Jadi Tren saat New Normal, Pencarian Sepeda Lipat di Google Melonjak Tajam

Hal ini senada dengan peningkatan popularitas Sepeda Lipat.

Agung Pratnyawan
Selasa, 21 Juli 2020 | 08:00 WIB
Ilustrasi sepeda lipat. (Pixabay)

Ilustrasi sepeda lipat. (Pixabay)

Hitekno.com - Aktivitas bersepeda tengah populer saat memasuki new normal seperti sekarang. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah pencarian di Google terkait sepeda lipat.

Dilaporkan pula popularitas sepeda lipat kiat meningkat di Indonesia, seperti data meta-search iPrice Senin (20/7/2020). 

Sejak Covid-19 mewabah, jumlah pemesanan sepeda naik 50 persen dan pengguna sepeda di kawasan ibu kota meningkat hingga 1000 persen per minggu pertama Juli 2020 dibandingkan 2019.

Baca Juga: Viral Aksi Nekat Pesepeda Lawan Arah, Netizen: Setor Nyawa

Sepeda lipat, sepeda gunung (MTB) dan sepeda anak menjadi 3 model utama dari model sepeda yang menjadi tren di Indonesia. iPrice menyebut, sepeda lipat merupakan yang paling banyak dicari. Search interest di Google Trends untuk sepeda lipat meningkat hingga 900 persen sejak 1 Maret hingga 21 Juni 2020.

Selanjutnya pada urutan kedua, sepeda gunung atau MTB pun mengalami peningkatan search interest hingga 680 persen sejak 1 Maret hingga 21 Juni 2020.

Sepeda anak berada di peringkat ketiga dengan pencarian yang juga meningkat sejak 1 Maret. Hanya saja, peningkatan tidak terlalu signifikan yaitu hanya 142 persen. Road bike atau sepeda balap berada di peringkat terakhir dengan peningkatan pencarian sebesar 300 persen selama periode yang sama.

Baca Juga: Rela Dorong Pesepeda Cewek, Netizen Soroti Level Bucin Cowok InI

Temuan search interest ini sejalan dengan temuan pasar bahwa 60 persen dari pasar saat ini lebih memilih sepeda yang dapat dilipat; 30 persen untuk pasar sepeda gunung atau MTB; sedangkan sisanya merupakan produk lain seperti sepeda kota dan sepeda untuk anak-anak.

Ilustrasi sepeda lipat. (Pixabay)
Ilustrasi sepeda lipat. (Pixabay)

Pencarian kata kunci (keyword) sepeda mengalami peningkatan paling tinggi di tanggal 21 Juni dikarenakan mulai diberlakukannya car free day (CFD) untuk pertama kalinya sejak PSBB berlangsung.

Jumlah pengunjung yang bersepeda diperkirakan hingga 18.813 pada hari itu. Orang Indonesia mulai mencari sepeda untuk mempersiapkan CFD pada minggu selanjutnya pada tanggal 28 Juni 2020.

Baca Juga: Bikin Gowes Makin Seru, Ini 4 Earphone Bluetooth Cocok untuk Bersepeda

Mengapa sepeda lipat menjadi tren tertinggi?

iPrice meneliti lebih lanjut mengenai popularitas keyword Sepeda Lipat menggunakan Google Keyword Planner. Berdasarkan data yang didapatkan search interest keyword sepeda lipat pada awal Maret 2020 hanya sebesar 90.500.

Peningkatan mulai terjadi pada bulan April sebesar 82 persen menjadi 165.000, padahal bulan April merupakan awal mula diterapkannya PSBB pada sebagian besar provinsi di Indonesia. Pada bulan Mei search interest stabil dengan tidak adanya peningkatan sejak bulan April.

Baca Juga: Menteri Perhubungan Usul Kopi Starling Gunakan Sepeda Listrik

Juni 2020, menjadi peningkatan drastis dari search interest keyword sepeda lipat, dengan peningkatan hingga 644 persen sejak Maret 2020 dengan total jumlah sebanyak 673.000.

Hal ini sejalan dengan semakin banyaknya update masyarakat yang bersepeda di sosial media.

Sementara, untuk provinsi dengan pencarian keyword sepeda lipat tertinggi yaitu Jawa Barat (19,4 persen), Jawa Tengah (17,7 persen) dan DKI Jakarta (16,7 persen).

Itulah peningkatan pencarian sepeda lipat yang melinjak tajam di Google seiring dengan makin populernya aktivitas bersepeda. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak