Jabotabek Dikepung Banjir Lagi, Operator Seluler Lebih Siap

Inilah kesiapan para operator seluler agar banjir hari ini (25/2/2020) tak menyulitkan komunikasi.

Dinar Surya Oktarini
Selasa, 25 Februari 2020 | 17:11 WIB
Ilustrasi tower jaringan seluler. (Pixabay)

Ilustrasi tower jaringan seluler. (Pixabay)

Hitekno.com - Wilayah di Jabotabek kembali dikepung banjir pada Selasa, (25/2/2020) yang mengakibatkann terhambatnya aktivitas masyarakat. 

Meski begitu, layanan telekomunikasi maupun data yang digelar operator seluler dipastikan aman terkendali. Berbeda dengan banjir di awal tahun 2020 yang melumpuhkan jaringan seluler, operator kini lebih siap menghadapi masalah ini.

Smartfren
Anak perusahaan Sinarmas ini mengakui ada beberapa BTS di wilayah Jabotabek yang terkena pemadaman listrik PLN saat banjir terjadi.

Baca Juga: Rilis Ponsel 5G Pertamanya, Sony Xperia 1 II Meluncur

Meski begitu, VP ology Relations and Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo mengatakan saat ini BTS sudah dipersenjatai tenaga cadangan.

"Terkait dengan bencana banjir yang melanda Jakarta, memang ada beberapa site BTS yang terkena dampak dari banjir disebabkan adanya pemadaman listrik PLN, namun karena semua site sudah dilengkapi battery sebagai power supply cadangan sehingga tidak begitu berpengaruh terhadap kualitas layanan," terang Munir dalam keterangan resminya, Selasa (25/2/2020).

Kendati layanan tidak terpengaruh, Munir mengatakan bahwa tim teknis Smartfren tetap memantau kondisi sejak dini hari demi antisipasi situasi dan kondisi ke depannya.

Baca Juga: Dikabarkan Merger, Gojek dan Grab Akan Bergabung?

Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo. (Indosat)
Indosat Ooredoo. (Indosat)


Serupa dengan Smartfren, beberapa BTS Indosat Ooredoo juga dilaporkan mengalami gangguan pasokan listrik akibat banjir. Untuk beberapa saat, layanan mereka sempat terdampak. Namun saat ini, tim teknis operator itu sedang melakukan pemulihan.

"Kami mohon kesabaran pelanggan karena kami masih terus berupaya sesegera mungkin memulihkan layanan kami. Saat ini kondisi sudah berangsur pulih dan BTS yang terdampak sudah kembali normal," terang SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk.

Baca Juga: Infokan Banjir Sambil Bawa Ular, Polisi Ini Bikin Netizen Kebingungan

Untuk memantau kondisi terkini layanan mereka, pihak Indosat Ooredoo mengandalkan Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC).

"Kami terus melakukan pemantauan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan layanan telekomunikasi kami," jelas Turina.

Telkomsel
Aldin Hasyim selaku General Manager External Corporate Communications Telkomsel mengatakan bahwa secara umum, kondisi jaringan dan layanan Telkomsel masih normal beroperasi, meskipun kini juga tengah dilakukan pemantauan secara intensif.

Baca Juga: Reza Arap Unggah Video Banjir, Netizen: Nyalon Gubernur Rap?

"Saat ini di sejumlah titik di Jabotabek dan sekitarnya yang terdampak hujan deras yang merata dan mengakibatkan banjir juga telah dilakukan pemadaman listrik sebagai langkah antisipasi. Untuk itu, Telkomsel telah menggunakan pasokan listrik cadangan dengan mengaktifkan battery dan menyiagakan sejumlah mobile genset sebagai pendukung operasional BTS di sejumlah titik wilayah terkait."

XL Axiata
Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menerima laporan masuk mengenai sebagian kecil BTS terdampak, terutama yang berlokasi di area yang terkena pemadaman listrik.

Beruntung, operator yang identik dengan warna biru ini sudah siap dengan melakukan sejumlah langkah antisipatif.

"Kami sudah siapkan langkah-langkah antisipatif antara lain dengan rekayasa jaringan dan mobilisasi genset. Semaksimal mungkin kami akan berusaha untuk menjaga layanan tetap normal karena di saat yang seperti ini pasti layanan telekomunikasi dan data sangat dibutuhkan pelanggan dan masyarakat," tutup pria yang karib disapa Ayu itu.(Suara.com/Tivan Rahmat)

Berita Terkait
TERKINI

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB
Tampilkan lebih banyak