Internet

Jokowi Minta 12.500 Desa Dipasangi Jaringan Internet

Jokowi meminta para menteri untuk mempercepat perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital.

Agung Pratnyawan

Presiden Jokowi (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Hitekno.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan pentingnya jaringan internet untuk bisa masuk ke desa. Ia mengingatkan para menteri untuk mempercepat perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital.

Jokowi menyampaikan kalau dirinya sudah memerintahkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate untuk mempercepat penyediaan akses dan jaringan internet ke 12.500 desa dan titik layanan publik.

"Segera lakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital. Saya kita kemarin kita sudah bicara dengan Menkominfo mengenai ini. Kemudian percepatan penyediaan layanan internet di 12.500 desa atau kelurahan serta di titik-titik layanan publik," ujar Jokowi dalam Rapat Terbatas Perencanaan Transformasi Digital, Senin (3/8/2020).

Kemudian Jokowi meminta jajaran terkait untuk mempersiapkan roadmap transformasi digital semua sektor-sektor strategis baik di pemerintahan, di layanan publik, di bantuan sosial, di sektor pendidikan, di sektor kesehatan, di sektor perdagangan, di sektor industri, di sektor penyiaran.

"Jangan sampai infrastruktur digital yang sudah kita bangun justru utilitasnya sangat rendah," ucap dia.

Mantan Wali Kota Solo meminta mempercepat integrasi pusat data nasional.

"Percepat integrasi pusat data nasional. Saya kira ini juga sudah kita bicarakan," tutur Jokowi.

Ilustrasi jaringan internet. (unsplash/ Thomas Jensen)
Ilustrasi jaringan internet. (unsplash/ Thomas Jensen)

 

Tak hanya itu, Kepala Negara juga menginstruksikan jajarannya mempersiapkan kebutuhan SDM talenta digital. Menurutnya hal tersebut penting untuk melakukan transformasi digital negara.

Pasalnya kata dia, Indonesia membutuhkan talenta digital sebanyak kurang lebih 9 juta orang untuk 15 tahun ke depan.

"Ini perlu betul-betul sebuah persiapan untuk kurang lebih 600 ribu per tahun sehingga kita bisa membangun sebuah ekosistem yang baik bagi tumbuhnya talenta-talenta digital kita," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga memerintahkan jajarannya mempersiapkan regulasi terkait skema pendanaan dan pembiayaaan transformasi digital.

"Saya minta yang berkaitan dengan regulasi berkaitan dengan skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital segera disiapkan secepat-cepatnya. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan sebagai pengantar," katanya.

Itulah permintaan Presiden Jokowi agar ada percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital. Terutama perluasan jaringan internet ke desa. (Suara.com/ Ummi Hadyah Saleh).

Berita Terkait