Internet

Netflix, Amazon Prime dan Disney Plus Hadir di Indonesia, Apa Bedanya?

Sama-sama layanan streaming film, apa perbedaan ketiga layanan ini?

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Disney Plus Hotstar. (Unsplash/Mika Baumeister)
Ilustrasi Disney Plus Hotstar. (Unsplash/Mika Baumeister)

Hitekno.com - Pada 5 September lalu, Tanah Air kedatangan salah satu layanan streaming film baru, Disney Plus Hotstar yang siap bersaing dengan Netflix dan Amazon Prime.

Sama-sama layanan streaming film, apa perbedaan ketiga layanan ini?

Menurut Business Insider, Netflix lebih unggul di total subscriber. Netflix memiliki 183 juta subscriber seluruh dunia per Juni 2020. Sementara untuk banyaknya konten, masih dipegang oleh Amazon Prime yang memiliki lebih dari 4000 konten.

Di sisi lain, analis pasar Iprice melakukan membandingkan Netflix, Disney+ Hotstar dan Amazon Prime untuk mengetahui mana dari ketiga platform ini yang menawarkan harga terbaik dan jumlah konten eksklusif yang tersedia.

Ilustrasi Netflix. (Unsplash/Charles Deluvio)
Ilustrasi Netflix. (Unsplash/Charles Deluvio)

 

Memadankan harga dari paket basic ketiga platform tersebut, data diambil dari website resmi masing-masing platform per September 2020.

Hasilnya, Netflix membandrol harga paling tinggi dibandingkan Disney Plus dan Amazon Prime. Untuk paket basic bulanan dengan jumlah satu screen sharing Netflix dibanderol dengan harga Rp 120.000 jika dikalikan sebanyak setahun maka jumlahnya menjadi Rp 1.440.000.

Meski begitu, berlangganan Netflix memberikan keuntungan adanya free trial selama 30 hari untuk mengakses semua konten eksklusif di Netflix sebelum membayar biaya langganan per bulannya. Dengan membayar mahar tersebut, pengguna bisa menikmati 1.650 lebih konten eksklusif di Netflix.

Berbeda dengan Netflix yang memberikan free trial Disney Plus tidak, Disney+ Hotstar menawarkan harga paling murah dengan basis paket bulanan dan tahunan.

Ilustrasi Disney Plus Hotstar. (Unsplash/Kon Karampelas)
Ilustrasi Disney Plus Hotstar. (Unsplash/Kon Karampelas)

 

Di Indonesia untuk bisa mengakses konten eksklusif Disney+ jumlah biaya berlangganannya per tahun adalah Rp 199.000.

Sementara itu, Amazon Prime sebagai satu-satunya platform entertainment yang berasal dari e-commerce memiliki banyak keunggulan. Berlangganan Amazon Prime kita tidak hanya bisa menikmati fitur streaming tapi juga privilege berupa priority delivery jika berbelanja melalui Amazon.

Amazon Prime juga memiliki fitur tambahan berupa Amazon Prime Video dan Amazon Music. Biaya berlangganan Amazon prime di Indonesia sendiri dibanderol sekitar Rp 810.000 per tahun.

Paket yang ditawarkan oleh Amazon Prime sedikit unik dibandingkan platform lainnya karena harganya per bulannya akan naik setelah berlangganan selama lebih dari 6 bulan. Dengan membayar biaya langganan tersebut, pengguna bisa menikmati 1.616 lebih konten.

Namun berdasarkan data dari Reelgood, Netflix memiliki paling banyak konten eksklusif yaitu 1.650 konten. Amazon Prime memiliki sekitar 1.616 konten eksklusif dan Disney Plus memiliki sebanyak 282 konten eksklusif.

Konten eksklusif merupakan konten yang tersedia di streaming website, namun jika ingin mengakses konten tersebut harus berlangganan paket yang ditawarkan terlebih dahulu. (Suara.com/Tivan Rahmat)

Berita Terkait