Cara Membuat Email di Gmail, Kunci ke Layanan Google Lainnya

Email juga memiliki banyak fungsi tidak hanya untuk berkirim surat.

Agung Pratnyawan
Rabu, 24 Juni 2020 | 19:30 WIB
Ilustraso Gmail. (Google)

Ilustraso Gmail. (Google)

Hitekno.com - Bagaimana cara membuat email di Gmail, mengingat jadi kebutuhan penting di era internet ini. Banyak hal yang menuntut kepemilikan email di masa sekarang.

Selain itu, email juga memiliki banyak fungsi tidak hanya untuk berkirim surat. Email dapat digunakan menyimpan foto dan dokumen lainnya.

Ada beberapa layanan yang menyediakan pembuatan email, salah satunya adalah Gmail milik Google. Selain banyak digunakan oleh pengguna lainnya, cara membuat email di Gmail pun mudah dilakukan.

Baca Juga: Cara Aktivasi Windows 10, Mudah dan Resmi

Dilansir dari laman resmi Google, untuk mendaftar ke Gmail, pengguna harus membuat Akun Google. Cara mendaftarnya pun tidaklah susah.

Dengan akun ini dapat digunakan untuk mengakses produk Google lainnya selain Gmail, seperti YouTube, Google Play, dan Google Drive.

Ilustrasi Gmail di desktop. [Shutterstock]
Ilustrasi Gmail di desktop. [Shutterstock]

Berikut cara membuat email di Gmail dengan mudah:

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari YouTube, Apa yang Harus Dilakukan?

  1. Pertama, pengguna harus membuat Akun Google dengan mengakses https://accounts.google.com/signup
  2. Pengguna harus mengisi Nama Depan dan Nama Belakang.
  3. Pengguna dapat memasukkan Nama Pengguna untuk alamat Gmail. Pengguna dapat menggunakan huruf, angka, dan titik. Tetapi, pengguna tidak bisa menggunakan Nama Pengguna atau alamat Gmail tertentu jika Nama Pengguna yang diinginkan telah digunakan orang lain.
    Pengguna juga tidak bisa menggunakan Nama Pengguna tertentu jika nama yang dimasukkan sangat mirip dengan Nama Pengguna yang sudah ada. Sebagai contoh, jika [email protected] sudah ada, maka pengguna tidak dapat menggunakan [email protected].
  4. Setelahnya, pengguna harus memasukkan kata sandi dan mengkonfirmasinya pada kotak yang tersedia. Gunakan minimal delapan karakter dengan campuran huruf, angka, dan simbol.
  5. Klik tombol Berikutnya.
  6. Pengguna dapat memasukkan nomor telepon sebagai opsional. Nomor telepon ini akan digunakan Gmail untuk keamanan akun dan tidak akan terlihat oleh orang lain.
  7. Jika ada kerabat dekat atau teman yang dapat dipercaya memiliki Gmail, pengguna dapat menggunakan alamat Gmailnya sebagai alamat email pemulihan pada kotak yang tersedia. Namun ini adalah opsional, sehingga tidak wajib diisi.
  8. Selanjutnya, pengguna harus memasukkan tanggal, bulan, dan tahun lahir serta jenis kelamin.
  9. Klik tombol Berikutnya.
  10. Laman Gmail akan menampilkan halaman Privasi dan Persyaratan. Pengguna dapat membacanya terlebih dahulu, kemudian klik tombol Saya Setuju di bagian bawah.
  11. Akun Google pengguna secara otomatis akan dibuat. Klik ikon huruf di bagian kanan atas, pengguna dapat menemukan berbagai produk Google. Dari sana, pengguna bisa menemukan Gmail. Klik ikon amplop surat berwarna merah putih dengan tulisan Gmail di bagian bawahnya.
  12. Pengguna akan dibawa ke halaman Gmail dan sudah mulai bisa berkirim email dengan mengklik tombol Tulis dengan ikon tambah (+).

 

Aplikasi Gmail di sebuah ponsel pintar dan komputer (Shutterstock).
Aplikasi Gmail di sebuah ponsel pintar dan komputer (Shutterstock).

Gmail menawarkan berbagai macam fitur yang memudahkan pekerjaan pengguna. Selain dapat diakses melalui web, Gmail juga tersedia dalam bentuk aplikasi.

Itulah langkah-langkah cara membuat email di Gmail yang dapat pengguna lakukan dengan mudah. Selamat mencoba! (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Baca Juga: Cara Mengubah File JPG ke PDF, Mudah Tanpa Ribet

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak