Internet

Cara Membuat Email di Gmail, Kunci ke Layanan Google Lainnya

Email juga memiliki banyak fungsi tidak hanya untuk berkirim surat.

Agung Pratnyawan

Ilustraso Gmail. (Google)
Ilustraso Gmail. (Google)

Hitekno.com - Bagaimana cara membuat email di Gmail, mengingat jadi kebutuhan penting di era internet ini. Banyak hal yang menuntut kepemilikan email di masa sekarang.

Selain itu, email juga memiliki banyak fungsi tidak hanya untuk berkirim surat. Email dapat digunakan menyimpan foto dan dokumen lainnya.

Ada beberapa layanan yang menyediakan pembuatan email, salah satunya adalah Gmail milik Google. Selain banyak digunakan oleh pengguna lainnya, cara membuat email di Gmail pun mudah dilakukan.

Dilansir dari laman resmi Google, untuk mendaftar ke Gmail, pengguna harus membuat Akun Google. Cara mendaftarnya pun tidaklah susah.

Dengan akun ini dapat digunakan untuk mengakses produk Google lainnya selain Gmail, seperti YouTube, Google Play, dan Google Drive.

Ilustrasi Gmail di desktop. [Shutterstock]
Ilustrasi Gmail di desktop. [Shutterstock]

 

Berikut cara membuat email di Gmail dengan mudah:

  1. Pertama, pengguna harus membuat Akun Google dengan mengakses https://accounts.google.com/signup
  2. Pengguna harus mengisi Nama Depan dan Nama Belakang.
  3. Pengguna dapat memasukkan Nama Pengguna untuk alamat Gmail. Pengguna dapat menggunakan huruf, angka, dan titik. Tetapi, pengguna tidak bisa menggunakan Nama Pengguna atau alamat Gmail tertentu jika Nama Pengguna yang diinginkan telah digunakan orang lain.
    Pengguna juga tidak bisa menggunakan Nama Pengguna tertentu jika nama yang dimasukkan sangat mirip dengan Nama Pengguna yang sudah ada. Sebagai contoh, jika [email protected] sudah ada, maka pengguna tidak dapat menggunakan [email protected]
  4. Setelahnya, pengguna harus memasukkan kata sandi dan mengkonfirmasinya pada kotak yang tersedia. Gunakan minimal delapan karakter dengan campuran huruf, angka, dan simbol.
  5. Klik tombol Berikutnya.
  6. Pengguna dapat memasukkan nomor telepon sebagai opsional. Nomor telepon ini akan digunakan Gmail untuk keamanan akun dan tidak akan terlihat oleh orang lain.
  7. Jika ada kerabat dekat atau teman yang dapat dipercaya memiliki Gmail, pengguna dapat menggunakan alamat Gmailnya sebagai alamat email pemulihan pada kotak yang tersedia. Namun ini adalah opsional, sehingga tidak wajib diisi.
  8. Selanjutnya, pengguna harus memasukkan tanggal, bulan, dan tahun lahir serta jenis kelamin.
  9. Klik tombol Berikutnya.
  10. Laman Gmail akan menampilkan halaman Privasi dan Persyaratan. Pengguna dapat membacanya terlebih dahulu, kemudian klik tombol Saya Setuju di bagian bawah.
  11. Akun Google pengguna secara otomatis akan dibuat. Klik ikon huruf di bagian kanan atas, pengguna dapat menemukan berbagai produk Google. Dari sana, pengguna bisa menemukan Gmail. Klik ikon amplop surat berwarna merah putih dengan tulisan Gmail di bagian bawahnya.
  12. Pengguna akan dibawa ke halaman Gmail dan sudah mulai bisa berkirim email dengan mengklik tombol Tulis dengan ikon tambah (+).

 

Aplikasi Gmail di sebuah ponsel pintar dan komputer (Shutterstock).
Aplikasi Gmail di sebuah ponsel pintar dan komputer (Shutterstock).

 

Gmail menawarkan berbagai macam fitur yang memudahkan pekerjaan pengguna. Selain dapat diakses melalui web, Gmail juga tersedia dalam bentuk aplikasi.

Itulah langkah-langkah cara membuat email di Gmail yang dapat pengguna lakukan dengan mudah. Selamat mencoba! (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait