Internet

Masih Blokir Netflix, Ini Penjelasan Telkom

Netflix masih belum bisa diakses lewat Telkomsel dan IndiHome.

Agung Pratnyawan

Netflix. (unsplash/freestocks)
Netflix. (unsplash/freestocks)

Hitekno.com - Layanan streaming film ternama, Netflix selama ini diblokir oleh PT Telkom Indonesia dan anak perusahaan di bawah grup usahanya.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk sedang berupaya menambah layanan konten melalui kerja sama dengan para mitra penyedia layanan, termasuk Netflix yang masih dalam proses pembicaraan.

Seperti diwartakan sebelumnya, layanan film online Netflix masih diblokir oleh Telkom lewat Indihome dan anak usahanya Telkomsel, tetapi bisa diakses menggunakan layanan internet dari operator lainnya di Tanah Air.

VP Corporate Communication Telkom Arif Prabowo di Jakarta, Jumat (10/1/2020) mengatakan bahwa hingga saat ini layanan Netflix belum tersedia di jaringan TelkomGroup baik Telkomsel maupun IndiHome, dikarenakan masih belum tercapainya kesepakatan dua pihak.

Keputusan TelkomGroup itu, lanjut dia, bukan didasarkan pada kepentingan bisnis semata, namun guna melindungi kepentingan pelanggan dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia pada umumnya.

"Telkom Group mendorong para mitra penyedia konten untuk dapat menghadirkan karya sinematografi anak bangsa yang berkualitas," ujar Arif Prabowo.

Telkom masih blokir Netflix karena belum mencapai kesepakatan. Ilustrasi: logo Telkom. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]
Telkom masih blokir Netflix karena belum mencapai kesepakatan. Ilustrasi: logo Telkom. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

 

Ia mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung para sineas Indonesia yang akhir-akhir ini telah menghasilkan karya-karya terbaik, sehingga menggairahkan industri perfilman tanah air dan mendorong pengembangan industri kreatif khususnya bidang sinematografi.

"Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mencetak SDM Unggul," katanya seperti dilansir Suara.com.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Plate mengharapkan platform layanan streaming film Netflix menyiarkan lebih banyak film buatan Indonesia.

"Sekarang kita minta supaya (film buatan) sineas Indonesia, yang juga saat ini juga sudah ditayangkan oleh Netflix, diperbanyak. Mendukung sineas original Indonesia," kata Johnny saat ditemui di Kantor Kominfo, Rabu (10/1/2020).

Sementara pada Kamis (9/1/2020), Netflix serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan kerja sama di bidang pengembangan talenta perfilman Indonesia. Dalam kerja sama itu, Netflix akan mengucurkan investasi senilai 1 juta dolar AS.

"Saya ngefans banget sama Netflix, juga senang lihat konten Indonesia yang semakin lama makin banyak tampil di Netflix," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim saat menghadiri pengumuman kerja sama itu.

Ketika Mendikbud sudah menggandeng Netflix, sampai kapah Telkom dan anah usahanya masih memblokir layanan streaming film ini? (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait