Internet

Mengaku Dapat Rp 1.500 Per Hari, Ternyata Pemulung Ini Punya Rumah Tingkat

Mengaku cuma dapat Rp 1.500 perhari, ternyata pemulung ini bisa memiliki rumah tingkat hingga sepeda motor.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Pemulung dapat uang Rp 1.500 per hari. (Instagram)
Pemulung dapat uang Rp 1.500 per hari. (Instagram)

Hitekno.com - Sebuah kisah pemulung menjadi viral di media sosial usai mendapat sosotan netizen. Pria yang menjadi pemulung mengaku memiliki penghasilan hanya Rp 1.500 perhari. Namun siapa sangka ia tak semiskin yang diperkirakan.

Dalam kisah yang termuat dalam video, diungkap kalau pemulung ini ternyata memiliki rumah tingkat bahkan sepeda motor.

Dalam video yang viral di media sosial, pemulung bernama Tono itu mengklaim dirinya hanya makan kerupuk dan minum air mineral apabila hanya mendapatkan uang sedikit.

Setelah diberi donasi bantuan dari para donatur dan netizen, tim survei dari komunitas sosial justru dikagetkan dengan penampakan rumah dari Pak Tono.

Akun komunitas sosial @silihasahsilihasihsilihasuh yang ikut menggalang dana untuk Pak Tono ternyata memberikan video dan postingan klarifikasi.

Dalam postingannya, terungkap bahwa bantuan donasi untuk Pak Tono dibatalkan karena tim mereka "terkecoh" dengan penampilan dan pengakuan Pak Tono.

"Rumah yang abah tempati ternyata milik beliau sendiri dan tidak sesuai dengan keterangan beliau pribadi kepada para relawan yang mengaku bahwa itu rumah anaknya. Kami memutuskan untuk membatalkan penyerahan donasi berikutnya kepada Abah Tono. Mohon maaf kali ini kami terkecoh (emoticon menangis)," tulis komunitas sosial bernama SILIH ASAH SilihASIH SilihASUH tersebut.

Donasi pemulung yang mengklaim berpenghasilan Rp 1.500 dibatalkan. (Instagram/ silihasahsilihasihsilihasuh)
Donasi pemulung yang mengklaim berpenghasilan Rp 1.500 dibatalkan. (Instagram/ silihasahsilihasihsilihasuh)

 

Postingan yang viral di Instagram tersebut juga viral di Facebook. Pengguna Facebook dengan akun bernama Ilman Yaqin At Tambuniy dan Rita Haeni Rusdi juga membagikan postingan mengenai kondisi rumah milik Pak Tono serta kondisi orang di sekitarnya.

Bahkan bantuan yang tadinya ditujukan untuk Pak Tono kini telah dialihkan kepada tetangga sekitarnya yang ternyata lebih membutuhkan.

Postingan Facebook yang disebarkan oleh Ilman Yaqin At Tambuniy menampakkan kondisi rumah milik Pak Tono yang jauh dari kata "miskin".

Di ruang tamu, terlihat sofa cukup nyaman dengan dapur yang sudah ada keramiknya.

Tak hanya itu, rumah tersebut terdapat tangga yang menuju ke atas menandakan rumah Pak Tono tingkat dua. Terdapat juga satu buah motor yang terparkir di dalam rumah.

Pada postingan, terlihat juga aparat kepolisian dan tim komunitas sosial yang melakukan kunjungan di rumah Pak Tono.

Perangkat desa dan aparat kepolisian ikut mengunjungi rumah Pak Tono. (Facebook/ Ilmal Yaqin At Tambuniy)
Perangkat desa dan aparat kepolisian ikut mengunjungi rumah Pak Tono. (Facebook/ Ilmal Yaqin At Tambuniy)

 

Di dalam video yang beredar, tampak ruang tamu dengan sofa merah milik Pak Tono jauh dari kata sederhana.

Ternyata keseharian Pak Tono merupakan penjaga kebun dan ia sering memanfaatkan kondisi "lusuhnya" untuk mendapatkan simpati sehingga memperoleh uang yang jumlahnya tidak sedikit dari orang-orang yang berjumpa dengan Pak Tono.

Akun Facebook Rita Haeni Rusdi menjelaskan bahwa bantuan kepada Pak Tono yang tinggal di Kecamatan Ketapang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dialihkan kepada warga sekitarnya.

Rumah Abah Tono terlihat tingkat dengan motor di dalamnya. (Facebook/ Ilmal Yaqin At Tambuniy)
Rumah Abah Tono terlihat tingkat dengan motor di dalamnya. (Facebook/ Ilmal Yaqin At Tambuniy)

 

"Pak Bagin, satpam yang lagi off menyempatkan diri survei ke lapangan bertemu pemulung Pak Tono yang viral itu. Klarifikasi pendapatan Pak Tono bukan Rp 1500 per hari tapi per kilogram, pendapatannya tergantung berapa kilo yang dibawa pulang. Bantuan teman2 dan LAZ BSM akan saya fokuskan di sana dulu ke warga sekitar yang lebih membutuhkan," kata Rita Haeni Rusdi.

Banyak netizen yang merasa "dibohongi" sehingga memberikan beragam komentar.

"Nggak ngerti dah itu abah pikirannya kemana sampai berbohong punya penghasilan cuma Rp 1.500 begitu. Astagfirullah ternyata cuma bohong," kata @subanil_haq.

Bantuan kepada Pak Tono dialihkan ke warga sekitarnya yang lebih membutuhkan. (Facebook/ Rita Haeni Rusdi)
Bantuan kepada Pak Tono dialihkan ke warga sekitarnya yang lebih membutuhkan. (Facebook/ Rita Haeni Rusdi)

 

"Terimakasih juga buat klarifikasi nya min saya sebagai warga Katapang meminta maaf," balas @nadhilaaghnia.

"Salurkan ke target lain saja min. Ini bukan kesalahan admin atau relawan yang lain. Mungkin untuk pelajarannya setelah menemukan target mungkin bisa dicek dulu ke kediaman calon target tersebut," pendapat @ririnsyarma26.

Itulah tadi kisah viral di media sosial mengenai pemulung bernama Pak Tono yang ternyata membuat netizen merasa "tertipu".

Mengaku punya pendapatan hanya Rp 1.500 perhari namun ternyata pemulung ini punya rumah tingkat hingga sepeda motor. Bagaimana pendapat kamu?

Berita Terkait