Internet

Penjualan Moncer, Nokia Mengklaim Jadi "Raja" HP Fitur di Negara Ini

Sepertinya Nokia semakin memantapkan diri dalam mengincar segmen entry level.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

HP fitur Nokia 8000. (YouTube/ Nokia Mobile)
HP fitur Nokia 8000. (YouTube/ Nokia Mobile)

Hitekno.com - Sebelum Android mulai mendominasi, Nokia pernah menjadi "raja HP" di masa keemasannya. Baru-baru ini Nokia mengumumkan bahwa mereka menduduki peringkat pertama dalam hal penjualan feature phone (HP Fitur) di China.

Sebagai informasi, HMD Global cukup rajin menghadirkan kembali beberapa HP Nokia klasik atau ponsel fitur dengan desain diperbarui.

Perangkat tersebut disisipi kembali dengan teknologi komunikasi modern serta aplikasi tambahan sehingga diterima oleh pasar.

Melalui akun Weibo resminya, Nokia mengklaim bahwa mereka menduduki posisi nomor satu dalam hal penjualan HP fitur 4G di China. Sayangnya, Nokia tidak memberikan detail resmi mengenai angka penjualan perusahaan.

Grafik yang dibagikan perusahaan mencakup lima HP fitur yang diluncurkan di China selama 2020.

HP fitur Nokia 225. (Nokia)
HP fitur Nokia 225. (Nokia)

 

Dari lima perangkat yang ada, beberapa di antaranya termasuk Nokia 220 4G (meluncur April 2020), serta Nokia 215 4G dan Nokia 225 4G yang dirilis pada Oktober lalu.

Dikutip dari Gizmochina, Nokia cukup rajin dalam mengeluarkan HP fitur baru mereka dalam beberapa mingu terakhir di China.

HP fitur anyar yang dikenalkan oleh perusahaan adalah Nokia 6300 4G dan Nokia 8000 4G. Mulai Januari mendatang, Nokia 8000 4G bisa dibeli di pasar tersebut dengan harga 699 yuan atau Rp 1,5 juta.

Nokia mengklaim bahwa mereka menduduki nomor satu dalam hal penjualan HP fitur di China. (Weibo via Gizmochina)
Nokia mengklaim bahwa mereka menduduki nomor satu dalam hal penjualan HP fitur di China. (Weibo via Gizmochina)

 

Laporan dari GSM Arena, HP fitur memang memiliki pangsa pasar tersendiri di China.

Pada Oktober lalu, perusahaan diketahui telah merilis Nokia 215 4G and 225 4G. Beberapa fitur yang disematkan termasuk VoLTE dan HD Calls, FM Radio, LED Flashlight, kamera VGA (khusus pada Nokia 225), dan juga slor microSD.

Nokia 225 dibanderol dengan harga 349 yuan atau Rp 750 ribu. Selain HP fitur, perusahaan juga cukup rajin dalam mengeluarkan smartphone kelas entry level seperti Nokia C3 dan Nokia C1 Plus.

Meskipun kurang terdengar gaungnya di kelas menengah hingga flagship, sepertinya Nokia semakin memantapkan diri untuk mencari pasar pada kelas entry level di China.

Berita Terkait