Internet

Kominfo Dorong Perusahaan Telekomunikasi Dukung Gerakan Social Distancing

Perusahaan telekomunikasi diminta menyediakan jaringan internet yang prima, mengingat sebagian masyarakat Indonesia beraktivitas dari rumah.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi tower jaringan seluler. (Pixabay)
Ilustrasi tower jaringan seluler. (Pixabay)

Hitekno.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate menyampaukan kalau Kominfo mengharap Penyelenggara Telekomunikasi dan Penyelenggara Platform Digital dukung kebijakan Presiden Joko Widodo agar masyarakat dapat kerja dari rumah.

Tak hanya kerja dari rumah, Presiden Jokowi juga menghimbau masyarakat belajar dari rumah, ibadah di rumah.

"Menindaklanjuti arahan Presiden kami sepakat mendukung kebijakan Presiden Jokowi untuk mendukung masyarakat agar bisa bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah atau saat ini dikenal dengan social distancing," ujar Plate dalam Konferensi Pers Dukungan Sektor Kominfo untuk Penanganan Covid-19 di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Senin (16/3/2020).

Menurut Menkominfo, Penyelenggara Telekomunikasi dan Penyelenggara Platform Digital secara bersama-sama memberikan dukungan dan komitmen dalam mendukung kebijakan Presiden dalam mengatasi Pandemi Covid-19.

"Di antaranya penyediaan bandwith dan kualitas layanan yang baik; penangkalan berita hoaks, maupun insentif lainnya," jelasnya.

Paspampres periksa suhu badan Menkominfo Jhonny G Plate di Istana Kepresidenan. (Suara.com/Ummi HS).
Paspampres periksa suhu badan Menkominfo Jhonny G Plate di Istana Kepresidenan. (Suara.com/Ummi HS).

 

Ia juga mengapresiasi semangat pemangku kepentingan sektor Kominfo untuk mengakhir Pandemi Covid-19.

"Saya berterimakasih kepada pimpinan perusahaan yang dengan semangat bersama untuk hadir di Kominfo dengan tujuan bersama memastikan mengakhiri penyebaran Covid -19," imbuh Johnny Plate.

Pada kesempatan yang sama, Menkominfo juga menggandeng perusahaan telekomunikasi, dalam hal ini operator seluler, untuk membantu pemerintah dalam menyediakan jaringan internet yang prima, mengingat sebagian masyarakat Indonesia beraktivitas dari rumah.

"Bagi perusahan telekomunikasi untuk menyediakan bandwith tambahan dan kualitas layanan. Biasanya dilakukan pada hari raya atau event nasional dan internasional, bahkan jika ada bencana ada deployment infrastruktur. Optimum use berapa dan traffick paling tinggi di mana, secara teknis akan dilakukan penyelenggara," pungkasnya.

Kominfo meminta para perusahaan telekomunikasi untuk bisa mendukung gerakan kerja di rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait