Internet

Diduga Jadi Mata-mata China, Pengguna Diminta Uninstall VivaVideo

Aplikasi VivaVideo dinilai sebagai malware dan program mata-mata China, kenapa?

Agung Pratnyawan

VivaVideo. (Google Play Store)
VivaVideo. (Google Play Store)

Hitekno.com - Aplikasi edit video ternama, VivaVideo diduga menjadi salah satu alat mata-mata China. Pengguna pun diminta untuk uninstall VivaVideo ini.

VivaVideo sendiri sangat populer sebagai aplikasi edit video, bahkan telah didownload lebih dari 100 juta kali oleh pengguna Android.

Menurut laporan VPNPro, seperti dilansir Forbes pekan ini, izin akses yang diminta VivaVideo saat akan diinstal terlalu berlebihan dan berpotensi membahayakan data serta privasi pemilik HP Android.

VivaVideo diketahui dikembangkan oleh perusahaan China bernama QuVideo Inc yang bermarkas di Hangzhou, China. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Google Play Store.

VivaVideo disebut meminta izin untuk membaca dan menulis file ke drive eksternal dan meminta akses ke GPS, fungsi yang sama sekali tak berhubungan dengan menyunting video.

Bahkan aplikasi edit video VivaVideo bisa mengirim data lokasi pengguna ke server hingga 14.000 kali sehari.

Pada 2017 lalu, pemerintah India telah melarang militernya mengunduh dan menggunakan aplikasi VivaVideo karena dinilai sebagai malware dan program mata-mata China.

VivaVideo. (Google Play Store)
VivaVideo. (Google Play Store)

 

Beberapa aplikasi lain QuVideo Inc, yang diperkirakan sudah diunduh ratusan juta kali, juga dicurigai memiliki fungsi untuk mencuri data perbankan dan data sensitif lain dari HP Android penguna.

VivaVideo maupun QuVideo Inc belum memberikan tanggapan atas tudingan VPNPro ini. Sementara Google, pemilik toko aplikasi Play Store, juga belum memberikan tanggapan atas laporan ini.

Buat kamu pengguna aplikasi VivaVideo ini, lebih baik berhati-hati pada aplikasi edit video tersebut. Bahkan disarankan untuk uninstall VivaVideo.

Itulah laporan terbaru yang mendapati tuduhan VivaVideo sebagai alat mata-mata China. Apakah kamu termasuk pemakai aplikasi edit video ini? (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait