Hari Ini, Google Doodle Peringati Noken Papua

Noken Papua akhirnya ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 04 Desember 2020 | 10:19 WIB
Google Doodle rayakan Noken Papua. (Google)

Google Doodle rayakan Noken Papua. (Google)

Hitekno.com - Google doodle hari ini memperingati penetapan Noken Papua sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Kita bisa melihatnya di halaman depat situs mesin pencari ini.

Karena jadi warisan budaya yang perlu dijaga, membuat Google mengabadikannya melalui doodle hari ini, Jumat (4/12/2020).

Noken merupakan kerajinan tas tradisional buatan tangan yang memiliki nilai budaya dan sosial ekonomi yang besar di seluruh Papua.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Tino Sidin, Google Buat Doodle di Halaman Utama

Sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir, umur panjang warisan budaya Papua ini disebut-sebut telah terancam.

Setelah ditambahkan ke Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO pada 4 Desember 2012 lalu, langkah besar telah dilakukan untuk melestarikan keberlanjutan Noken bagi generasi mendatang.

Dalam doodle yang muncul di halaman hari ini, menampilkan dua perempuan Papua dalam perjalanan pulang dari hutan menggunakan Noken untuk membawa hasil Bumi.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun Google ke-22, Seperti Apa Doodle Hari Ini?

Menurut seniman yang membuatnya, Danu Fitra, ia juga mengilustrasikan Honai, salah satu rumah tradisional di Papua dan pemandangan Lembah Baliem.

Google Doodle Noken Papua. [Screeshot/Lintang Siltya Utami]
Google Doodle Noken Papua. [Screeshot/Lintang Siltya Utami]

Sementara Danu menuliskan kata Google pada doodle tersebut terinspirasi oleh bentuk Noken itu sendiri dan elemen dekoratifnya juga mengambil dari pola Noken.

Dilansir dari laman resmi Google doodle, tas Noken biasanya terbuat dari bahan seperti serat pohon, kulit kayu, atau daun yang diproses menjadi benang yang kuat dan diikat atau dianyam menjadi satu.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini Kenang Benyamin Sueb

Kerajinan tangan yang rumit ini telah diwariskan dari generasi ke generasi dan menuntut keterampilan taktil yang halus, perawatan yang berdedikasi, serta tidak kekurangan visi artistik.

Produk akhirnya berupa tas tahan lama dan serbaguna yang biasa digunakan untuk mengangkut dan menyimpan barang-barang seperti makanan atau kayu bakar. Terkadang Noken juga digunakan untuk membawa anak kecil atau hewan.

Di luar penggunaan sehari-hari, Noken secara tradisional juga memenuhi banyak tujuan sosial dan ekonomi. Tas ini pun berfungsi sebagai simbol penyatuan budaya di antara lebih dari 250 kelompok etnis di wilayah tersebut.

Baca Juga: PSBB Kembali Diterapkan di Jakarta, Google Doodle Ingatkan Pakai Masker

Karena nilainya, Noken dapat digunakan sebagai jenis tabungan serta sering memainkan peran simbolis dalam penyelesaian sengketa secara damai.

Danu mengangkat topik ini secara pribadi karena ingin mengunjungi Indonesia bagian timur, khususnya Papua yang memiliki ragam budaya, suku bangsa, dan pemandangan yang indah.

Noken Papua. [Wikimedia]
Noken Papua. [Wikimedia]

Diharapkan lewat doodle yang dibuatnya, ia dapat membantu memperkenalkan warisan budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO kepada masyarakat yang lebih luas.

Google doodle hari ini hanya muncul di Indonesia dan pengguna dapat mengetahui artikel mengenai Noken Papua, hanya dengan mengklik ikon doodle yang terpampang di halaman awal pencarian.

Itulah kabar terbaru dari Google doodle yang merayakan penetapan Noken Papua sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak