Internet

Hadiri Acara Pernikahan, 47 Staf Medis Ini Malah Terinfeksi Virus Corona

Hadiri acara sama dengan peserta tabligh akbar yang positif corona, 47 staf medis ikut terinfeksi.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)

Hitekno.com - Kementerian Kesehatan Malaysia mengumumkan bahwa puluhan anggota dan staf medis mereka ikut dinyatakan positif virus corona Covid-19 setelah menghadiri sebuah acara pernikahan. Ternyata acara tersebut dihadiri oleh beberapa peserta positif corona yang juga mengikuti acara tabligh akbar di Sri Petaling, Malaysia.

Menurut laporan dari Malaysiakini.com, Kementerian Kesehatan Malaysia memperkirakan bahwa 14.500 warga Malaysia menghadiri pertemuan tabligh di sebuah masjid pada akhir bulan Februari 2020.

Per tanggal 25 Maret 2020, sebanyak 1.057 dari 1.796 kasus positif virus corona di Malaysia terkait dengan cluster tabligh akbar Sri Petaling.

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Malaysia Dr Noor Hisham Abdullah mengungkapkan bahwa sebanyak 73 personel dan staf medis di kementeriannya dinyatakan positif corona.

Sebanyak 47 orang atau 64,4 persen dari kasus, menghadiri sebuah acara yang sama dengan peserta tabligh akbar.

Ilustrasi staf medis. (Pixabay/ mohamed Hassan)
Ilustrasi staf medis. (Pixabay/ mohamed Hassan)

 

"Ditemukan bahwa 47 kasus atau 64,4 persen ada hubungannya dengan resepsi pernikahan yang juga dihadiri oleh orang-orang yang menghadiri pertemuan tabligh," kata Dr Noor Hisham Abdullah dikutip dari New Strait Times.

Kini mereka memfokuskan pencarian pasien positif corona pada pertemuan tabligh di Sri Petaling, serta tamu pernikahan di Bangi dan Putrajaya pada awal Maret 2020.

Menurut Noor Hisham, pernikahan tersebut melibatkan seorang dokter dan perawat. Oleh karena itu, pernikahan dihadiri oleh banyak rekan mereka terutama dari Putrajaya.

Peserta yang tercatat pada tabligh akbar di Sri Petailing juga menjadi tamu di pernikahan tersebut sehingga penyebaran virus corona terjadi di sebuah acara sakral.

Situs resmi Kementerian Kesehatan Malaysia. (moh.gov.my)
Situs resmi Kementerian Kesehatan Malaysia. (moh.gov.my)

 

Dilansir dari World of Buzz, karena lonjakan tiba-tiba dalam tes staf medis yang positif, Kementerian Kesehatan Malaysia harus mendelegasikan kembali staf layanan kesehatan dari departemen dan rumah sakit lain untuk menutupi kekurangan tenaga kerja di rumah sakit yang terkena dampak.

Beberapa rumah sakit yang terdampak termasuk Rumah Sakit Teluk Intan, Rumah Sakit Putrajaya, Raja Rumah Sakit Perempuan Zainab II, Rumah Sakit Tengku Ampuan Rahimah, dan Rumah Sakit Selayang.

Selain menghadiri acara pernikahan, staf medis Malaysia lainnya yang positif virus corona juga pernah melakukan perjalanan luar negeri serta melakukan kontak dengan pasien positif virus corona Covid-19.

Berita Terkait