Internet

Cara Kompres PDF Tanpa Aplikasi, Bikin Mudah Kirim File

Berikut ini cara kompres PDF agar berukuran kecil tanpa menggunakan aplikasi.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi PDF. (Pixabay/ Clker-Free-Vector-Images)
Ilustrasi PDF. (Pixabay/ Clker-Free-Vector-Images)

Hitekno.com - Ukuran file PDF yang besar kadang menyulitkan untuk mengirimkannya. Namun bukan berarti tidak ada cara kompres PDF agar ukurannya lebih kecil.

PDF banyak dipilih untuk bertukar informasi karena adanya proteksi agar isinya tidak diubah. Namun semakin banyak yang dimasukkan membuatnya semakin besar.

Ukuran PDF bisa menjadi sangat besar, terutama ketika pengguna menambahkan banyak gambar dan objek. Jika ingin mengirimkan PDF melalui email atau pesan instan, bakal memakan waktu lama.

Pemilihan file PDF untuk berbagi informasi karena adanya proteksi untuk tidak merubah isinya. Sehingga informasi yang disebarkan terjaga.

Cara kompres PDF bisa menggunakan aplikasi yang tersedia secara berbayar maupun gratis. Namun jika tidak ingin instal aplikasi, bisa menggunakan layanan lain.

Ilustrasi file pdf. (Pixabay)
Ilustrasi file pdf. (Pixabay)

 

Ada beberapa layanan kompres file PDF secara online yang bisa kamu akses menggunakan web browser saja. Tidak perlu ribet instal aplikasi yang meragukan keamanannya.

Berikut ini cara kompres PDF agar berukuran kecil tanpa menggunakan aplikasi.

  1. Gunakan layanan kompres PDF secara online melalui web browser, salah satunya SmallPDF
  2. Bukan https://smallpdf.com/
  3. Pilih Compress PDF
  4. Upload file PDF dengan klik Choose Files
  5. Untuk versi gratis, pilih Basic Compression lalu klik Choose Option
  6. Tunggu loading hingga halaman download tersedia
  7. Klik tombol Download
  8. Tunggu sampai download file PDF selesai

Layanan SmallPDF untuk versi gratis ini bisa melakukan kompresi sekitar 40 persen dari ukuran file PDF. Sehingga ukuran file bisa lebih kecil.

Meski lebih kecil, kualitas dari isi PDF tersebut tidaklah rusak. Hanya beberapa gambar yang turun secara kualitas, namun tetap bisa dilihat dengan baik.

Untuk ukuran yang lebih kecil, SmallPDF menyediakan layanan versi Pro yang berbayar. Namun versi gratis saja sudah sangat membantu.

Itulah cara kompres PDF dengan mudah tanpa aplikasi. Yang kamu butuhkan adalah web browser untuk mengakses layakan SmallPDF.

Berita Terkait