Netizen Keluhkan Mahalnya Makanan di Kereta, Picu Perdebatan Panas

Netizen ini kaget dengan harga makanan di kereta saat ini.

Agung Pratnyawan
Selasa, 03 November 2020 | 11:31 WIB
Ilustrasi kereta api. (Pixabay/zheng2088)

Ilustrasi kereta api. (Pixabay/zheng2088)

Hitekno.com - Bukan rahasia lagi jika harga makanan di kereta berbeda dengan penjual di tempat lain. Hal ini sempat dikeluhkan netizen di media sosial, namun malah memicu perdebatan lainnya.

Melalui sebuah unggahan, netize perdebatkan bagaimaan keluhan harga makanan ini sampai viral di media sosial. Tak sedikit netizen lain menyoroti bagaimana keluhan tersebut.

Pada unggahan tersebut, seorang netizen mengatakan bila harga makanan yang dijual di kereta kelas ekonomi terlalu mahal.

Baca Juga: Unik, Font Menu di Tempat Makan Ini Bergaya Metal, Ada yang Bisa Baca?

"Udah hampir setahun nggak naik kereta jarak jauh. Sekarang kaget ketika makan disuruh bayar Rp 45 ribu," tulis netizen ini seperti yang dikutip dari tangkapan layar yang diunggah akun jejaring sosial Twitter @AREAJULID.

Nominal Rp45 ribu itu adalah harga yang dibayarkan untuk seporsi nasi goreng ayam dan 1 botol teh kemasan. netizen ini kemudian mempermasalahkan harga makanan yang tak sebanding dengan upah minimum rata-rata masyarakat Indonesia.

"Dengan UMR/UMP satu koma hingga tiga koma (juta per bulan) dianggap mampu beli. Padahal dengan harga segitu, hanya cukup untuk 2 kali makan sehari dalam sebulan tanpa sisa. Ini kalau upah minimumnya Rp 3 juta ya," tulisnya.

Baca Juga: Pria Ini Lupa Buka Masker saat Makan, Netizen: New Normal, New Problem

Pada unggahan asli, ia pun membandingkan dengan makanan di mall yang bisa dia dapat dengan mengeluarkan uang Rp50 ribu dan menurutnya itu jauh lebih baik.

Curhat warganet tentang makanan di kereta tuai perdebatan (Twitter @AREAJULID)
Curhat netizen tentang makanan di kereta tuai perdebatan (Twitter @AREAJULID)

Unggahan tersebut menuai beragam respon dari netizen. Ada netizen lain yang setuju dengan pendapat orang yang mengeluhkan harga makanan di kereta, namun ada pula yang tak sependapat.

"Situ yang nggak sanggup beli, tapi penjual yang diomelin. Eksekutif sama ekonomi harga makanannya sama. Kalau nggak mampu bisa bawa bekal sendiri, masak sendiri atau beli di luar stasiun juga banyak yang murah," tulis netizen  yang mengunggah tangkapan layar ini ke akun Twitter @AREAJULID.

Baca Juga: Video Makan Mie Instan Ini Bikin Salfok, Netizen: Malaikat Jadi Bingung

Pendapat tak setuju lainnya pun dilontarkan netizen lain. "Aku berkali-kali naik kereta dan berkali-kali pula (beli) kuliner di kereta. Harganya rata-rata emang segitu. Baiknya nanya dulu harganya sebelum memesan, biar nggak kaget," tulis netizen ini sekaligus memberi saran.

Bukan cuma menuai pendapat kontra, ada pula netizen yang setuju dengan curhatan netizen yang mengeluh tentang makanan di kereta.

"Padahal orang-orang naik transportasi umum untuk penghematan. Tapi kenapa harus mengeluarkan uang lebih lagi buat makan?" tulis seorang netizen yang mendukung pendapat tentang makanan kereta ini.

Baca Juga: Mikir Keras, Netizen Ini Tanyakan Apakah Nyi Roro Kidul Halal Dimakan?

"Kenapa tidak bisa disediakan varian menu yang berbeda di setiap kelas? Harusnya punya empati untuk menyediakan menu yang sesuai," ucap netizen ini.

Warganaet itu pun menyebutkan bila membawa bekal sendiri punya beberapa risiko, seperti makanan jadi basi atau tempat makan hilang.

Bagaimana pendapatmu mengenai harga makanan di kereta ini, apakah setuju dengan keluhan netizen yang viral di media sosial tersebut? (Suara.com/ Hiromi Kyuna).

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak