Fakta Slender Man, dari Mana Awal Mula Sosok Ini Muncul?

Slender Man disebut-sebut sebagai salah satu inspirasi gadis pembunuh sawah besar.

Agung Pratnyawan
Selasa, 10 Maret 2020 | 10:12 WIB
Slender Man, urban legend yang menggemparkan. (HBO)

Slender Man, urban legend yang menggemparkan. (HBO)

Hitekno.com - Kasus pembunuhan yang dilakukan seorang remaja belum lama ini bikin gempar. Pasalnya, pelaku disebut terpengaruh dengan sosok Chucky dan Slender Man.

Seperti diberitkan sebelumnya, heboh kasus NF seorang remaja 16 tahun atau dikenal sebagai gadis pembunuh sawah besar.

Chucky sendiri adalah sosok boneka dalam film horor terkenal. Film horornya sudah terkenal sejak era 1980-an dan menurun ke generasi berikutnya.

Baca Juga: Ada Slander Man, Netizen Telaah Makna Gambar Gadis Pembunuh Sawah Besar

Lalu bagaimana dengan Slender Man? Sosok memang masih asing di masyarakat. Namun kenapa bisa berdampak pada pelaku untuk melancarkan aksinya?

Sosok Slender Man atau dikenal juga sebagai Slenderman dipercayai adalah makhluk mistis dengan penampakan tinggi dan tidak memiliki wajah.

Slender Man ini digambarkan tinggi kurus dengan mengenakan jas hitam. Sosoknya sudah terkenal di dunia maya dan telah tersebar.

Baca Juga: Gerakkan Jari Tangan, Video Gadis Pembunuh Sawah Besar Bikin Netizen Ngeri

Dari mana asal muasal sosok Slender Man ini kenapa bisa sampai sepopuler ini? Hingga disebut-sebut sebagai inspirasi NF pelaku gadis pembunuh sawah besar.

Rilis gadis pembunuh di Sawah Besar. [Suara.com/Alfian Winanto]
Rilis gadis pembunuh di Sawah Besar. [Suara.com/Alfian Winanto]

Banyak meme Slender Man atau Slenderman telah bertebaran di internet. Dari berbagai macam forum hingga situs 9gag.

Namun faktanya, sosok Slender Man adalah fiktif karangan Eric Knudsen. Yang kala itu ia menggunakan nama Victor Surge sebagai samaran.

Baca Juga: Gadis Pembunuh Sawah Besar Mengaku Terinspirasi The Slender Man dan Chucky

Dikutip dari The Washington Post (3/6/2014) Eric Knudsen membuat kisah fiksi horor Slender Man ini di forum internet pada 2009 silam.

Tepatnya pada 8 Juni 2009, ketika pengarangnya mempostingkan sosok Slender Man di forum Somethin Awful dengan mengedit foto agar terlihat seram.

Tidak sekedar foto editan, Eric Knudsen juga menyertakan sejumlah teks ceita dari para saksi mata mengenai sosok menyeramkan ini.

Baca Juga: Sebelum Menyerahkan Diri, Gadis Pembunuh Sawah Besar Bikin Status Ini

Slender Man, urban legend yang menggemparkan. (HBO)
Slender Man, urban legend yang menggemparkan. (HBO)

Pastinya keterangan saksi mata tersebut adalah bagian dari karangan Eric Knudsen sebagai bagian dari kisah fiksi yang dibuatnya.

Slender Man diceritakan sebagai sosok tinggi kurus dengan tanpa wajah. Ia juga memiliki tentakel dan mengenakan baju jas dengan dasi merah.

Sosok menyeramkan ini dikisahkan suka menculik atau melukai orang, terutama anak-anak. Ia juga akan menghipnotis korbannya agar tak berdaya.

Tidak ada informasi spesifik apa motivasi dari sosok ini untuk menyerang hingga menculik anak-anak. Begitu juga asal usulnya.

Semenjak cerita ini ramai di internet, sosok Slender Man berubah menjadi urban legend yang dipercayai orang-orang di dunia nyata.

Slender Man, urban legend yang menggemparkan. (Sony Pictures)
Slender Man, urban legend yang menggemparkan. (Sony Pictures)

Namun kisah menyeramkan di atas hanyak kisah fiktif karangan Eric Knudsen. Meski bigitu, popularitas Slender Man tak berhenti di sini.

Pada 2012, Slender Man diadaptasi menjadi game horor dengan judul Slender: The Eight Pages. Popularitas sosok menyeramkan ini pun makin naik.

Menurut catatan explosion.com, jumlah download game horor ini mencapai 2 juta kali. Lalu muncul game lain yang masih berkutat sosok menyeramkan ini.

Yakni Slenderman's Shadow dan Slender Man. Dan sekuel Slender: Eight Pages pun dihadirkan dengan judul Slender: The Arrival pada 2013.

Popularitas game horor ini tak luput dari aksi para YouTuber gamer ternama yang memainkannya. Sehingga kengerian sosok Slender Man makin meluas.

Game horor Slender: Eight Page. (DualShocker)
Game horor Slender: Eight Page. (DualShocker)

Makin populer, akhirnya Slender Man dianggkat ke layar lebar. Disutradari Sylvian Whit, film Slender Man ini akhirnya tayang pada 2018 lalu.

Sayangnya film horor ini tidaklah sesukse game horor Slender Man. Review penonton di IMDB yang didapatkan hanya 3,2/10.

Itulah urban legend Slender Man, ternyata berasal dari kisah horor fiktif yang populer di internet. Hingga akhirnya disebut-sebut sebagai inspirasi NF, gadis pembunuh sawah besar.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak