Internet

Heboh CCTV Kawah Gunung Agung Rekam Anjing Miterius, Ini Analisa Roy Suryo

Roy Suryo, menilai foto tersebut memang asli dan tidak melalui rekayasa digital

Agung Pratnyawan

Penampakan Anjing misterius yang terekam CCTV di puncak Gunung Agung. (Twitter/@KRMTRoySuryo2)
Penampakan Anjing misterius yang terekam CCTV di puncak Gunung Agung. (Twitter/@KRMTRoySuryo2)

Hitekno.com - Sebuah foto dari CCTV di puncak Gunung Agung membuat heboh hingga viral di media sosial. Dalam foto ini nampak penampakan anjing misterius. Tak hanya netizen, Roy Suryo pun ikut tertarik melihatnya.

Penampakan anjing misterius ini membuat gempar netizen, banyak yang meragukan keasliannya. Namun tak sedikit yang mempercayai keasliannya foto penampakan anjing di CCTV.

Banyak netizen percaya bahwa anjing tersebut adalah anjing sakral yang suka menemani para pendaki. Roy Suryo turut berkomentar bahwa anjing dalam foto tersebut asli.

Akun twitter @volcanoYTz mengunggah foto CCTV kawah Gunung Agung, Bali. Dalam foto tersebut tampak seekor anjing misterius yang sedang berdiri di tepi kawah.

Banyak yang mengira anjing misterius dalam foto tersebut adalah anjing gunung yang sering menuntun para pendaki.

Anjing yang terekam CCTV di puncak Gunung Agung
Anjing yang terekam CCTV di puncak Gunung Agung

Roy Suryo, pengamat Informatika, menilai bahwa foto tersebut memang asli dan tidak melalui rekayasa digital.

Melalui twitternya, selain menyertakan foto anjing yang CCTV, Roy juga menyertakan foto perwujudan asli anjing tersebut. Anjing tersebut tengah diberi makan oleh para warga di sekitar Gunung Agung.

"Tweeps, intermezzo dikit. Viral di Bali Foto "Anjing Gunung" terekam CCTV via IG @christian_joshuapale & Saya percaya itu benar Foto Asli. Apakah ini keturunannya "Jono-Joni" (2 Anjing pemandu di Gunung Agung sblm 2017 dulu)? Wallahuallam, kita hormati saja Kearifan lokal di Bali" tulis Roy Suryo.

Penjelasan Roy Suryo. (Twitter/@KRMTRoySuryo2)
Penjelasan Roy Suryo. (Twitter/@KRMTRoySuryo2)

Menurut Wayan Mangku Badra, warga Dusun Pala Desa Besakih yang juga pemandu wisata di Gunung Agung,  ada dua anjing bernama Jono dan Joni yang sering menemani para pendaki.

Kedua anjing tersebut tinggal di dekat Pura Tirta Giri Kusuma. Namun, pasca Gunung Agung berstatus awas pada September 2017 lalu, kedua anjing tersebut dikabarkan menghilang.

Itulah analisa Roy Suryo pada foto penampakan anjing misterius di puncak Gunung Agung yang sempat viral di media sosial. (Suara.com/ Farah Nabilla).

Berita Terkait