Internet

CEK FAKTA: Benarkah Prabowo Subianto Gantikan Maruf Amin Jadi Wapres?

Benarkah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan jadi Wakil Presiden RI menggantikanMaruf Amin?

Agung Pratnyawan

CEK FAKTA: Benarkah Prabowo akan dilantik jadi wapres (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA: Benarkah Prabowo akan dilantik jadi wapres (Turnbackhoax.id)

Hitekno.com - Beredar postingan di media sosial dengan narasi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan jadi Wakil Presiden RI menggantikan Maruf Amin.

Bahkan klaim ini menyebut kalau Prabowo Subianto telah dilantik dan secara resmi akan menggantikan posisi Maruf Amin sebagai Wakil Presiden RI.

Narasi tersebut diunggah dalam bentuk video oleh akun Facebook bernama Sarjana Militer. Berikut narasinya:

"Duni4 terkejut!! Prabowo resmi akan jadi w4kil Presiden Indonesia."

Benarkah klaim yang menyebut Prabowo Subianto jadi Wapres tersebut?

Fakta Prabowo akan dilantik jadi wapres (Turnbackhoax.id)
Fakta Prabowo akan dilantik jadi wapres (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta dari Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Jumat (21/8/2020), klaim yang menyebut Prabowo Subianto akan menggantikan posisi Maruf Amin sebagai wakil presiden adalah klaim yang salah. Faktanya, tidak ada sumber manapun yang menyebutkan hal itu.

Dalam video yang diunggah oleh akun Facebook Sarjana Militer, ada potongan-potongan pernyataan dan pidato dari tokoh-tokoh negara.

Adapun tokoh-tokoh yang ada dalam video tersebut antara lain Presiden Joko Widodo (Jokowi), Prabowo Subianto, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Sementara itu, Prabowo sendiri disebut pernah mendapatkan tawaran menjadi wakil Jokowi di kontestasi Pilpres 2019.

Pernyataan tersebut diungkap oleh Wasekjen Parati Gerindra Andre Rosiade dalam artikel yang dimuat Kompas.com berjudul Wasekjen Gerindra: Tawaran Jadi Wapres Jokowi Saja Ditolak Prabowo'. Artikel tersebut tayang pada 17 Juli 2019.

Fakta Prabowo akan dilantik jadi wapres (Turnbackhoax.id)
Fakta Prabowo akan dilantik jadi wapres (Turnbackhoax.id)

Andre menyebut Prabowo pernah ditawari menjadi menteri di era kepemimpinan SBY pada periode 2009-2014, namun tawaran tersebut ditolak Prabowo.

Prabowo juga pernah mendapatkan tawaran untuk masuk dalam kabinet kerja Jokowi di perode 2014-2019, namun lagi-lagi Prabowo menolak tawaran tersebut.

Bahkan, Prabowo juga ditawari menjadi pendamping Jokowi maju dalam Pilpres 2019.

"Tahun 2018, pak Prabowo ditawari jadi wakil presidennya pak Jokowi. Duduk manis jadi wapresnya pak Jokowi, nggak perlu modal. Enggak diterima oleh pak Prabowo," ungkap Andre.

Kesimpulan

Dari penjelasan cek fakta di atas, dapat disimpulkan klaim yang menyebut Prabowo akan dilantik menjadi wakil presiden adalah klaim yang salah.

Klaim yang menyebut Prabowo Subianto jadi Wapres gantikan Maruf Amin dipastikan hoaks dan masuk dalam kategori konten koneksi yang salah. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

Berita Terkait