Ramai Cuitan SBY Soal RUU HIP, Netizen Malah Main Tebak-tebakan Zodiak

Ketika SBY memberikan tanggapannya soalRUU HIP, netizen malah menanggapinya dengan tebak-tebakan zodiak.

Agung Pratnyawan
Rabu, 24 Juni 2020 | 18:30 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono. (Twitter/ SBYudhoyono)

Susilo Bambang Yudhoyono. (Twitter/ SBYudhoyono)

Hitekno.com - Netizen di Twitter sering dibuat salah fokus pada cuitan, bahkan pada cuitan tokoh ternama. Seperti cuitan Presiden Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ketika SBY memberikan tanggapannya soal Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), netizen malah menanggapinya dengan tebak-tebakan zodiak.

SBY mengungkapkan dalam cuitannya, Selasa (23/6/2020), bahwa dirinya telah menelaah RUU HIP. Ia juga mengaku memiliki opini tersendiri soal RUU tersebut.

Baca Juga: Didik Ninik Thowok Ikutan Lathi Challenge, Netizen: yang Nonton Kicep

Kendati demikian, menutup cuitannya, SBY memilih untuk tak membagikan tanggapanannya terhadap RUU HIP ke publik. Sebab, menurut dia, itu bisa menjadikan situasi politik makin memanas.

"Saya mengikuti hiruk pikuk sosial & politik seputar RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Saya juga sudah membaca & mengkaji RUU tsb. Tentu ada pendapat & tanggapan saya. Namun, lebih baik saya simpan agar politik tak semakin panas *SBY*," kicau akun resmi @SBYudhoyono.

Ribuan akun pun me-retweet kicauan SBY. Lebih dari 10 ribu netizen bahkan menyukainya. Berbagai komentar juga tak kalah banyak disampaikan untuk merespons cuitan SBY.

Baca Juga: Foto Cewek Ini Terlihat Cantik, Perjuangan di Baliknya Bikin Netizen Ngakak

Namun, di antara ribuan komentar yang mengekor pada twit SBY, sebuah kicauan nyeleneh nan kocak berhasil menjadi top comment. Cuitan itu berasal dari travel blogger Alexander Thian, yang juga dikenal ahli dalam dunia astrologi.

Warganet tebak-tebakan zodiak SBY - (Twitter/@SBYudhoyono)
Netizen tebak-tebakan zodiak SBY - (Twitter/@SBYudhoyono)

Dengan gurauan khasnya sebagai selebtwit "pakar zodiak", pemilik akun @aMrazing ini salah fokus menebak zodiak SBY. Menurut penilaiannya dari pernyataan SBY di Twitter, mantan presiden itu memiliki karakter pasif-agresif, alias kerap memilih menyampaikan perasaan atau isi kepalanya secara tersirat, alih-alih langsung dan jelas.

"Bapak jodiaknya apa sih pak? Virgo ya pak? Pasif agresif is the way of life, ya, Pak? Ahzek," kelakar @aMrazing.

Baca Juga: Heboh Driver Ojol Foto Bareng SBY, Komentar Netizen Malah Bikin Salah Fokus

Banyak netizen yang kemudian ikut menambahkan komentar pada respons @aMrazing. Tampaknya mereka setuju bahwa SBY benar-benar memiliki kepribadianyang sesuai dengan zodiak Virgo, yang lahir antara 23 Agustus sampai 22 September, seperti tebakan @aMrazing.

"Bener, koh," tulis @penjaga_loket, menyertakan tangkapan layar tanggal lahir SBY, yaitu 9 September 1949, yang sekaligus membenarkan bahwa zodiaknya Virgo.

"Sesama Virgo nih aku paham perasaan Pak SBY," tambah @kucingimpor.

Baca Juga: Kisah Cinta SBY dan Ani Yudhoyono Disamakan dengan Tokoh Animasi Ini

"Beneran Virgo pula," ungkap @jattester.

 

Pada cuitan lainnya, SBY memperingatkan bahwa masyarakat harus berhati-hati untuk merancang sesuatu yang berhubungan dengan Pancasila. Dirinya pun menegaskan, "Jangan sampai ada 'ideological clash' dan perpecahan bangsa yang baru. Kasihan Pancasila, kasihan rakyat."

Diketahui, saat ini RUU HIP sedang ramai menjadi bahan perbincangan hangat publik. Salah satu klausul yang menjadi sorotan adalah konsep Trisila dan Ekasila serta frasa "Ketuhanan yang Berkebudayaan".

Konsep dan frasa kontroversial itu mendapatkan kritik keras dari publik hingga sejumlah ormas. Bahkan, PA 212 hingga FPI berencana mengelar aksi menolak RUU HIP di depan gedung DPR RI pada Rabu (24/6/2020) siang.

Dalam laman resminya, DPR menyebutkan bahwa RUU HIP sudah dibahas sebanyak tujuh kali dan telah resmi menjadi RUU inisiatif DPR dalam rapat paripurna pada Selasa (12/6/2020). Saat ini pembahasan selanjutnya akan segera digelar karea tinggal menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Itulah keisengan netizen pada cuita SBY yang membahas RUU HIP dengan main tebak-tebakan zodiak. (Suara.com/ Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana).

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak