Internet

Nonton Makin Seru, Ini 5 Tips Optimalkan Nobar Netflix

Yuk ikuti tipsnya berikut ini.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Netflix. (Unsplash/ Sayan Ghosh)
Ilustrasi Netflix. (Unsplash/ Sayan Ghosh)

Hitekno.com - Salah satu layanan streaming nonton film terpopuler, yaitu Netflix kini memiliki lebih dari 100 juta pelanggan global. 

Menjadi pilihan nonton serial dan film original, layanan streaming Netflix menjadi favorit di semua kalangan. 

Ada beberapa tips untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna menonton Netflix agar menjadi lebih seru.

Dilansir dari Thrillist, Kamis (9/7/2020), berikut lima tips optimalkan pengalaman menonton Netflix:

1. Unduh film dan acara untuk ditonton saat offline

Salah satu kendala streaming terbesar adalah perlunya koneksi internet berkualitas tinggi. Di akhir 2016, Netflix meluncurkan kemampuan untuk mengunduh film dan acara TV tertentu. Dengan kata lain, pengguna dapat menontonnya secara offline tanpa sambungan internet.

2. Hindari buffering

Buffering menjadi salah satu masalah bagi layanan streaming manapun. Namun, pengguna Netflix dapat menghindari buffering.

Jika pengguna menonton di komputer, saat memainkan judul, tahan Ctrl + Shift + Opt/Alt + S untuk membuka menu "tersembunyi" dengan perbaikan buffering dan opsi streaming lainnya.

Jika pengguna menonton di Apple TV atau perangkat streaming lainnya, buka bagian Playback Settings halaman akun > pilih Auto atau Low yang akan memuat konten walaupun dalam kualitas yang lebih rendah ketika koneksi menurun.

3. Menonton pada jam sibuk untuk kualitas video lebih baik

Cara lain untuk meningkatkan kualitas video adalah streaming pada jam-jam sibuk. Menurut laporan Digital Trends, penelitian menemukan kualitas dan kecepatan video meningkat secara signifikan selama berjam-jam, ketika lebih sedikit orang yang login dan menonton.

4. Nonaktifkan dubbing pada acara dan film berbahasa asing

Beberapa pengguna mungkin merasa risih dan tidak suka ketika film atau acara menggunakan dubbing. Pengguna Netflix dapat menonaktifkannya.

Aktifkan subtitle dengan mengklik tombol audio dan subtitle di sudut kanan bawah lalu pilih audio dalam bahasa asli film atau acara TV tersebut, kemudian pilih subtitle dalam bahasa pilihan pengguna.

Logo Netflix di sebuah tablet. [Shutterstock]
Logo Netflix di sebuah tablet. [Shutterstock]

5. Sesuaikan subtitle

Setelah menonaktifkan dubbing dan memilih subtitle, pengguna juga dapat mengoptimalkan subtitle. Pengguna dapat menyesuaikan subtitle Netflix default dengan mengubah warna, ukuran, jenis huruf, dan lainnya berdasarkan preferensi pengguna dan apa yang sesuai dengan judul yang pengguna tonton.

Untuk menyesuaikan subtitle, buka Account > Your Profile > Subtitle Appearance, dari sana pengguna dapat memengkustomisasi subtitle sesuai keinginan.

Itulah tadi cara tips mengoptimalkan layanan Netflix, jangan lupa dicoba ya. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait