Internet

Lulusan Kedokteran Ngaku Susah Dapat Kerja, Netizen: Kalah Sama Orang Dalam

Lulusan terbaik di kampus pun tetap masih kesulitan cari kerja.

Agung Pratnyawan

Kisah lulusan kedokteran susah cari pekerjaan di rumah sakit. (TikTok/@yourbasicwitch)
Kisah lulusan kedokteran susah cari pekerjaan di rumah sakit. (TikTok/@yourbasicwitch)

Hitekno.com - Perjuangan mencari kerja banyak dialami lulusan baru, bahkan untuk lulusan kedokteran sekalipun. Seperti dalam postingan yang viral di media sosial satu ini.

Seorang netizen membagikan kisah bagaimana lulusan kedokteran pun kesulitan cari kerja, tak kunjung diterima rumah sakit.

Ia bahkan mengaku ditanya soal 'titipan dari siapa' oleh sebuah rumah sakit.

Seorang temannya membagikan cerita tersebut itu lewat akun TikTok @yourbasicwitch. Perempuan itu menjadi saksi saat mengantar dokter muda itu mencari pekerjaan di rumah sakit.

"Teman gue yang dokter lagi cari kerja, lagi nganter CV-nya ke RS-RS," tulis dia membuka ceritanya.

"Di salah satu RS di Jakarta dia ditanya 'Ini ada titipan dari siapa enggak? Biasanya titipan nih'" ungkapnya.

Sambil menunjukkan si dokter muda yang sedang sibuk menyusun berkas lamaran di mobil, perempuan itu menceritakan bahwa kawannya tak jadi titipan siapa-siapa dalam mencari kerja.

"Teman gue yang bukan titipan siapa-siapa langsung sedih," kisahnya.

"Padahal dia dokter lulusan terbaik di kampusnya," ujar perempuan itu.

Kisah dokter susah cari pekerjaan di rumah sakit. (TikTok/@yourbasicwitch)
Kisah dokter susah cari pekerjaan di rumah sakit. (TikTok/@yourbasicwitch)

 

Hari itu, sudah 6 rumah sakit yang mereka datangi untuk melamar kerja. Sampai pria lulusan kedokteran ini harus menitipkan berkasnya ke sekuriti lantaran haru sudah terlalu sore.

"Udah kesorean kita. Jadinya titip Pak Satpam yang baik hati. Cuma dia bohong bilangnya sudah janjian sama orang SDM-nya. Katanya yang penting CV-nya sampai," perempuan itu menceritakan lagi.

Menurut cerita @yourbasicwitch, dokter itu sebenarnya memiliki banyak relasi di kehidupannya, bahkan orang tua juga punya relasi yang bisa dimanfaatkan.

"Tapi dia memang lagi cari kerja sendiri aja sebar CV-nya," ungkap dia.

"Cuma memang dia lagi cari kerja di RS non-swasta tapi yang masih dekat dengan rumah karena dia mau tinggal sama orangtuanya," lanjutnya.

Unggahan itu ramai mendapat sorotan warganet. Tak sedikit yang berkomentar soal fenomena pelamar kerja titipan.

"Ingat bun, terkadang yang pintar kalah sama yang cerdas, yang cerdas kalah sama yang beruntung, tapi yang beruntung kalah sama yang kenal orang dalam," komentar @Lawdelawww.

"Demi apapun dokter udah kuliahnya susah, masa lulus masih harus diginiin. Sakit hati banget gue lihatnya," tulis @leeisyafara.

"Kayak begini menunjukkan sisi kebobrokan enggak sih? Padahal dia dokter lulusan terbaik loh. Kebayang enggak manfaatnya dia buat orang banyak kayak apa," imbuh @HysteriaSarantha.

Itulah kisah viral di media sosial bagaimana lulusan kedokteran masih kesusahan cari kerja. (Suara.com/ Farah Nabilla).

Berita Terkait