berpangkat letnan kolonel yang bernama RM Soerjo Soejarso. Gusti Noeroel dikenal sebagai salah satu tokoh yang mengelola berdirinya Solosche Radio Vereeniging, salah satu stasiun radio paling awal di Indonesia.

Foto jadul Gusti Noeroel. (Leiden University)
Foto jadul Gusti Noeroel. (Leiden University)

 

Foto jadul mengenai kecantikan Gusti Noeroel ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Natural murni cantik nusantara," kata Tayev Dedayev.

"Wonder woman pada zamannya. Menolak poligami dan pada akhirnya bertemu jodoh yang mendampingi sampai akhir hayat," tulis Emily Retno Aji.

"Ya Allah, ayune poll," pendapat Andrie Anurato.

"Gusti Nurul wanita yang menolak Soekarno dan petinggi negara yang mau menikahinya. Dan ini dikenal dengan hari patah hati nasional pertama..wkwkw," komentar Yuhendra Dharma Thanjung.

Itulah tadi foto jadul putri keraton yang bikin netizen terpesona, bagaimana pendapat kamu?

Berita Terkait