Internet

Cuma Pakai Bahasa Indonesia, Larangan di Toilet Jepang Ini Bikin Malu

Diduga larangan ini ditujukan kepada turis Indonesia dan Malaysia.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi cuci tangan di wastafel. (Pixabay)
Ilustrasi cuci tangan di wastafel. (Pixabay)

Hitekno.com - Semua pasti tahu, fungsi wastefel digunakan untuk mencuci tangan. Namun tetap saja ada yang nekat memakainya untuk cuci kaki. Hal ini terungkap pada papan larangan di toilet Jepang untuk wisatawan.

Sebuah foto aturan di sebuah toilet milik objek wisata Jepang  jadi viral di media sosial setelah menarik perhatian netizen.

Pasalnya, tulisan dalam aturan tersebut menyebutkan dilarang mencuci kaki dalam wastafel di toilet Jepang.

Foto aturan dilarang mencuci kaki di wastafel ini, uniknya tidak ditulis menggunakan bahasa Jepang melainkan bahasa Indonesia dan Melayu.

"Di salah satu objek wisata di Jepang, ada toilet yang tulisannya gini. Nggak ada versi bahasa lain," tulis akun @imanlagi, dikutip HiTekno.com, Minggu (9/2/2020).

Dari kertas yang tertempel pada dinding toilet tersebut tertulis jelas kalimat, "Di sini, Anda tidak mencuci kaki Anda."

Muncul dugaan kuat, wastafel di toilet objek wisata Jepang tersebut kerap digunakan untuk mencuci kaki pengunjung, khususnya turis Malaysia dan Indonesia yang hendak beribadah salat.

Aturan dilarang cuci kaki di wastafel toilet Jepang. (Twitter/@Imanlagi)
Aturan dilarang cuci kaki di wastafel toilet Jepang. (Twitter/@Imanlagi)

 

Karena tidak menemukan tempat wudhu, kemungkinan besar turis-turis ini memutuskan untuk mencuci kaki mereka di wastafel toilet Jepang.

Padahal dalam keadaan terdesak, sebenarnya wudhu membasuh kaki dapat dilakukan dengan hanya mengusapnya saja tanpa harus mengguyurnya menggunakan air secara keseluruhan.

Sontak, foto aturan dilarang mencuci kaki di wastafel berbahasa Indonesia dan Malaysia ini mendadak ramai diperbincangkan oleh netizen.

Tidak sedikit bahkan netizen yang memberikan berbagai tanggapan lewat kolom komentar.

"Oh jadi gini ya rasanya ditampol secara internasional," sebut salah seorang netizen.

"Aww malu banget, jangan-jangan sering dipakai wudhu nggak sih? Soalnya suka nemu juga di mall, orang kalau wudhu kakinya naik wastafel," imbuh netizen lainnya.

"Mereka yang nulis kok gue yang malu ya wkwkw," timpal netizen lainnya.

Cuci tangan di wastafel. (Pixabay/offthelefteye)
Cuci tangan di wastafel. (Pixabay/offthelefteye)

 

Namun, ada juga netizen yang memaklumi kondisi itu. Menurutnya, ada alasan logis kenapa orang-orang membasuh kakinya di wastafel.

"Setahu saya, ini (kayaknya) di Iyashi No Sato, desa tradisional wisata di kaki Fuji. Kebetulan di depan toiletnya memang ada pendopo terbuka yang bisa dipakai solat. Dan warung di sekitarnya menyediakan ruang solat serta makanan halal. Jadi jalan pintas ya wudhu di wastafel," terang seorang netizen.

Hingga Minggu siang, cuitan akun Twitter @imanlagi soal foto aturan dilarang mencuci kaki di wastafel ini telah mendapatkan lebih dari 6 ribu retweets dan 10 ribu likes.

Itulah foto aturan dilarang cuci kaki di wastafel toilet Jepang yang viral di media sosial.  (Guideku.com/ Arendya Nariswari).

Berita Terkait