Internet

Ikan Mas Raksasa Danau Toba Tertangkap, Netizen Khawatirkan Musibah

Penangkapan ikan mas raksasa di Danau Toba tersebut langsung membuat heboh netizen.

Agung Pratnyawan

Ikan mas raksasa tertangkap di Danau Toba.(Facebook/Juliarson Saragih)
Ikan mas raksasa tertangkap di Danau Toba.(Facebook/Juliarson Saragih)

Hitekno.com - Netizen di media sosial tengah dihebohkan tertangkapnya seekor ikan mas raksasa di Danau Toba, Tao Silalahi, Sumatera Utara. Foto pengangkapan tersebut pun viral di media sosial

Ikan mas raksasa tersebut memiliki berat sampai 15 kilogram, dan memiliki warna oranye. 

Penangkapan ikan mas raksasa di Danau Toba tersebut kali pertama diunggah oleh akun jejaring sosial Facebook Juliarson Saragih pada Sabtu 8 Agustus 2020 kemarin.

Saat itu, pria ini memang tengah memancing bersama teman-temannya.

Buntutnya, mereka menangkap ikan mas raksasa di danau. Saking besarnya, ikan itu bahkan tampak harus dipeluk oleh warga untuk diabadikan dengan foto.

"Berhasil mendarat dengan sempurna ikan mas 15 kilogram," tulis Juliarson Saragih seperti dikutip Hops.id--jaringan Suara.com--, Selasa (11/8/2020).

Dalam video unggahan Juliarson, ia bersama empat temannya memancing di Danau Toba. Mereka syok karena umpan joran pancing milik seorang temannya memakai baju abu-abu dimakan oleh ikan.

Ikan mas raksasa tertangkap di Danau Toba.(Facebook/Juliarson Saragih)
Ikan mas raksasa tertangkap di Danau Toba.(Facebook/Juliarson Saragih)

 

Tak heran, video detik-detik penangkapan ikan tersebut tampak tak berjalan dengan mudah. Ia bahkan harus dibantu oleh seorang temannya agar ikan mas raksasa dari Danau Toba itu bisa dibawa ke daratan.

Untuk mengangkatnya, tampak ikan mas itu mesti dibawa dua orang pria dewasa.

Resah ikan mas bawa petaka

Sementara itu, usai viral di sosial media, banyak warganet yang menyarankan agar ikan raksasa itu dikembalikan ke danau. Alasannya, banyak dari mereka yang khawatir bisa menyebabkan bencana.

Peristiwa ini dikait-kaitkan dengan peristiwa sebelum tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun yang menewaskan ratusan orang. Sebelum peristiwa itu terjadi, yakni Juni 2018 silam, ada pula seorang warga yang berhasil mendapat ikan mas raksasa, seberat 13,8 kilogram.

"Kalau bisa dilepas aja to, jangan dimasak, kasihan. Cobalah ikan sebesar itu, jangan terjadi kesekian kalinya yang pernah dialami dulu," ucap Elprida Lestari Nainggolan Parhusip.

Ikan mas raksasa tertangkap di Danau Toba.(Facebook/Juliarson Saragih)
Ikan mas raksasa tertangkap di Danau Toba.(Facebook/Juliarson Saragih)

"Kalau saya bagusnya dilepas aja udah segitu besarnya lagian sebentar lagi bertelur itu. Jadi, bisa dilestarikan biar makin banyak bibit ikan masnya tambah," lanjut Hutahaean Tommy.

"Jadi ingat kejadian-kejadian di Danau Toba yang katanya berawal dari dapatnya ikan mas yang gede berujung bencana. Sebaiknya dilepas aja bang. Kasihan juga ikannya," timpal Mutya Annisa Hafsah.

Hingga kini, video tersebut telah dilihat ribuan orang dan telah beredar luas di berbagai jejaring media sosial.

Klarifikasi Juliarson Saragih

Pemilik akun Juliarson Saragih mengklarifikasi terkait penangkapan ikan mas raksasa tersebut. Di grup Facebook 'Pemancing Danau Toba', Juliarson meminta maaf karena ikannya tidak dilepas.

"Sebelumnya saya minta maaf jikalau ikannya tidak dilepas. Itu videonya saya sendiri yg videokan," tulis pemilik akun Juliarson Saragih.

Juliarson menuliskan, sebelum ikan dibawa, dia dan temannya sempat menanyakan kepada pemilik lapak pemancingan terkait nasib ikan itu: boleh dibawa atau tidak?

"Setelah dilihat yang punya pranca atau lapak pemancingan, ikan tersebut boleh dibawa dan dikatakan itu rejeki yang mendapatkan. Sebab, ikan tersebut yang dipancing bukan yang dirambit atau sengaja diincar," tulis Juliarson.

Pun Juliarson menjelasan jika pemilik lapak tidak mengizinkan dibawa, kemungkinan dirinya akan melepaskan kembali ikan tersebut ke Danau Toba

"Seandainya yang punya pranca atau lapak mengatakan ikan tersebut tidak bisa dibawa, ikan itu juga kami lepas kembali ke Danau Toba. Sekian penjelasan dari saya, terima kasih salam sehat selalu buat sahabat semuanya," tulis Juliarson.

Itulah penangkapan ikan mas raksasa Danau Toba yang viral di media sosial. Hingga kini masih banyak netizen yang dibuat heboh. (Suara.com/ Rendy Adrikni Sadikin).

Berita Terkait