Internet

CEK FAKTA: Benarkah Putri Sulung Kobe Bryant Meninggal Bunuh Diri?

Benarkah Natalia Bryant bunuh diri setelah kematian sang ayah Kobe Bryant dan adiknya Gianna?

Agung Pratnyawan

Kobe Bryant dan keluarganya. (Instagram)
Kobe Bryant dan keluarganya. (Instagram)

Hitekno.com - Beredar sebuah konten video yang diklaim berasal dari kantor berita BBC melaporkan kalau putri sulung Kobe Bryant, Natalia Bryant meninggal dunia karena bunuh diri.

Video yang mengklaim kematian putri sulung Kobe Bryant karena bunuh diri tersebut beredar luas di media sosial.

Kabar kematian Natalia tersebut berhembus beberapa saat setelah kematian Kobe Bryant dan putrinya Gianna Bryant dalam kecelakaan helikopter.

Beberapa waktu lalu, Vanessa Bryant, istri Kobe Bryant juga sempat dikabarkan bunuh diri, namun kabar tersebut telah terbantahkan.

Pada bagian awal video yang diklaim dari BBC tersebut tertulis "R.I.P Natalia Bryant 2003-2020". Terlihat pula foto Natalia Bryant sedang tersenyum, di bagian belakang nampak foto Kobe Bryant dan Gianna Bryant.

Lantas, benarkah kabar Natalia Bryant, putri sulung Kobe Bryant meninggal dunia usai bunuh diri?

CEK FAKTA: Benarkah Natalia Putri Sulung Kobe Bryant Meninggal Karena Bunuh Diri?
CEK FAKTA: Benarkah Natalia Putri Sulung Kobe Bryant Meninggal Karena Bunuh Diri?

Penjelasan

Dikutip HiTekno.com dari cek fakta Suara.com, kabar Natalia Bryant, putri suslung Kobe Bryant bunuh diri ini tidaklah benar.

Dialihbahasakan dari Snopes, Kamis (20/2/2020), kabar tersebut merupakan kabar bohong atau hoaks. Natalia masih hidup, tidak meninggal akibat bunuh diri seperti berita yang disebarkan.

Video yang beredar memuat logo BBC itu diterbitkan oleh laman daring mencurigakan, yakni w0rldnews.g0ldenbuzzers.com dan t0pstories.caldomns.com. Kedua laman daring tersebut tidak berafiliasi dengan BBC.

Selain video tersebut dimuat dalam laman daring mencurigakan, isi video juga tampak tidak meyakinkan. Pada awal video diputar, muncul tulisan "R.I.P Natalia Bryant" selama beberapa detik.

Setelah itu, muncul potongan video seorang pembawa berita di balik meja berwarna hijau mengatakan "Kejutan itu masih sulit diterima para penggemar belakangan ini". Kemudian, ucapan pembawa berita tersebut terpotong dan video kembali ke penampilan awal.

Potongan video kabar Natalia Bryant meninggal ternyata hoaks (snopes)
Potongan video kabar Natalia Bryant meninggal ternyata hoaks (snopes)

Potongan video pembawa berita tersebut tidak terkait dengan kabar kematian Natalia. Video tersebut tampaknya merupakan potongan video Fox 32 Chicago dengan pembawa berita Dawn Hasbrouck, bukan dari BBC.

Tidak ada pemberitaan dari kantor berita manapun yang melaporkan dugaan kematian Natalia Bryant. Selain itu, sang ibunda, Vanessa Bryant juga tidak mengumumkan kematian putrinya melalui media sosial.

Kesimpulan

Berita Natalia Bryant meninggal dunia usai melakukan bunuh diri pada Februari 2020 tidaklah benar atau hanya berita hoaks. Kabar ini hanyalah tipuan kematian yang bertujuan untuk mengeksploitasi sebuah tragedi.

Itulah hasil cek fakta kabar Natalia Bryant, putri sulung Kobe Bryant yang diklaim meninggal dunia usia melakukan bunuh diri ternyata tidaklah benar. Kabar ini termasuk hoaks atau kabar bohong. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

Catatan Redaksi: Hidup sering kali sangat sulit dan membuat stres, tetapi kematian tidak pernah menjadi jawabannya. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit dan berkecenderungan bunuh diri, sila hubungi dokter kesehatan jiwa di Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Bisa juga Anda menghubungi LSM Jangan Bunuh Diri melalui email [email protected] dan telepon di 021 9696 9293. Ada pula nomor hotline Halo Kemenkes di 1500-567 yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi di bidang kesehatan, 24 jam.

Berita Terkait