Internet

CEK FAKTA: Benarkan Mike Tyson Salat di Kafe yang Larang Umat Islam Masuk?

Benarkah Mike Tyson salat di kafe yang pemiliknya melarang umat Islam untuk masuk?

Agung Pratnyawan

Cek Fakta Mike Tyson Salat di Cafe yang Pemiliknya Melarang Umat Islam Masuk (Turnbackhoax.id).
Cek Fakta Mike Tyson Salat di Cafe yang Pemiliknya Melarang Umat Islam Masuk (Turnbackhoax.id).

Hitekno.com - Beredar postingan di media sosial dengan narasi yang mengklaim Mike Tyson melangsungkan ibadah salat di sebuah kafe yang pemiliknya melarang umat Islam masuk.

Dalam postingan ini juga tampilkan foto berisikan tiga orang tengah melangsungkan ibadah salah, dan salah satunya Mike Tyson.

Klaim tersebut dibagikan oleh pemilik akun Facebook Dasar Latif. Dalam unggahannya, ia menyertakan video tiga pria sedang melaksanakan ibadah salat.

Berikut adalah narasi yang dibuat:

"USIIRMAKO
Pemilik caffee di tegah kota Los Ageles menuliskan di depan pintu Caffee nya kalau orang muslim dilarang masuk. Tapi ketiga Orang muslim ini tak peduli mereka masuk ke dalam caffee tidak membeli apa-apa tapi langsung meletak kan sajadah dan langsung sholat Ashar pemilik caffee, securities dan pegawainya hanya terdiam dan tak bisa berbuat apa apa cuma bisa menyaksikan tanpa mengeluarkan kata kata, mereka terlalu takut untuk membuka mulutnya.
Ketiga orang itu adalah: Mantan juara tinju kelas berat dunia yg sangat tersohor Mike Tyson dan present word boxing champion Sweden Bado jack dan imam sholatnya present world kick bxing campion Aamar Abdallah".

Cek Fakta Mike Tyson Salat di Cafe yang Pemiliknya Melarang Umat Islam Masuk (Turnbackhoax.id).
Cek Fakta Mike Tyson Salat di Cafe yang Pemiliknya Melarang Umat Islam Masuk (Turnbackhoax.id).

Lantas benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan hasil cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- Jaringan Suara.com, klaim adanya video Mike Tyson, Badou Jack, dan Amer Abdallah salah di kafe yang pemiliknya melarang orang muslim masuk merupakan klaim yang keliru.

Faktanya, video tersebut direkam di kantor perkebunan ganja milik Mike Tyson bernama Tyson Ranch, di California, Amerika Serikat, pada 23 Agustus 2020.

Dilansir dari iNews, Mike Tyson kala itu salat berjamaah bersama rekan petinju Badou Jack. Mereka dipimpin oleh manajernya bernama Amer Abdallah. Ketiganya terlihat khusyuk.

Video ini sebelumnya diunggah oleh Badou Jack lewat jejaring Twitter miliknya pada 23 Agustus 2020.

"Kami dalam persiapan untuk pertarungan Jack pada 28 November. Kami menghabiskan akhir pekan di Big Bear, California, untuk mendapatkan pelatihan ringan dan istirahat sejenak dari Las Vegas," kata Abdallah dikutip Esquireme, Selasa (25/8/2020).

"Ketika kami pertama kali tiba, saya bertanya kepada Mike Tyson di mana saya bisa pergi salat. Dia berkata, saya akan salat dengan anda," imbuhnya.

Selain pernyataan Amer Abdallah, bukti video tersebut direkam di Tyson Ranch dapat dilihat dari logo Tyson Ranch yang terpasang di dinding belakang ketiga pria tersebut.

Foto logo identik pernah diunggah Mike Tyson di akun Instagram miliknya pada 31 Oktober 2018.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan cek fakta di atas dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan bahwa Mike Tyson salat di sebuah kafe yang pemiliknya melarang umat Islam masuk adalah klaim yang salah.

Hasil cek fakta, unggahan dengan klaim Mike Tyson salat di kafe yang pemiliknya melarang umat Islam termasuk konten salah. (Suara.com/ Hernawan).

Berita Terkait