Penjualan Pulsa Dikenakan Pajak, Harga Naik?

Begini penjelasan detail terkait pajak pulsa.

Dinar Surya Oktarini
Sabtu, 30 Januari 2021 | 12:15 WIB
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/relexahotels)

Ilustrasi smartphone. (Pixabay/relexahotels)

Hitekno.com - Pada awal Februari 2021 mendatang, penjualan pulsa akan dikenakan pajak. Peraturan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi penjualan pulsa ini diumumkan secara resmi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Peraturan tersebut tertuang dalam PMK No 6/PMK.03/2021 tentang penghitungan dan pemungutan PPN dan PPh terkait dengan penjualan pulsa, kartu perdana, token, dan voucher.

Baca Juga: - Makin Diminati, Ini Tips Berkair di Industri Game Online - Terpopuler: Status WhatsApp dan Heboh Surat Keberatan Eiger - Viral Bocah SD Cari Pacar via Facebook, Bikin Netizen Heboh - Apresiasi Pelanggan Setia, Smartfren Beri Cashback 100% Isi Ulang Pulsa - Diduga Kena Hipnotis, Pria Ini Bolak-balik Isi Pulsa Hingga Jutaan Rupiah

Kebijakan terbaru ini juga sudah diatir dalam undang-undang yang dicantumkan dalam website resmi Pajak.go,id.

Usai kebijakan terbaru ini disampaikan, netizen dibuat heboh dengan adanya pengaturan pajak saat membeli pulsa, kartu perdana, token dan voucher.

Melihat kebingungan tersebut Meneteri Keungan Sri Mulyani mengungah sebuah video melalui Instagram @smindrawati untuk meluruskan kebijakan tersebut.

Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna)
Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna)

Sri Mulyani menjelaskan bahwa ketentuan pemajakan tersebut tidak berimbas pada perubahan harga pulsa, kartu seluler perdana, maupun token listrik. Dalam penjelasannya, Sri Mulyani menegaskan tidak ada pungutan pajak baru dalam peraturan ini.

"Ketentuan tersebut TIDAK BERPENGARUH TERHADAP HARGA PULSA /KARTU PERDANA, TOKEN LISTRIK DAN VOUCER," tulisnya lagi.

Dilansir dari Suara.com, kebijakan yang baru-baru ini dibuat, menurut Sri Mulyani merupakan upaya penyederhanaan dalam pengenaan PPN dan PPH serta memberikan kepastian hukum.

Selanjutnya, Sri Mulyani menjelaskan bahwa pemungutan PPN untuk pulsa hanya untuk level distributor II (server). Sehingga distributor tingkat pengecer tak perlu memungut PPN lagi.

"Jadi tidak benar ada pungutan pajak baru untuk pulsa, kartu perdana, token listrik, dan voucher. Pajak yang anda bayar juga kembali untuk rakyat dan pembangunan," ujar Sri Mulyani secara tertulis.

Dalam unggahan tersebut, banyak netizen yang mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah memberikan penjelasan yang lebih detail terkait kebijakan pajak pulsa.

Berita Terkait

TERKINI

Bot yang berbahaya ada di mana-mana. Saat ini, banyak situs, login, dan aplikasi favorit konsumen yang diserang oleh bot.
internet | 19:03 WIB
Usai bersitegang dengan Twitter, kini Apple diklaim Elon Musk telah kembali memasang iklan ke platform media sosial tersebut.
internet | 18:49 WIB
Usai unggahan foto jadul kawasan Slipi, Jakarta Barat tahun 1997 ini menjadi viral di Instagram, berbagai komentar langsung saja ditinggalkan oleh netizen.
internet | 18:47 WIB
Berikut adalah perubahan UMK 2023 dan cara mengeceknya secara online lewat HP dan Laptop.
internet | 17:54 WIB
Berikut adalah sederet cara, syarat dan jadwal untuk mendaftar seleksi bersama rekrutmen BUMN Online.
internet | 16:23 WIB
Terlepas dari kehidupan artis yang dikenal glamor, Prilly Latuconsina tampil begitu sederhana saat sedang menekuni hobinya.
internet | 14:05 WIB
Video pria nekat beli motor saat mengeluh lelah jogging ini lalu dibanjiri dengan berbagai komentar dari netizen.
internet | 12:10 WIB
Reza Rahadian mengaku jika dirinya tidak tahu harus melakukan apa dengan akun Instagram.
internet | 11:43 WIB
Banyak penipu mengatasnamakan diri sebagai perwakilan dari Google dan menelpon pengusaha kecil untuk meminta sejumlah uang.
internet | 10:13 WIB
Uni Eropa mendesak Elon Musk untuk tak lagi menerapkan kebebasan berbicara dan mengaplikasikan sensor ketat di media sosial Twitter.
internet | 09:26 WIB
Saat membuka bungkus Oreo BLACKPINK tersebut, gadis ini tidak menemukan photocard Jennie, Lisa, Rose atau Ji Soo.
internet | 19:29 WIB
Melihat aksi pemilik rumah temukan ular di lubang pembuangan toilet ini, netizen langsung saja meninggalkan berbagai komentar.
internet | 18:53 WIB
Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
Tampilkan lebih banyak