Tingkatkan Keamanan, DANA Hadirkan Fitur Face Login

Keamanan jadi faktor penting bagi DANA, karena itu dihadirkan fitur ini.

Agung Pratnyawan
Sabtu, 10 Oktober 2020 | 10:00 WIB
Logo DANA. (ist)

Logo DANA. (ist)

Hitekno.com - Dompet digital DANA menjadikan keamanan sebagai prioritas utama. Karena itu, terus ditingkatkan dan dikuatkan sistem keamanan.

Paling baru, DANA menyediakan fitur-fitur yang dirancang untuk membantu para penggunanya terproteksi keamanannya. Salah satunya adalah dengan penyediaan fitur pengenalan wajah untuk login atau yang populer dengan Face Login.

Kabar menggembirakannya, fitur Face Login yang tadinya hanya dapat dimanfaatkan oleh pengguna DANA Premium yang telah melakukan verifikasi KYC (Know Your Customer).

Baca Juga: Bantu Pengembangan Dunia Usaha, DANA Hadirkan Fitur User Rating Review

Kini fitur keamanan yang protektif ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna DANA tanpa terkecuali, termasuk para pengguna yang belum melakukan KYC.

"Gaya hidup digital makin banyak diadopsi dan membudaya. Masyarakat kian meminimalkan interaksi fisikal dan sebaliknya makin mengandalkan perangkat digital dan komunikasi data untuk efisiensi dan produktivitas yang optimal. Penggunaan aplikasi digital dan koneksi antaranya makin meningkat, termasuk dalam bertransaksi nontunai dengan dompet digital DANA. Dengan situasi ini, faktor keamanan makin penting dan selaras dengan komitmen DANA yang selalu mengutamakan keamanan serta proteksi data pelanggan maka pemanfaatan fitur keamanan Face Login kini dapat dirasakan oleh semua pengguna tanpa terkecuali," ujar Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA.

Fitur keamanan Face Login ini sangat menarik berkat kepraktisan penerapannya serta tingginya tingkat proteksi bagi penggunanya. Dengan fitur ini, pengguna tak perlu khawatir untuk gagal melakukan login akibat lupa PIN.

Baca Juga: DANA Delivery, Solusi Logistik Shipper untuk UMKM dalam Satu Genggaman

Atau yang paling kritikal, bisa menghindarkan dari kemungkinan pengambilalihan akun DANA akibat informasi tentang PIN pengguna diketahui oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab.

Aplikasi DANA dilengkapi fitur Face Login. (dok. DANA)
Aplikasi DANA dilengkapi fitur Face Login. (dok. DANA)

Teknologi Face Login pada dompet digital DANA memberikan perlindungan keamanan yang makin protektif berkat keunggulan-keunggulan yang dimilikinya.

Selain lebih praktis karena tidak perlu harus selalu mengingat PIN dan lebih mudah penggunaannya, Face Login juga lebih terjamin keamanannya karena didukung dengan teknologi pengenalan wajah yang akurat.

Baca Juga: Epic Games Store Tambahkan DANA dan OVO Sebagai Metode Pembayaran

"Contohnya, meskipun pengguna telah menonaktifkan Face Auth fitur dalam Pengaturan, namun ketika pengguna ingin mengaktifkannya kembali, pengguna tetap akan dikenali dengan menggunakan gambar referensi yang pernah digunakan sebelumnya. Ini untuk memastikan bahwa yang tengah memanfaatkan dompet digital DANA adalah penggunanya yang asli," ujar Vince.

Cara memanfaatkan fitur Face Login sangat mudah. Pertama, silakan masuk ke menu ‘Saya’ dan tap untuk ‘Pengaturan Profil’, lalu pilih ‘Aktifkan’ di bagian Verifikasi Wajah.

Selanjutnya, masukkan PIN DANA dan lakukan proses aktivasi Verifikasi Wajah dengan cara memindai atau scan wajah di depan kamera.

Baca Juga: DANA Raih Best Mobile Payment Application Selular Award 2020

Fitur Face Login melengkapi proteksi yang menjadi komitmen DANA untuk seluruh pengguna yang sudah ada lebih dahulu sebelumnya seperti:

  • Memiliki DATA Center (DC) dan DATA Recovery Center (DRC) di Indonesia
  • DC dan DRC selalu menyala secara paralel
  • Memiliki Sertifikat PCIDSS (Payment Card Industry Data Security Standard)
  • DANA tidak menyimpan data kartu kredit dan kartu debit yang disimpan pengguna pada dompet digital DANA-nya. Semua data ditokenisasi dan bersifat rahasia.
  • Menerapkan Program DANA Protection, jaminan 100% uang kembali untuk pengguna
  • Bekerja sama dengan DUKCAPIL untuk verifikasi data pengguna
  • Menerapkan zero-data sharing policy

"DANA selalu mengedepankan keamanan data pengguna dalam setiap fitur yang dikembangkan. Lewat keamanan dan proteksi yang mumpuni, DANA ingin membangun kepercayaan dan kenyamanan pengguna dalam bertransaksi digital. Dengan begitu, pengguna akan mudah beradaptasi dan beralih ke transaksi nontunai," pungkas Vince.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak