Pahlawan Kita Semua, Inilah Larry Tesler Sosok Penemu Copy Paste

Apa jadinya jika tidak ada fitur copy paste, pasti susah.

Agung Pratnyawan
Senin, 27 Januari 2020 | 10:45 WIB
Ilustrasi Copy Paste. (Pixabay)

Ilustrasi Copy Paste. (Pixabay)

Hitekno.com - Buat pemakai komputer, pasti tak asing dengan fitur copy paste atau lebih gaul dengan istilah copas. Fitur yang berawal dari komputer hingga dibawa berbagai hal.

Dari smartphone pun kita juga memakai fitur copy paste ini. Bahkan bukan cuma di teks, Fungsi dari copas ini untuk menyalinfile dan masih banyak lainnya.

Pada umumnya, fitur salin dan tempel ini merupakan kombinasi dari tombol Ctrl+C dan Ctrl+V pada keyboard komputer.

Baca Juga: 5 Penemuan Ilmiah Paling Mengejutkan 2019, Termasuk Gempa di Mars

Seperti dikutip dari keepo.me--jaringan Suara.com, dengan adanya fitur ini, pengguna komputer akan lebih dimudahkan untuk mengerjakan pekerjaannya.

Misalnya ketika menyalin teks. Kita hanya tinggal menandai teks lalu mengetikkan kombinasi copas. Sehingga kita tidak harus mengetik ulang.

Namun kamu tahu gak sih, siapa orang di balik fitur copas ini? Fitur yang membantu kalian dalam mengerjakan tugas di komputer.

Baca Juga: Unik Hingga Aneh, Ini 4 Penemuan NASA di Mars Sepanjang Tahun 2019

Ia adalah Larry Tesler, seorang ilmuwan komputer yang fokus di bidang interaksi manusia-komputer. Tesler tumbuh di New York, Amerika Serikat, dan lulus dari Stanford University.

Larry Tesler penemu copy paste. (Yahoo blog)
Larry Tesler penemu copy paste. (Yahoo blog)

Mungkin kita cenderung asing dengan nama ini. Namun ternyata Larry Tesler adalah salah satu orang berpengaruh di bidang teknologi, lho.

Pria dengan nama asli Lawrence Gordon Tesler ini pernah bekerja di Xerox PARC pada tahun 1970-an. Tempat itu adalah pusat penelitian komputer yang berbasis di Paolo Alto, California, Amerika Serikat.

Baca Juga: Jadi Detektif yuk Kemudian Tebak 5 Penemuan Aneh ini

Dilansir dari keepo.me, pada saat Tesler bekerja di Xerox, ia melakukan penelitian program Smaltalk-76 yang bertugas untuk menyimpan data teks ke dalam memori internal komputer.

Daru sinilah, ia mulai menciptakan fitur 'cut', 'copy', dan 'paste'. Dan karena itu, ia disebut sebagai penemu Copy Paste  yang kita kenal.

Copas sendiri pertama kali mulai digunakan pada tahun 1973 oleh Larry Tesler dan rekan, Tim Mott, untuk bahasa pemrograman Gypsy.

Baca Juga: 6 Penemuan Jepang Paling Luar Biasa Sepanjang Sejarah

Larry Tesler Penemu Copy Paste. (imgur/ Tekgnosis)
Larry Tesler Penemu Copy Paste. (imgur/ Tekgnosis)

Perjalanan Larry Tesler tidak hanya berhenti sampai di situ. Setelah berhasil dengan penemuannya tersebut, ia lalu pindah ke Apple Computer pada tahun 1980.

Apple pada tahun 1981 melengkapi fitur copas ini dengan munculnya Ctrl+Z untuk pembatalan (undo). Hingga Windows pun turut mengadopsi temuan ini untuk komputernya.

Tesler juga berpartisipasi dalam pembuatan aplikasi komputer khas Apple yaitu Mac. Hingga pada tahun 1997, ia memutuskan untuk hengkang dari perusahaan tersebut.

Setelah lepas dari Apple, Larry Tesler sempat menjabat sebagai wakil presiden di Amazon.com dan Yahoo.

Kini pria yang berusia 74 tahun ini menjadi kontraktor teknologi independen yang giat menyebarkan ilmu mengenai coding ke anak-anak muda di Amerika.

Mengingat pentingnya fitur sejuta umat ini, tampaknya kita memang harus berterima kasih kepada Larry Tesler atas penemuannya.

Itulah kisah Larry Tesler penemu Copy Paste. Tanpa adanya fitur copy paste ini, mungkin kita harus bersusah payah mengetik ulang teks, ya?

Berita Terkait
TERKINI

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB
Tampilkan lebih banyak