Dipakai di Sekolah Online, Ini Cara Buat Google Form untuk Ujian dan Tugas

Menggunakan Google Form, kamu dapat membuat berbagai jenis soal seperti essay hingga pilihan ganda tergantung kebutuhan.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Rabu, 22 Juli 2020 | 06:45 WIB
Logo Google Form. (Google)

Logo Google Form. (Google)

Hitekno.com - Karena adanya penyebaran virus corona, seluruh sekolah di Indonesia terpaksa harus memberlakukan sekolah online. Demi keperluan sekolah online, ini cara buat Google Form untuk ujian dan tugas.

Sama seperti layanan Google lainnya, Google Form juga dapat kamu manfaatkan dengan gratis. Dengan layanan Google satu ini, seorang guru secara khusus akan dapat dengan mudah melangsungkan ujian layaknya sekolah biasa.

Syarat untuk dapat memanfaatkan layanan Google ini adalah dengan cukup memiliki akun Gmail. Pada umumnya, pengguna Android saat ini pasti sudah punya akun Gmail masing-masing untuk mengakses layanan Google.

Baca Juga: Langkah-langkah Download Video Twitter via PC, Laptp iOS dan Android

Layaknya membuat soal ujian pada umumnya, menggunakan Google Form, kamu dapat membuat berbagai jenis soal seperti essay hingga pilihan ganda tergantung kebutuhan.

Untuk membuat soal ujian atau tugas dengan Google Form, kamu perlu masuk ke laman https://www.google.com/intl/id/forms/about/ selanjutnya piliha satu di antara dua layanan yang akan kamu gunakan yaitu Pribadi atau Bisnis.

Cara membuat Google Form untuk ujian dan tugas. (Google)
Cara membuat Google Form untuk ujian dan tugas. (Google)

Jika kamu memilih pilihan Google Form Pribadi, kamu hanya perlu mengisi formulir yang menjadi media ujian online. Jangan lupa untuk mengisi judul ujian dan menghapus 'Untitled Form' dari kolom formulir tersebut.

Baca Juga: Daftar Harga Powerbank Xiaomi Juli 2020, Termurah hingga Termahal

Pada tahap ini, hampir semua proses membuat Google Form untuk ujian dan tugas sudah kamu lakukan. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengisi soal serta opsi pilihan ganda seperti soal ujian dan tugas biasanya.

Langkah selanjutnya, jika kamu ingin menambah soal lainnya, cukup memilih ikon plus (+) yang berada di samping kanan form tersebut. Sebelum melakukan input soal, kamu perlu untuk mengatur konfigurasi agar siswa dapat mengerjakan siap soal ujian dan tugas itu.

Cara membuat Google Form untuk ujian dan tugas. (Google)
Cara membuat Google Form untuk ujian dan tugas. (Google)

Jangan lupa untuk mengatur email yang mengakses soal ujian dan tugas di Google Form tersebut. Pada pilihan 'Response Receipts', aktifkan pilihan 'Always' untuk menerima jawaban dari para siswa.

Baca Juga: Hanya Rp 1 Jutaan, Begini Spesifikasi Samsung Galaxy A01 Core

Selanjutnya pada poin 'Quizzes' aktifkan pilihan 'Make this a quiz' dan memilih 'Release grade' serta 'Immediately after each submission' atau 'Later, after manual review' untuk sistem pemeriksaan soal ujian dan tugas tersebut.

Kalau semua cara membuat Google Form untuk ujian dan tugas sudah kamu ikuti, maka proses sekolah online akan berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!

Baca Juga: Harga Mi True Wireless Earbuds Basic S, TWS Murah dari Xiaomi

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak