Gandeng Toko Elektronik Kecil-Menengah, Diluncurkan JD.ID Partner Store

Kesempatan bagi toko elektronik untuk mendapatkan benefit dari JD.ID.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 11 Desember 2020 | 14:40 WIB
Logo JD.ID. (JD.ID)

Logo JD.ID. (JD.ID)

Hitekno.com - JD.ID Partner Store telah resmi diluncurkan, program khusus yang dihadirkan bagi para toko elektronik skala kecil-menengah untuk menjadi mitra ecommerce ini. Yang nantinya akan terintegrasi dengan layanan perusahaan dalam aspek pemasaran, pengiriman, pemasangan, dan perwatan/perbaikan produk elektronik.

Melalui program ini, JD.ID bermaksud untuk mendorong pertumbuhan penjualan pemasok produk elektronik, para pemilik usaha toko elektronik skala kecil-menengah, dan terutama memberikan kemudahan bagi para pelanggan.

Dengan mengemban motto perusahaan, yaitu #DijaminOri, sejak awal beroperasi di Indonesia, JD.ID sudah dikenal sebagai platform ecommerce terpercaya dalam penjualan produk elektronik, terlebih produk elektronik berukuran besar (big item).

Baca Juga: JD.ID Jadi Mitra Ekslusif Peluncuran Xiaomi Mi 10T Series di Indonesia

Melalui kerjasama dengan berbagai mitra brand elektronik lokal dan internasional, JD.ID berhasil membangun platform terintegrasi yang berkualitas, lengkap, dan terdepan, dalam melayani para pelanggan di seluruh Indonesia.

Namun pada sisi operasional, dikarenakan wilayah Indonesia yang luas dan berbentuk kepulauan, JD.ID kerap menemukan tantangan dalam layanan logistik dan purna jual-nya (pemasangan, perawatan, perbaikan),  seperti kesulitan dalam mengirimkan produk-produk elektronik berukuran besar (big item) ke daerah kecil/terpencil dan kurang-nya sumber daya manusia (SDM) dalam melayani permintaan layanan purna-jual, yang mana hal ini berakibat pada menurun-nya tingkat kepuasan konsumen.

Ternyata hal ini tidak hanya dialami oleh JD.ID sebagai perusahaan retail online besar, kebanyakan toko elektronik skala kecil-menengah juga kesulitan untuk mengembangkan bisnis-nya karena permasalahan yang hampir serupa, seperti kekurangan moda logistik dan sumber daya, ditambah lagi dengan jumlah permintaan yang lemah karena tidak memiliki kemampuan pemasaran, serta sistem penjualan yang masih sangat manual.

Baca Juga: PlayStation 5 Bisa Dipesan di JD.ID, Begini Cara Mudah Pre-Order

Hal inilah yang melatarbelakangi dikembangkan-nya program "JD.ID Partner Store" yang dapat berfungsi sebagai sarana pertukaran informasi, benefit, dan fasilitas secara online antara JD.ID, pemasok, dan penyedia layanan (toko elektronik skala kecil-menengah).

Toko mitra JD.ID. (JD.ID)
Toko mitra JD.ID. (JD.ID)

Melalui program tersertifikasi ini, setiap pihak dapat bekerjasama untuk memberikan solusi atas tantangan penjualan produk elektronik, dengan menyediakan sumber daya bagi jaringan layanan nasional, memperluas layanan logistik dan cakupan jaringan instalasi, mendorong pertumbuhan penjualan, dan meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan.

Selain itu, terkhusus bagi para toko elektronik skala kecil-menengah, JD.ID juga akan menyediakan sejumlah fasilitas, antara lain menyediakan sistem penjualan yang canggih, mengadakan pelatihan bisnis profesional, serta menyediakan multi-saluran penjualan, dan sumber daya untuk meningkatkan skala bisnis dan pendapatan operasional.

Baca Juga: Gelar HARJOYNAS 11.11, JD.ID Raih Peningkatan Nilai Penjulan 1300 Persen

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai proses kerjasama "JD Partner Store", secara fungsional :

  • Delivery : JD.ID Warehouse menerima pesanan konsumen dari platform JD.ID, warehouse mengantar produk pesanan ke toko mitra untuk kemudian dilakukan pengiriman ke alamat konsumen.
  • Installation : JD.ID menerima permintaan layanan purna jual (pemasangan) dari konsumen, kemudian diteruskan kepada toko mitra, sehingga tercapai "same-time delivery & installation".
  • Layanan purna jual toko mitra akan terlebih dahulu diverifikasi dan disertifikasi oleh pihak JD.ID, guna memastikan kualitas layanan.
  • Maintenance : JD.ID menerima permintaan layanan purna jual (perawatan atau perbaikan) dari konsumen, kemudian diteruskan kepada toko mitra.
     

Marketing : JD.ID menyediakan fasilitas pemasaran bagi toko mitra, melalui mouth-to-mouth  marketing, brand promotion, membership development, township  promotion, dan customer ordering, sehingga dapat mendorong daya beli pelanggan di 4 hingga 6 pasar, serta mendorong pertumbuhan pesanan.

Sehubungan dengan peluncuran program "JD.ID Partner Store", Frank, selaku Head of Big Item Logistics, menjelaskan bahwa terdapat banyak keuntungan bagi toko mitra jika bergabung, "Melalui program "JD.ID Partner Store" akan terjalin kerjasama yang mutualisme atau saling menguntungkan antara JD.ID dan toko mitra, mulai dari brand effect : peningkatan reputasi dan kepercayaan toko melalui kredibilitas JD.ID, multiple business types : penyediaan layanan terintegritas, mulai dari pengiriman, pemasangan, hingga perawatan, operational model : model operasional 1 toko khusus untuk 1 kabupaten dan pengembangan 4 hingga 6 pasar per wilayah, growth scale : peningkatan skala pertumbuhan bisnis melalui pengembangan 4 hingga 6 pasar dan lokalisasi 1 toko per kabupaten, serta business development : pemanfaatan brand dari JD.ID untuk dapat mengajukan kerjasama dengan brand-brand elektronik ternama, serta membangun reputasi sebagai penyedia layanan purna-jual yang andal, kelima manfaat utama inilah mampu menghasilkan win-win cooperation, terutama bagi toko mitra bergabung."

Baca Juga: Sambut Festival Belanja 11.11, JD.ID Gelar HARJOYNAS

"Kami berharap melalui program "JD.ID Partner Store", JD.ID dapat kembali menghadirkan "joy" (sukacita), tidak hanya bagi para pelanggan setia kami, namun bagi para mitra pemasok dan penyedia layanan, yang dalam hal ini adalah para toko mitra elektronik skala kecil-menengah. Selain itu, dengan dibuat-nya program ini, kami juga berharap kami dapat semakin mendorong perekonomian nasional melalui pengembangan bisnis para UMKM, sehingga dapat mendukung upaya kolaboratif kami di tahun ini dengan pemerintah Indonesia.", ungkap Frank.

Segera daftarkan toko elektronik Anda dalam "JD.ID Partner Store", dengan mengisi form berikut ini : https://forms.gle/y6SN2QU6aMxu9cMo8

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak