Internet

Twitter Uji Fitur Stories Mirip Instagram, Netizen Ramaikan #RIPTwitter

Fitur Twitter tersebut mirip dengan stories atau tweet sesaat yang diberi nama 'Fleets'.

Dinar Surya Oktarini

Fitur baru Twitter. (Twitter/@kayvz)
Fitur baru Twitter. (Twitter/@kayvz)

Hitekno.com - Pada Rabu (5/3/2020) warga Twitter dihebohkan salah satu fitur Twitter yang tengah diuji hingga mengundang hashtag #RIPTwitter trending utama di platform media sosial dengan logo burung biru tersebut.

Hashtag #RIP Twitter tersebut dipicu oleh salah satu fitur Twitter yang mirip dengan stories atau tweet sesaat yang diberi nama 'Fleets'.

Dilansir dari laman The Verge, fitur tersebut merupakan tweet baru yang lebih singkat dan unggahan ini akan muncul terpisah dengan timeline di Twitter dan berada di atas selama 24 jam sebelum menghilang.

Fitur ini bisa dikatkan mirip dengan Snapchat Stories dan bentuknya hampir mirip dengan milik media sosial di Instagram.

Manajer produk grup Twitter, Mo Aladham mengatakan ''Twitter adalah pecakapan tentang apa yang kamu pedulikan, tetapi beberapa dari kalian memberi tahu kami bahwa tidak nyaan untuk tweet karena tweet bersifat publik, merasa permanen dan memiliki jumlah publik seperti retweets dan likes.''

Menurutnya ia ingin penggunanya melakukan percakapan dengan cara baru yang lebih sedikit tekanan dan lebih kontrol, melampaui tweet ataupun pesan langsung.

Fiturbaru Twitter. (Twitter/@kayvz)
Fitur baru Twitter. (Twitter/@kayvz)

 

''Alasan tersebutlah yang membuat Twitter menguji fitur 'Fleets' di Brasil, kami menguji fitur tersebut yang merupakan cara baru untuk memulai percakapan dari pikiran pengguna yang sekilas'' tambahnya.

Untuk memulai fitur ini, pengguna akan mengetuk tombol tambahh yang muncul pada bari baru unggahan yang ada di atas timeline.

Kamu bisa mengetik 280 karakter teks atau menambahkan foto, GIF ataupun Video. Usai mengaturnya Fleets kamu akan muncul di barisan tulisan di sisi lainnya.

Semantara itu fleets orang lain yang kamu ikuti juga akan muncul, namun kamu tidak bisa menyukai atau retweets fleets orang lain.

Pengguna hanya bisa merespons fleets dengan emoji reaksi yang serupa dan juga teks.

Fitur yang akan bertambah di media sosial Twitter ini lantas memicu perdebatan dari pengguna Twitter hingga cuitan yang disertai dengan hashtag #RIPTwitter menggema.

Berita Terkait