Internet

3 Tahun Olah Besi Bekas, Pria Ini Sukses Bangun Mobil dari Barang Rongsokan

Tak sekadar jadi, mobil dari barang rongsokan ini bisa dikendarai.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi barang rongsokan. (Pixabay)
Ilustrasi barang rongsokan. (Pixabay)

Hitekno.com - Tiga tahun bergelut dengan besi bekas dan barang rongsokan, pria ini sukses membangun mobil. Tidak sekedar jadi, namun kendaraan roda empat tersebut bisa jalan dan dikendarai dengan baik.

Berbekal pipa dan lempengan besi bekas yang dikumpulkan, ia menyulap barang rongsakan menjadi benda berguna.

Karya pemuda ini kontan membuat takjub orang-orang di sekitarnya, termasuk pula warganet dunia maya yang menyimak cerita pengalaman pria ini.

Memiliki mobil baru menjadi impian bagi banyak orang. Namun tak semua orang bisa memilikinya karena beberapa faktor, salah satunya biaya yang mahal.

Hal ini pun membuat seorang pria bernama Kelvin menuangkan ide ekstrem, yakni membuat mobil dari barang rongsokan.

Pria asal Ghana ini membagikan pengalaman dan cara untuk membuat mobil dari barang rongsokan. Pengalaman ini dibagikan dalam kanal Youtube Drew Binsky.

Ia bercerita bagaimana proses membuat mobil hanya bermodalkan barang rongsokan yang ada sekitar. Beberapa komponen seperti busa bekas serta mesin-mesin kendaraan lawas ia temukan di sekitar.

Pria asal Ghana membuat mobil dari barang rongsokan (Youtube)
Pria asal Ghana membuat mobil dari barang rongsokan (Youtube)

 

Sistem audio-nya pun terlihat cukup minimalis, tidak semewah mobil-mobil lain yang beredar di pasaran.

"Saya membangunnya menggunakan material pembuatan kontainer. Menggunakan pipa besi, batang besi untuk rangka, dan pelat besi untuk bodinya. Ini adalah kombinasi mobil dan motor. Saya pakai suspensi motor untuk meredam goncangan," kata Kelvin.

Pemuda cerdas nan kreatif asal Ghana ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun untuk menjadikan mobil ini utuh dan bisa dikendarai.

Meski dari barang rongsokan, ternyata butuh biaya yang cukup lumayan. Ia membeberkan dana yang dihabiskan untuk membuat motor ini sebesar 8 ribu Ghanaian Cedi atau setara dengan Rp 19 jutaan.

Harga tersebut bila dikonversikan untuk membeli motor, bisa mendapatkan Honda BeAT, lho.

Ia melakukan hal ekstrem ini untuk membuktikan kepada seluruh dunia dirinya mempunyai bakat yang cukup untuk membuat mobil.

"Mimpi saya adalah untuk membuat mobil dan manufaktur mobil dunia. Saya ingin membuat mobil seperti yang dilakukan orang kulit putih. Saya ingin memotivasi semua orang yang punya pengetahuan dan kemampuan untuk membuat sesuatu," tutupnya

Untuk melihat video selengkapnya, klik DI SINI!

Itulah kisah kesuksesan pemuda Ghana bangun mobil berbekal barang rongsokan dan besi bekas selama tiga tahun. (SuaraSumsel.id/ Gagah Radhitya Widiaseno).

Berita Terkait