Belajar Agama Makin Mudah, uClass Platform E-Learning Pertama di Indonesia

Salah satu materi unggulan yang ada di uClass adalah belajar Al-Quran untuk orang dewasa dan anak-anak.

Dinar Surya Oktarini
Rabu, 09 September 2020 | 06:00 WIB
uClass Sebagai E-learning Muslim Pertama. (uClass)

uClass Sebagai E-learning Muslim Pertama. (uClass)

Hitekno.com - Kini semakin mudah belajar ilmu agama dari rumah dengan uClass - fitur terbaru dari umma, platform komunitas dan gaya hidup Muslim terlengkap dan terdepan di Indonesia. Fitur e-learning Muslim pertama di Indonesia yang memiliki kurikulum yang komprehensif serta fitur yang interaktif ajak masyarakat #JadiMuslimCerdas.

CEO dan Co-Founder umma Indra Wiralaksmana menjelaskan, “Komitmen kami membantu masyarakat muslim Indonesia menjadi khairu ummah (umat terbaik) tidak berhenti selama Ramadan saja.  Dengan uClass, kami percaya bisa membantu masyarakat jadi Muslim yang lebih baik dan produktif.  Masyarakat kini memiliki kebutuhan religi yang semakin meningkat.  Melalui uClass, umat Islam bisa belajar mulai dari membaca Al-Qur’an hingga beragam topik lainnya.” Riset Alvara Strategic (2019) mengungkapkan lebih dari 80,2% masyarakat Indonesia menyatakan agama sangat penting dan menjadi pijakan utama atau panduan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai solusi #JadiMuslimCerdas, uClass hadirkan seamless learning experience.  Pemateri bisa mengatur classroom, mengunggah materi kelas dan video serta tugas-tugas untuk peserta, melakukan live streaming, hingga membuat forum dan berdiskusi dengan peserta, semuanya dalam satu platform yang sama. Dikurasi dan disusun umma bersama pemateri, kurikulum uClass diatur bertahap dan terstruktur sesuai tingkat pembelajaran pengguna.

Baca Juga: Indosat Ooredoo Salurkan Beasiswa Pendidikan di Surabaya

Salah satu materi unggulan yang ada di uClass adalah belajar Al-Qur’an untuk orang dewasa dan anak-anak. Kelas BBQ (Belajar Baca Qur’an) di uClass kurikulumnya disusun secara sistematis dan dibagi menjadi beberapa jenjang yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman pengguna.  Tidak hanya untuk orang dewasa, kelas BBQ untuk anak-anak juga tersedia di uClass. 

uClass Sebagai E-learning Muslim Pertama. (uClass)
uClass Sebagai E-learning Muslim Pertama. (uClass)

“Fitur Al-Qur’an di umma tersedia gratis dan tanpa iklan. Kami berharap dengan adanya kurikulum yang sistematis di uClass, lebih banyak umat Muslim bisa belajar Al-Qur’an dengan mudah tanpa harus meninggalkan rumah ataupun pergi ke tempat lain khususnya di masa pandemi ini.  Selain itu, harapannya dengan uClass, peserta tidak hanya belajar membaca Qur’an, tetapi juga memahami makna dan mengamalkan ajaran-ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Indra.  Selain belajar baca Qur’an, uClass juga memiliki beragam kelas lainnya yang dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan diri menjadi pribadi yang produktif dan lebih baik.

Fitur uClass ini hadir menyusul kesuksesan fitur Live Streaming (siarang langsung) kajian di umma yang diluncurkan pada Ramadan 1441H lalu.  Fitur tersebut sukses menarik partisipasi pengguna, di mana salah satu sesi kajian mencapai angka 10 ribu penonton yang berada di berbagai wilayah di Indonesia.  Hal ini semakin mengukuhkan umma sebagai pilihan pertama masyarakat Muslim Indonesia untuk menunjang kegiatan ibadah dan mendapatkan ilmu pengetahuan sehari-hari.

Baca Juga: Resmi Diungkap, Inilah Harga Poco X3 NFC

“Pengembangan fitur e-learning uClass dan penyempurnaan fitur-fitur lainnya termasuk Al-Qur’an, doa-doa harian, Live Streaming dan Tanya-Jawab (Q&A) dengan Ustaz merupakan bentuk continuous improvement berdasarkan masukan dari pengguna demi menjawab berbagai kebutuhan umat Islam di Indonesia.” tambah Indra.

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga Uno, Pengusaha sekaligus Founder Rumah Siap Kerja turut menyampaikan, “Dengan hadirnya uClass sebagai solusi #JadiMuslimCerdas, umma telah mengukuhkan dirinya sebagai satu-satunya platform ekosistem muslim di Indonesia yang secara konkrit mendorong terbentuknya gaya hidup Muslim yang baik melalui pemanfaatan teknologi digital. Dalam rangka mendukung penciptaan lapangan kerja di era 4.0, Rumah Siap Kerja turut menyambut baik hadirnya fitur uClass di aplikasi umma, dimana belajar menjadi wirausaha Muslim tidak lagi menjadi pilihan gaya hidup, tetapi juga menjadi salah satu cara untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional di tengah situasi menantang saat ini.”

uClass Sebagai E-learning Muslim Pertama. (uClass)
uClass Sebagai E-learning Muslim Pertama. (uClass)

Saat ini kelas-kelas di uClass diisi oleh lebih dari 100 Ustaz serta pemateri lainnya. Sebagai platform e-learning, umma akan terus menggandeng berbagai Ustaz, institusi, komunitas dan narasumber ahli untuk mengisi beragam topik di uClass yang bermanfaat bagi umat Islam secara luas. “Melalui uClass, umma terus berkomitmen untuk mendukung penuh para Ustaz, Guru Ngaji, Tokoh Inspiratif dan pemateri lainnya di tengah masa pandemi agar terus saling berbagi kebaikan melalui kelas-kelas di uClass. Hal ini sejalan dengan misi umma mendorong Ustaz, Tokoh-Tokoh, Komunitas serta Institusi dan Organisasi di Indonesia untuk lebih mudah menjangkau jamaah lebih luas lagi melalui teknologi digital,” jelas Indra.  umma mengundang siapapun yang berminat untuk menjadi pemateri di uClass untuk mendaftarkan diri melalui alamat email [email protected] atau nomor Whatsapp 0817-3434-24.

Baca Juga: Sempat Bocor, Akhirnya Resmi Diungkap Wujud dan Harga Xbox Series S

Turut hadir dan dan mencoba fitur uClass, Muslimah public figure Oki Setiana Dewi menyampaikan “Situasi pandemi membuat berbagai perubahan gaya hidup kita sehari-hari, apalagi menjalani peran profesional dan sebagai orangtua di rumah. Banyak aktivitas akselerasi diri dan keluarga yang cukup terhambat, termasuk salah satunya anak-anak yang tidak bisa les mengaji atau ikut Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) seperti normal. Hadirnya uClass sebagai solusi umma #JadiMuslimCerdas tidak hanya memudahkan belajar jadi Muslim yang produktif, tetapi juga membantu anak-anak saya untuk belajar Al-Quran lebih baik lagi, InsyaAllah."

Seiring dengan hadirnya fitur uClass sebagai solusi #JadiMuslimCerdas, umma juga menyempurnakan tampilan halaman depan di aplikasi yang semakin memudahkan pengguna mengakses fitur penunjang ibadah harian.  “Sejak berdiri, umma berkomitmen dalam mendukung kebutuhan ibadah umat Islam dengan menciptakan user experience yang baik dan nyaman, tanpa menghadirkan iklan (Ads-Free), dan tanpa memungut biaya untuk fitur-fitur utama penunjang ibadah.  Kenyamanan pengguna tersebut terlihat dari aplikasi umma yang telah diunduh oleh lebih dari 9,3 juta pengguna per Agustus 2020,” terang Indra.

Untuk bergabung di uClass atau mengakses berbagai fitur umma lainnya, pengguna cukup mengunduh aplikasi umma yang tersedia di Google Play Store dan di Apple App Store.  Melalui kanal uClass di halaman utama, pengguna dapat memilih kelas yang diinginkan.

Baca Juga: Bikin Daftar Merek HP Orang Miskin, Netizen Malah Salah Fokus ke Sini

Untuk kelas berbayar, umma menyediakan akses pembayaran melalui dompet digital dan transfer bank.  Dibanderol biaya mulai dari Rp. 30.000,- hingga Rp. 300.000,- per kelas atau per program pembelajaran, hingga saat ini uClass telah diikuti oleh lebih dari 5.000 peserta dalam satu bulan berjalan.  Khusus Bulan September 2020, umma memberikan promo bagi pengguna berupa Paket uClass Pass seharga Rp. 100.000,-.  Dengan Paket tersebut, pengguna dapat mengikuti seluruh kelas berbayar yang ditawarkan di uClass selama Bulan September tanpa dikenakan biaya tambahan per kelasnya.  Selamat memulai pembelajaran #JadiMuslimCerdas!

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak