Internet

CEK FAKTA: Benarkah Rieke Diah Pitaloka Bugil Usai Dicopot dari Baleg?

Benarkah politisi PDIP ini tampil bugil setelah dipecat?

Agung Pratnyawan

Rieke Diah Pitaloka. (Instagram/ riekediahp)
Rieke Diah Pitaloka. (Instagram/ riekediahp)

Hitekno.com - Sebuah postingan di media sosial dengan foto Rieke Diah Pitaloka mengklaim kalau politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tampil bugil usai dicopot dari Badan Legislasi (Baleg) DPR.

Postingan itu dibuat oleh akun Facebook Dink Uno, pada Rabu (8/7/2020). Narasi dalam postingan itu menyudutkan Rieke Diah Pitaloka.

Unggahan tersebut mengandung narasi bahwa politisi PDIP tersebut berfoto tampil terbuka setelah dicopot dari Baleg.

Dalam unggahannya, Dink Uno menulis, "bugil,lagi setelah di pecat (emotikon)."

Benarkah Rieke Diah Pitaloka tampil bugil setelah dicopot dari Baleg?

CEK FAKTA, konten yang klaim Rieke Diah Pitaloka tampil bugil setelah dipecat (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA, konten yang klaim Rieke Diah Pitaloka tampil bugil setelah dipecat (Turnbackhoax.id)

 

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta dari Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Jumat (10/7/2020), klaim bahwa Rieke Diah Pitaloka tampil bugil setelah dipecat adalah tidak benar.

Foto yang diunggah oleh akun Facebook Dink Uno juga merupakan foto lama dan sudah pernah beredar sejak 2008.

Media daring detik.com memakai foto yang sama dalam artikel bertajuk "Bela Rakyat, ‘Oneng’ Batal Kuasai Bandung' yang terbit pada 30 Mei 2008.

Selain itu, klaim yang menyebutkan Rieke Diah Pitaloka dipecat juga tidak tepat. Ia hanya berganti posisi bukan dipecat.

CEK FAKTA, foto lama Rieke Diah Pitaloka tahun 2008, tidak benar ia tampil bugil setelah dipecat (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA, foto lama Rieke Diah Pitaloka tahun 2008, tidak benar ia tampil bugil (Turnbackhoax.id)

Rieke Diah Pitaloka tidak lagi menjabatan sebagai Pimpinan di Badan Legislasi (Baleg DPR RI). Namun, ia masih tercatat sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP dengan nomor anggota 170, berdasarkan laman resmi DPR RI, dpr.go.id.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR Utut Adianto menjelaskan ihwal perotasian Rieke Diah Pitaloka dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Baleg yang digantikan oleh Nurdin dari anggota Komisi III. Utut mengatakan, pergantian tersebut bukan soal rotasi biasa.

Dia mengemukakan, Fraksi PDI Perjuangan menempatkan Nurdin sebagai pimpinan Baleg ketimbang Rieke terkait pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja. Menurut Utut, Nurdin dinilai lebih kompeten mengawal RUU tersebut.

"Pergantian ini tentu bukan semata-mata untuk penyegaran atau rotasi biasa. Kita tahu bahwa dalam waktu dekat Baleg akan penuh dengan tugas-tugas berat kalau kita lihat omnibus law sudah mendekati titik-titik yang krusial," kata Utut dalam konferensi pers di Ruang Fraksi PDIP di DPR, Jakarta pada Kamis (9/7/2020).

"Selain omnibus, juga ada RUU HIP. Pak Komjen Nurdin dengan latar belakang polisi yang tentu sangat paham. Beliau pernah jadi kapolda dua kali, tugas utamanya mengawal itu," sambung Utut.

Kendati begitu, Utut menolak apabila pergantian Rieke oleh Nurdin karena didasari karena ketidakmampuan Rieke.

"Kita memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Mbak Rieke Diah Pitaloka, dia sudah berjuang habis-habisan. Tetapi ini tahapannya ganti orang yang mungkin lebih untuk mengawal hal-hal seperti ini," ujar Utut.

Kesimpulan

Jadi, cek fakta dari informasi yang diklaim dalam unggahan akun Facebook tersebut termasuk ke dalam kategori Konten yang Salah atau False Context. (Suara.com/ Rifan Aditya).

Referensi

https://turnbackhoax.id/2020/07/10/salah-bugillagi-setelah-di-pecat%f0%9f%98%82/

https://hot.detik.com/celeb/d-947630/bela-rakyat-oneng-batal-kuasai-bandung

http://www.dpr.go.id/blog/profil/id/262

Berita Terkait