Agar Trending, Ini 7 Cara FYP TikTok

Apa itu FYP? Anak TikTok banyak membicarakannya.

Agung Pratnyawan
Minggu, 27 September 2020 | 13:00 WIB
Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

Hitekno.com - Ingin trending di platform berbagi video TikTok? Banyak yang menggunakan FYP, namun bagaimana caranya? Tenang, di artikel ini, akan mengulas bagaimana cara FYP TikTok yang banyak diidampan pengguna aplikasi ini.

TikTok bukan platform media sosial biasa, karena lebih fokus meminta penggunanya membuat dan membagikan klip video.

Faktanya, aplikasi yang berbasis di Beijing ini telah diunduh lebih dari 2 miliar kali sejak peluncurannya pada 2012 silam. Bahkan di masa pandemi ini, terdapat kenaikan pengguna TIkTok sebesar 20%.

Baca Juga: Mudah, Ini Tips dan Cara Live di TikTok

Kini, banyak topik viral di berbagai media sosial yang awalnya berasal dari TikTok. Hal ini membuktikan TikTok sebagai media sosial yang memiliki pengaruh cukup besar di kalangan netizen di seluruh dunia.

Nah, berbicara tentang viral atau trending di TikTok, tidak akan terlepas dari FYP dan cara agar masuk FYP. Lalu, apa sebenarnya FYP dan cara agar masuk FYP TikTok? Berikut ulasan selengkapnya.

Apa itu FYP?

Baca Juga: Mencoba Gerakan Viral di TikTok, Cewek Ini Malah Rusak Lemari

Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)

FYP merupakan singkatan dari For Your Page, yakni halaman rekomendasi atau halaman awal TIkTok yang langsung terlihat saat pengguna membuka aplikasi TIkTok. Dengan kata lain, FYP merupakan deretan video-video yang sedang populer di TikTok. Video yang direkomendasikan ini bukanlah dipilih secara acak.

Hanya video-video tertentu yang dapat masuk FYI. Salah satu indikatornya adalah jumlah penonton. Jika video pengguna berhasil masuk ke dalam FYP, potensi untuk menjadi viral akan semakin tinggi. Maka dari itu, banyak pengguna TikTok yang berlomba-lomba membuat video terbaik agar masuk FYP.

Nah, untuk membuat video Anda masuk FYP, Ada beberapa cara yang perlu Anda dilakukan.

Baca Juga: Buat Akun TikTok Anyar, Xbox Langsung Pamer Konsol Terbaru

Cara masuk FYP TikTok

  1. Perhatikan Kualitas Video
    Cara pertama agar video Anda mendapatkan perhatian para pengguna TikTok lainnya adalah dengan membuat video yang berkualitas. Dalam hal ini, berkualitas bukan saja persoalan kejernihan video, tetapi juga originalitas konten yang dibawakan. Membuat konten yang autentik dan engaging memang dapat menjadi nilai tambah bagi video Anda dibanding video-video lainnya.
  2. Pakai Musik yang Sedang Populer
    Menggunakan musik yang tengah ramai digunakan di aplikasi TikTok merupakan cara jitu untuk meningkatkan peluang video masuk FYP. Jika Anda menggunakan musik yang sedang digandrungi banyak pengguna, algoritma TikTok akan membaca konten tersebut dan menawarkan ke FYP pengguna lain.
  3. Ikuti Tren Hashtag
    Agar tidak ketinggalan, Anda perlu mengamati setiap hashtag yang sedang trending. Buatlah video yang relevan dengan hashtag tersebut dan jangan lupa tambahkan hashtag di unggahan Anda. Agar kesempatan masuk FYP semakin besar, unggah sedikitnya 3-4 video setiap hari dengan tetap menggunakan hashtag yang relevan.
  4. Berpartisipasi dalam Challenge Terbaru
    TikTok merupakan media sosial yang dipenuhi oleh berbagai challenge. Agar video Anda masuk FYP, tingkatkan eksistensi akun Anda dengan berpartisipasi dalam setiap challenge baru. Anda perlu melakukannya setiap minggu agar peluang video Anda masuk FYP semakin besar.
  5. Penggunaan Caption
    Walaupun TikTok merupakan media sosial berbasis visual, Anda tidak boleh menganggap remeh sebuah caption. Ternyata, caption juga merupakan salah satu faktor yang menentukan konten seperti apa yang akan direkomendasikan dalam FYP. Agar peluang konten Anda masuk FYP meningkat, gunakanlah caption yang unik, menjual, dan tentunya relevan dengan topik yang sedang populer di TikTok.
  6. Lakukan Kolaborasi
    Cobalah untuk melakukan kolaborasi dengan TikTokers lainnya di daerah anda. Buatlah video bersama mereka karena dapat meningkatkan peluang mendapatkan perhatian dari fans TikTokers yang Anda ajak kolaborasi.
  7. Interaksi dengan Pengguna Lain
    Unggahan Anda membutuhkan interaksi sehingga dapat memberikan sinyal ke algoritma TikTok bahwa orang-orang menyukai unggahan tersebut. Semakin banyak interaksi Anda dengan para pengguna lainnya maka akan semakin besar peluang video Anda masuk FYP.

Demikian cara FYP TikTok. Semoga cara-cara ini berhasil membuat Anda menjadi trending di TikTok! (Kontributor Suara.com/ Theresia Simbolon).

Baca Juga: Disetujui Trump, Oracle Bakal Jadi Pemilik Saham di TikTok

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak