Berjualan Hingga Tengah Malam, Potret Penjual Bakso Ini Bikin Iba

Netizen menemukan seorang penjual bakso yang tampak ketiduran karena lelah namun masih tetap berjualan.

Dinar Surya Oktarini
Sabtu, 07 November 2020 | 07:45 WIB
Penjual bakso bikin iba. [TikTok]

Penjual bakso bikin iba. [TikTok]

Hitekno.com - Pedagang kaki lima terus berusaha menjajakan jualannya di tengah situasi pandemi, termasuk penjual bakso keliling. 

Namun belum lama ini salah satu netizen menemukan penjual bakso yang ketiduran karena lelah hingga tengah malam. 

Dibagikan oleh akun TikTok @.ulfadbz, pemiliknya mengunggah video yang tak sengaja melihat seorang lelaki paruh baya yang ketiduran dalam posisi duduk di depan warung pinggir jalan yang sudah tutup. Tak jauh darinya, terlihat gerobak bakso.

Baca Juga: Super Ringan dan Praktis, Sony Alpha 7C Resmi Meluncur ke Indonesia

Melihat penjual bakso tersebut yang masih berjualan hampir tengah malam, warganet itu pun memutuskan membeli baksonya.

"Sedih banget liat bapak-bapak jualan bakso udah jam 11 malem dagangannya belum habis terus sampe ketiduran," tulis pemilik akun dalam keterangan video yang diunggahnya pada 31 Oktober.

Penjual bakso bikin iba. [TikTok]
Penjual bakso bikin iba. [TikTok]

Selang dua hari kemudian, pemilik akun tersebut bertemu kembali dengan penjual bakso itu di tempat berbeda pada pukul 1 malam. Sama seperti sebelumnya, lelaki paruh baya itu terekam tengah ketiduran dalam posisi duduk dengan kepala yang menunduk di pinggir jalan.

Baca Juga: Pria Pamer Punya Tetangga Artis Ini, Netizen Rebutan Pengen Pindah Rumah

Warganet itu pun kembali membeli baksonya dan kali ini menyempatkan diri untuk bertanya sedikit kepada penjual bakso.

"Semalem sekitar jam 1 saya cari lagi si bapak untuk beli lagi baksonya. Ternyata bapaknya mangkal di tempat satu lagi di samping Alfa. Nah di sini saya mulai tanya-tanya si bapaknya. Kayaknya karena udah tua komunikasinya jad terbatas gitu (maaf bapaknya kurang mendengar). Katanya bapak ini jualan baksonya ngambil di orang, jadi kalau baksonya nggak habis ya dibalikin ke si bosnya. Ngambilnya di daerah Kemayoran. Kadang si bapak suka muter sampe Monas katanya," tulis warganet.

Kemudian pada 3 November, warganet sengaja membawa beberapa orang kerabatnya untuk membeli bakso dari lelaki paruh baya tersebut. Ia melihatnya di tempat sebelumnya hampir pada pukul 11 malam.

Baca Juga: Facebook akan Umumkan Pemilihan Presiden di Notifikasi Media Sosialnya

"Semalem ketiga kalinya saya beli bakso si bapak jam 22.30. Tapi kali ini rame, saya ajak saudara juga buat coba bakso si bapaknya," tulis warganet.

Pemilik akun tersebut menambahkan bahwa dikarenakan banyak warganet lain yang ingin membantu, ia pun bermaksud menyerahkan bantuan itu kepada penjual bakso.

"Kali ini saya mau coba tanya tentang si bapaknya. Sekalian saya bawa sedikit rezeki untuk si bapak dari hasil kolektifan saya dengan saudara dan teman-teman terdekat lainnya yang lihat video saya. Dari hasil kita ngobrol saya dapat info, nama beliau Pak Priyono, usia 61 tahun," tambah warganet.

Baca Juga: Heboh Penjual Bakso Mirip Raffi Ahmad, Netizen: Lagi Bikin Konten Prank

Penjual bakso tersebut mengaku, saat ini tinggal di kontrakan yang terletak di daerah Kemayoran bersama dengan pemilik usaha bakso dan pedagang lainnya. Ia juga bercerita bahwa istrinya telah meninggal dunia dan memiliki seorang anak lelaki, yang sudah bekerja di salah satu bank di Bekasi.

"Untuk pendapatan sehari-hari bapak ini bisa 300 sampai 400 ribu untuk nyetor dan nanti ada bagiannya untuk si bapak. Tapi bapaknya nggak mau nyebut berapa. Bapak ini biasanya keluar jualan mulai dari jam 2 siang sampai dagangan habis sekitar jam 1 an," jelas warganet.

Ketika pemilik akun ingin menyerahkan dana bantuan yang sudah terkumpul, penjual bakso ini menolaknya.

Penjual bakso bikin iba. [TikTok]
Penjual bakso bikin iba. [TikTok]

"Waktu kita udahan makannya, kita mau bayar dan kasih titipan uang dari orang-orang yang kolektifan, beliau nggak mau terima. Si bapak bilang dia lebih senang kalau dagangannya dibeli aja, dagangannya laku karena kalau si bapak nerima uangnya nanti takut jadi pemalas. Akhirnya uang kolektifan itu saya kembalikan lagi ke teman-teman dan saudara," tutupnya.

Tiga video yang diunggahnya tersebut telah ditonton dengan total lebih dari 3,1 juta penayangan dan disukai sebanyak lebih dari 433.000 kali oleh sesama pengguna TikTok serta menuai beragam komentar.

"Pingin bantu dengan beli jualan si bapak, cuma aku beda kota dan jauh. Semoga bapaknya sehat selalu dan dilancarkan rejekinya aamiin," tulis akun @heifugh.

"Nggak apa-apa open donasi aja, nanti uang hasil donasinya buat beli bakso si bapaknya. Terus kan banyak tuh baksonya, bisa dibagiin ke orang-orang yang membutuhkan," komentar @dianapratw.

Penjual bakso bikin iba. [TikTok]
Penjual bakso bikin iba. [TikTok]

"Ya Allah sedih liatnya. Aku paham banget dengan bapaknya yang nggak mau nerima uang tersebut karena dia masih yakin dia bisa usaha sendiri, soalnya bapak aku juga pedagang," ungkap @anisahd_.

"Aku mikir itu anaknya kemana? Kok tega ninggalin orang tuanya tinggal sama orang lain? Padahal kerja di bank buat tinggal berdua pasti cukup kok," tambah @ayni0727.

Unggahan video penjual bakso yang tengah menjajakn baksonya hingga tengah malam ini lantas viral. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak