Internet

Cara Daftar Upacara Virtual HUT Kemedekaan RI ke-75 Bareng Jokowi

Karena digelar secara virtual, maka lebih banyak orang bisa mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75.

Agung Pratnyawan

Bendera Merah Putih. (Wikiwand)
Bendera Merah Putih. (Wikiwand)

Hitekno.com - Pendemi telah berdampak ke berbagai bidang, terutama pada kegiatan yang melibatkan banyak orang. Termasuk upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 akan digelar secara virtual.

Karena digelar secara virtual, maka lebih banyak orang bisa mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 dari Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Meski begitu, bagi masyarakat Indonesia yang ingin berpartisipasi untuk mengikuti upacara virtual, Sekretariat Presiden memberikan solusi dengan membuat laman Pandang Istana yang beralamat di https://pandangistana.setneg.go.id.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, pun meresmikan peluncuran situs web Pandang Istana pada Senin kemarin (10/8/2020).

"Berbeda dengan tahun-tahun lalu, kali ini Bapak/Ibu kami undang untuk mengikuti HUT ke-75 RI tahun ini melalui virtual," ujar Heru dalam keterangan resminya, Selasa (11/8/2020).

Presiden Jokowi saat memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Istana Negara. (Suara.com/Ummi HS).
Presiden Jokowi saat memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Istana Negara. (Suara.com/Ummi HS).

 

Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam upacara virtual tersebut dapat mendaftarkan terlebih dahulu melalui laman Pandang Istana.

Sekretariat Presiden mengalokasikan sebanyak 17.845 undangan upacara virtual pada 17 Agustus 2020 mendatang. Pemohon yang mengajukan kuota undangan tersebut akan terlebih dahulu dilakukan verifikasi data.

Setelah itu, pemohon akan memperoleh pesan melalui WhatsApp dan surel yang berisi ketentuan untuk mengikuti jalannya Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia atau Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Istana Merdeka, secara langsung melalui konferensi video.

Setiap pendaftar hanya akan memperoleh satu tautan undangan konferensi video upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pandangistana.setneg.go.id," tutup Heru yang menandai peluncuran dan dimulainya proses pendaftaran upacara virtual melalui Pandang Istana.

Itulah bagaimana cara bisa mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 virtual nanti. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait