Internet

CEK FAKTA: Benarkah Ada Penampakan Kuntilanak di RS Covid-19 Galang, Batam?

Beredar video yang diklaim sebagai penampakan Kuntilanak di RS Covid-19 di Pulau Galang, Batam. Benarkah demikian?

Agung Pratnyawan

Cek Fakta, video Penampakan kuntilanak di RS Covid-19 Galang, Batam (Turnbackhoax.id)
Cek Fakta, video Penampakan kuntilanak di RS Covid-19 Galang, Batam (Turnbackhoax.id)

Hitekno.com - Beredar video di YouTube yang mengklaim merekam penampakan kuntilanak di Rumah Sakit khusus Covid-19 di Pulau Galang, Batam.

Video yang mengklaim penampakan kuntilanak ini pun viral. Banyak orang yang memercayai video tersebut sebagai bukti eksistensi makhluk halus.

Dalam narasi video itu disebutkan bahwa video tersebut diambil dari salah satu CCTV yang ada di rumah sakit.

Berikut isi narasinya:

"Selamat menonton video ini, video ini diambil dari salah satu cctv yang ada di rumah sakit galang batam, dimana rumah sakit ini dibuat pihak pemerintah batam untuk mengisolasi atau mnyembuhkan saudra2 kita yg terinfeksi covid-19.

Semoga covid-19 segera lenyap dari batam dan indonesia..jangan lupa dirumah aja jgan lupa keluar rumah pake masker.

Subscribe dan like channel ini agar bisa memberikan info dan hiburan bt kalian semua,terima kasih…

#dirumahaja#pakemasker#lawancovid-19"

Benarkah video tersebut merupakan penampakan kuntilanak di Rumah Sakit khusus Covid-19 di Pulau Galang, Batam.?

Penampakan hantu di RS Covid-19 Galang, Batam (Turnbackhoax.id)
penampakan kuntilanak di RS Covid-19 Galang, Batam (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan hasil cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Rabu (6/5/2020), klaim yang menyebutkan bahwa ada penampakan dalam video rekaman CCTV di RS Covid-19 di Pulau Galang, Batam merupakan klaim yang salah.

Sosok yang muncul dalam video tersebut bukanlah kuntilanak seperti klaim yang beredar melainkan seekor serangga yang menempel di lensa CCTV.

Hal itu dipertegas oleh Kepala RS Covid-19 Galang, Kol (CKM) Dr. dr Khairul Ihsan Nasution yang membantah klaim beredar tersebut. Ia menyatakan klaim tersebut merupakan klaim tidak benar alias hoaks.

"Bukan, bukan. Nggak ada itu," ujar Ihsan.

Dilihat dari tanggal rekaman CCTV, tertulis pada Rabu, 1 Januari 2020. Sementara, RS Covid-19 Galang baru mulai beroperasi pada April 2020.

Rumah sakit tersebut digunakan sebagai lokasi karantina bagi para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang kembali ke Tanah Air. Setelah menjalani karantina selama dua minggu dan dinyatakan sehat, maka par TKI baru diizinkan kembali ke daerah asal mereka masing-masing.

Kesimpulan

Dari penjelasan cek fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyebutkan ada penampakan kuntilanak di RS Covid-19 Galang, Batam adalah klaim yang salah. Klaim tersebut masuk dalam kategori false content atau konten yang salah. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

Berita Terkait