Internet

Indomie Jawa vs Indomie Kalimantan, Netizen Ungkap Bedanya

Meski mie instan ini dibuat perusahaan yang sama, Indomie Jawa dengan kalimantan berbeda.

Agung Pratnyawan

Indomie Jawa VS Indomie Kalimantan. (HiTekno.com)
Indomie Jawa VS Indomie Kalimantan. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Netizen di media sosial sedang diramaikan perbedaan antara Indomie Jawa vs Indomie Kalimantan. Meski mie instan ini diproduksi perusahaan yang sama, ternyata ada perbedaan.

Hal ini dibuktikan langsung oleh seorang netizen pengguna Tiktok bernama @extraordinarygirlll. 

Melalui akun TikTok-nya, gadis itu membuktikan sendiri perbedaan Indomie goreng dari Jawa dan Kalimantan. Ia juga heran ketika mendapati rumor yang santer terdengar itu ternyata bukan abal-abal. 

"By the way, anyway, gue nggak pernah seniat ini, tapi karena banyak yang kepo dan nggak percaya, ini gue beli Indomie-nya Kalimantan dan barusan gue beli Indomie-nya Jawa," katanya. 

Ia pun meletakkan dua bungkus Indomie yang masing-masing dibeli di Pulau Jawa dan Kalimantan. Ia bahkan memperlihatkan tiket pesawat ketika dirinya pergi ke Kalimantan untuk membuktikan rumor tersebut. 

Perbedaan pertama yang ia saksikan adalah bungkus atau kemasan Indomie yang berbeda antara Indomie yang dibeli di Jawa dan di Kalimantan. Kemasan Indomie Jawa lebih besar sementara Indomie di Kalimantan lebih kecil. 

"Kita lihat perbedaannya apa. Nih ya, kalau dari kemasan, dari Jawa lebih gede sedangkan yang ini [Kalimantan] lebih ramping gitu," tukasnya. 

Warganet jelaskan perbedaan Indomie Jawa dan Kalimantan (Instagram).
Warganet jelaskan perbedaan Indomie Jawa dan Kalimantan (Instagram).

Perbedaan kedua, kemasan Indomie Jawa terdapat keterangan tulisan bawang goreng di bagian bawah gambar piring, sementara untuk Indomie Kalimantan, tulisan tersebut tidak ada. 

"Yang paling mencolok, ada tulisan bawang goreng lebih banyak dan lengkap dengan saus cabe. Di sini [Indomie Kalimantan] nggak ada soalnya di sini emang nggak ada bawang dan nggak ada saus cabenya," kata @extraordinarygirlll. 

Perbedaan ketiga yang berhasil ia temukan adalah, berat dua mie instan itu berbeda padahal diproduksi oleh perusahaan yang sama. Indomie dari Jawa memiliki berat 85 gram sementara Indomie dari Kalimantan memiliki berat sebesar 80 gram. 

"Padahal produksinya sama loh. Kenapa ini 85 gram dan ini 80 gram," jelasnya. 

Perbedaan terakhir yang ia temukan adalah cara penyajian. Untuk Indomie dari Jawa, terdapat saran penyajian menggunakan bawang goreng dan saus cabe, sementara yang Indomie Kalimantan tidak ada. 

Ilustrasi Indomie. (GuideKu.com/Dany Garjito)
Ilustrasi Indomie. (GuideKu.com/Dany Garjito)

 

Sontak, hal ini pun memantik perdebatan warganet. Mereka merasa hal tersebut tidak adil dan melampiaskan kekesalannya melalui kolom komentar. 

"Indomie harus klarifikasi," kata @MEMELPARK. 

"Sebagai orang Kalimantan saya merasa tidak adil," kata Hirohito.  

Itulah ramainya pembahasan netizen pada perbedaan antara Indomie Jawa vs Indomie Kalimantan. Mie instan mana yang jadi pilihanmu? (Suara.com/ Ruhaeni Intan)

Berita Terkait