Salurkan Rp 116 Miliar untuk Aksi Sosial, Ini Kilas Balik YABB 2020

YABB milik Gojek telah menyalurkan 2,9 juta kupon dan juga ratusan ribu paket makanan selama pandemi 2020.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
Selasa, 22 Desember 2020 | 13:51 WIB
Konferensi pers Kilas Balik YABB 2020. (Gojek Zoom Conference)

Konferensi pers Kilas Balik YABB 2020. (Gojek Zoom Conference)

Hitekno.com - Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) mengadakan konferensi pers virtual pada hari ini (22/12/2020) untuk mempublikasikan pencapaian mereka selama 2020. Petinggi yayasan mengungkapkan bahwa pihaknya menginginkan dampak sosial lebih luas dengan adanya YABB Gojek.

Sebagai informasi merupakan organisasi nirlaba yang dibangun berdasarkan DNA Gojek (speed, innovation dan social impact) serta semangat gotong royong.

Chairwoman Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), Monica Oudang, menjelaskan bahwa saat ini, umur yayasan mereka telah menyentuh 9 bulan sejak didirikan pada 20 Maret 2020.

Baca Juga: Tanggapan Gojek Soal Kabar Akan Merger dengan Grab

Selama sembilan bulan terakhir, fokus YABB adalah membantu keberlangsungan hidup serta meringankan beban harian mitra driver, mitra merchant UMKM hingga masyarakat luas yang sangat terdampak pandemi COVID-19.

Monica Oudang mengungkapkan bahwa pada minggu kedua setelah YABB didirikan, pihaknya diklaim telah mengumpulkan penggalangan dana sebanyak Rp 100 miliar.

Konferensi pers Kilas Balik YABB 2020. (Gojek Zoom Conference)
Konferensi pers Kilas Balik YABB 2020. (Gojek Zoom Conference)

Secara total, selama 9 bulan, pihaknya telah menyalurkan sebanyak Rp 116 miliar untuk dibagikan kepada UMKM, bantuan untuk tenaga medis, serta 2,9 juta kupon untuk meringankan mitra driver.

Baca Juga: Gojek dan Grab Dilaporkan Akan Merger, Jadi Terbesar di Asia Tenggara?

Pada rentang April hingga Juni 2020, mereka telah mendistribusikan 230 ribu paket makanan kepada tenaga medis yang tersebar di 14 rumah sakit sekitar Jabodetabek.

YABB Gojek juga bekerja sama dengan Kitabisa.com dalam memberikan 21 ribu paket sembako kepada pekerja informal selama 2020.

Infografik Kilas Balik YABB 2020. (Gojek Zoom Conference)
Infografik Kilas Balik YABB 2020. (Gojek Zoom Conference)

"YABB lahir untuk menjawab situasi yang penuh tantangan, terutama bagi para pekerja sektor informal, termasuk para mitra driver dan mitra usaha dalam ekosistem Gojek. Pembatasan mobilitas masyarakat untuk menahan laju penyebaran COVID-19 otomatis berdampak pada pendapatan pelaku usaha mikro, mitra driver, para pekerja harian dan banyak lainnya. Hal ini yang mendorong kami untuk mendirikan YABB dan mendukung mereka agar tetap optimis dan dapat bertahan di tengah situasi yang sulit,” kata Chairwoman Yayasan Anak Bangsa Bisa, Monica Oudang.

Baca Juga: Kolaborasi dengan Pemprov DKI, Gojek Jalankan Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Konferensi pers Kilas Balik YABB 2020. (Gojek Zoom Conference)
Konferensi pers Kilas Balik YABB 2020. (Gojek Zoom Conference)

Selain itu, YABB telah membantu lebih dari 26 ribu mitra Gojek di Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui pendistribusian kupon sembako, paket makan serta kupon bahan bakar.

YABB juga turut melakukan penggalangan dana publik melalui gerakan #SumbangSuara, suatu konser virtual hasil kolaborasi dengan grup musik Slank, yang berhasil mengumpulkan Rp11,6 miliar untuk diberikan kepada para pekerja informal.

Selain program tanggap pandemi COVID-19 (COVID-19 Relief Program), YABB juga terus mendukung ketahanan sektor-sektor lain, seperti pendidikan dan kewirausahaan, untuk beradaptasi masuk ke platform digital (go digital) melalui dua program yaitu:

Baca Juga: Telkomsel Siap Kucurkan Dana Investasi Rp 2,1 Triliun ke Gojek

  • #BersamaBISA: Program pendampingan dan pengembangan modul untuk siswa sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA dalam mengembangkan kemampuan non-teknis (soft skills) sehingga mereka BISA Percaya Diri (Komunikasi), BISA Bergaul (Kolaborasi), BISA Berpikir Kritis, serta BISA Berkreasi (Kreativitas).
    Selain itu, YABB juga memberikan fasilitas penunjang proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), seperti tablet dan kuota internet setiap bulannya .

  • #BersamaMAJU: Program yang mendukung mitra UMKM Gojek untuk go digital agar tetap dapat bertahan bahkan semakin sukses di tengah situasi pandemi.
    Program ini meliputi bantuan modal pemasaran digital serta pelatihan dan pembinaan. Mereka yang terpilih pada program ini rata-rata penjualannya naik hingga 30 persen.

Untuk terus menghadirkan dampak sosial yang nyata, YABB Gojek akan memperkuat komitmen dalam membangun komunitas yang berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi dan semangat gotong royong dengan dua fokus utama: pengembangan talenta (talent incubator) dan penciptaan solusi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat (solution incubator).

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak