Internet

Viral Bilik Sterilisasi Portabel, Diklaim Bisa Seribu Orang per Hari

Penggunanya tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Agung Pratnyawan

Viral Vietnam buat kamar sterilisasi portabel cegah virus corona (twitter/@LunaOi_VN)
Viral Vietnam buat kamar sterilisasi portabel cegah virus corona (twitter/@LunaOi_VN)

Hitekno.com - Sebuah postingan bilik sterilisasi portabel mendadak viral di media sosial. Disebutkan alat ini dikembangkan Vietnam untuk mencegah penyebaran virus corna COVID-19.

Diklaim bilik sterilisasi portabel yang dikembangkan Vietnam ini dapat diklaim dapat mendisinfeksi seribu orang per hari.

Dilaporkan Latestly.com, Minggu (15/3/2020), bilik tersebut menggunakan air garam ion, dan telah dirancang dan diproduksi dengan sukses.

Foto bilik sterilisasi portabel ini dibagikan oleh akun Twitter @LunaOi_VN pada Jumat (13/3/2020).

Menurutnya, alat tersebut diciptakan dari hasil kerjasama antara Institut Kesehatan dan Lingkungan Kerja (Kementerian Kesehatan) dengan Universitas Teknologi Hanoi.

Dia menyatakan bahwa begitu seseorang berada di dalam ruangan, dalam 15-20 detik, 90 persen bakteri dan virus di tubuh akan dibersihkan sebelum masuk ke area klinis. 'Lagu korona' konon akan diputar saat ada orang berada di dalamnya.

Sistem bilik diklaim telah dipasang dalam pemeriksaan medis dan area padat untuk memastikan keamanan dan membatasi penyebaran virus berbahaya.

Viral Vietnam buat kamar sterilisasi portabel cegah virus corona (twitter/@LunaOi_VN)
Viral Vietnam buat kamar sterilisasi portabel cegah virus corona (twitter/@LunaOi_VN)

Berdasarkan cuitan yang viral di media sosial tersebut, untuk memakai fasilitas ini, penggunanya tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Akun @LunaOi_VN juga menjelaskan bahwa satu bilik sterilisasi portabel dijual sekitar $ 2.200 atau setara Rp 32,2 juta.

Sistem ini dapat memenuhi kapasitas desinfeksi hingga 1.000 orang per hari. Terdapat instruksi tertulis di ruang desinfeksi bersama dengan rekomendasi untuk pencegahan COVID-19.

Alat ini diharapkan mampu mencegah infeksi di daerah padat termasuk pemeriksaan medis dan tempat perawatan, perusahaan, sekolah dan pusat komersial untuk mencegah penyebaran wabah di Vietnam.

Sementara itu, unggahan yang memperlihatkan bilik sterilisasi portabel mendapatkan lebih dari 135 ribu like dan 61 ribu retweet.

Semua Pasien Corona di Vietnam Sembuh, Kemenkes Diminta Konsultasi

Kemenkes diminta belajar pengobatan virus corona ke Vietnam (Twitter/ferdinandhaean2)
Kemenkes diminta belajar pengobatan virus corona ke Vietnam (Twitter/ferdinandhaean2)

Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean meminta agar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan konsultasi dengan Pemerintah Vietnam. Negara tersebut telah berhasil mengobati seluruh pasien di negaranya yang terinfeksi virus corona hingga sembuh.

Hal itu disampaikan oleh Ferdinand melalui akun Twitter miliknya @fedinandhaean2. Ferdinand meminta Kemenkes bisa belajar dari Vietnam.

"Saya sarankan @KemenkesRI agar segera konsultasi dengan pihak Vietnam terkait pengobatan yang mereka lakukan," kata Ferdinand seperti dikutip Suara.com, Selasa (3/3/2020).

Ferdinand berharap agar pemerintah bisa segera mempelajari cara-cara Vietnam mengobati pasien virus corona. Sehingga penyebaran virus di Indonesia bisa dihentikan.

Laporan dari Vietnam tersebut tentu membawa angin segar untuk dunia. Saat ini seluruh penjuru dunia dilanda kekhawatiran akibat merebaknya virus mematikan tersebut. (Suara.com/ Rifan Aditya).

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Berita Terkait