Ketika Pembeli Malas Baca Deskripsi Produk, Baca Ulasannya Bikin Miris

Udah ngegas nyalain penjual, padahal dirinya yang nggak baca deskripsi.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Minggu, 03 Januari 2021 | 21:30 WIB
Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay)

Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay)

Hitekno.com - Tak sedikit kisah belanja online yang viral di media sosial, termasuk bagaimana kelakuan para pembeli yang malas baca deskripsi produk. Ujung-ujungnya menyalahkan penjual lewat ulasan di lapak dagangan.

Seperti dalam postingan yang jadi sorotan netizen ini, dibagikan beberapa ulasan pembeli yang komplain setelah mendapati barangnya tidak sesuai ekspektasi. 

Padahal barang yang didapatkan dari belanja online sudah sesuai deskripsi pada lapak jualannya.

Baca Juga: Beli Baju Online Protes Salah Warna, Ulasan Netizen Ini Mengejutkan

Bagi kamu yang suka membeli barang secara online, deskripsi barang pada penjual harus dibaca dengan teliti. Seorang pembeli online yang memberi rating bintang satu gara-gara tidak teliti membaca deskripsi ini membuat netizen miris.

Akun fanspage Twitter bernama @txtdarionlshop membagikan screenshot mengenai lapan belanja online yang mendapatkan review negatif.

"Ayo dibaca lagi," tulis caption pada postingan-nya.

Baca Juga: Belanja Online Sandal yang Datang Begini, Pembeli Ini Malah Review Bagus

Postingan yang dibagikan mengenai kejanggalan pada jual beli online ini membuat netizen heboh setelah mendapatkan lebih dari 153 Retweet dan 940 Like hingga viral di media sosial.

Salah satu lapak di toko online mendapatkan bintang satu gegara pembelinya nggak baca deskripsi. (Twitter/ txtdarionlshop)
Salah satu lapak di toko online mendapatkan bintang satu gegara pembelinya nggak baca deskripsi. (Twitter/ txtdarionlshop)

Ratusan netizen ikut berkomentar di mana sebagian besar merasa miris atas pembeli online yang tidak membaca deskripsi dari penjual tersebut.

Dalam postingan yang viral di media sosial, terlihat seorang penjual yang menjajakan sebuah model miniatur sepeda MTB (Mountain Bike) dengan harga Rp 604 ribu.

Baca Juga: Tergiur Beli Masker Murah, Malah Begini yang Didapatkan

Namun di kolom komentar, terdapat seorang pembeli yang kecewa karena mendapatkan "miniatur sepeda" dan bukan sepeda asli seperti yang diharapkan.

Pembeli online tersebut langsung memberikan bintang satu sehingga rating reputasi pada toko kurang begitu bagus

Setelah ditelusuri, keluhan itu terjadi pada platform e-commerce populer di Indonesia, L*z**a. Toko atau pelapak online di dalam platform yang bernama Sh*p**7 St*r* sebenarnya sudah memberikan gambaran yang cukup rinci pada kolom deskripsinya.

Baca Juga: Penghujung Tahun, Ini 5 Kategori Paling Laris Dibeli di Tokopedia

"Model sepeda Aloi jari baru sepeda MTB Lipat Mainan Mini BMX. Diameter roda adalah 6 cm, dapat diputar. Dilengkapi dengan braket bergerak dan pedal juga bisa diputar," tulis keterangan toko online Sh*p**7 St*r*.

Keluhan dari pembeli online ini bikin netizen miris. (Twitter/ txtdarionlshop)
Keluhan dari pembeli online ini bikin netizen miris. (Twitter/ txtdarionlshop)

Banyak netizen yang menyayangkan minimnya kesadaran membaca deskripsi di toko online oleh calon pembeli.

Kelakuan tidak membaca deskripsi membuat kedua belah pihak dirugikan, baik toko online-nya maupun sang pembeli. Reputasi toko online menjadi buruk sementara sang pembeli juga rugi karena tidak mendapatkan barang sesuai keinginan.

Keluhan pembeli online di atas mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Indonesia butuh menggalakkan program Hapuskan Buta Huruf di Online Shop" pendapat @DavidPurnamaHan.

Meme balasan netizen. (Twitter/ alhadie_)
Meme balasan netizen. (Twitter/ alhadie_)

"Di L*z**a bnyak banget ini biasanya seller dari China, kayaknya mereka tahu orang Indonesia ini darurat baca wkwk," balas @Mersel99xx.

"Iya emang salah tapi kasihan juga. Ngebayangin itu bapaknya udah ngumpulin duit Rp 600 ribu buat beliin sepeda anaknya, ibunya inisiatif beli online biar lebih murah, minim baca, tau-tau yang dateng begitu," kata @katakataukodok.

"Bener sih orang Indonesia kurang literasi dan kalau beli online suka nggak cek bener-bener dulu. Tapi seller-nya juga harus lebih jelas. Kata 'Mainan' atau 'Miniatur' harusnya di depan biar pembelinya langsung ngerti," komentar @artbycha.

Itulah tadi postingan mengenai keluhan pembeli online yang bikin netizen miris karena tak baca kolom deskripsi produk. Saking ramainya kisah belanja online ini, sampai viral di media sosial.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak