Internet

Jejak Digital Reynhard Sinaga Diburu, Netizen Malah Nyasar ke Akun Ini

Entah sadar atau memang sengaja, netizen ramai-ramai meninggalkan komentar di akun pria ini.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Akun Instagram Reynhard Sinaga. (instagram/reynhardsinaga83)
Akun Instagram Reynhard Sinaga. (instagram/reynhardsinaga83)

Hitekno.com - Sosok Reynhard Sinaga yang divonis penjara seumur hidup karena kasus pemerkosaan ratusan pria di Inggris masih menjadi topik panas di media sosial. Jejak digital pemuda 36 tahun ini diburu. Alih-alih menemukan akun pribadinya, netizen justru nyasar ke akun ini.

Adalah akun @reynhardsinaga93, memiliki nama yang sama dengan Reynhard Sinaga yang tengah viral. Pria ini kebanjiran komentar netizen di kolom komentar unggahannya.

Entah sadar atau memang sengaja, netizen ramai-ramai meninggalkan komentar di akun pria ini. Banyak yang mengira bahwa si pemilik akun adalah sosok Reynhard Sinaga yang didakwa di Inggris.

Berdasarkan pantauan tim HiTekno.com, akun pria asal Medan ini memang tidak mengalami peningkatan jumlah followers yang signifikan.

Namun, dalam unggahannya yang terakhir, akun ini mendapatkan ratusan komentar dari netizen.

Dalam unggahan fotonya tanggal 24 Desember 2019, pria dengan akun @reynhardsinaga93 mendapat 37 likes dan 287 komentar netizen. Pemicu berbagai komentar ini datang pertama kali dari akun @lestari1993_.

"Jangan ke sini bambang, di sebelah noh" tulisnya mengingatkan.

CCTV Reynhard Sinaga saat keluar dari kediamannya. (Crown Prosecution Service UK)
CCTV Reynhard Sinaga saat keluar dari kediamannya. (Crown Prosecution Service UK)

 

Namun, peringatan ini rupanya diabaikan netizen. Banyak yang justru malah tetap meninggalkan komentarnya diunggahan @reynhardsinaga93.

"As* kamu malu-maluin aja," tulis @indramartyin sebelum kembali melanjutkan "eh maap bang salah orang..".

Di Instagram, sesaat setelah kasus pemerkosaan ratusan pria di Inggris ini mencuat, banyak bermunculan akun-akun bodong yang mengaku sebagai Reynhard Sinaga. Netizen yang super kreatif rupanya memanfaatkan betul momen viral kasus ini.

Akun Instagram Reynhard Sinaga. (instagram/reynhardsinaga93)
Akun Instagram Reynhard Sinaga, bukan pelaku pemerkosaan di Inggris. (instagram/reynhardsinaga93)

 

Menjadi viral tidak hanya di Instagram namun hingga ke Twitter, Reynhard Sinaga yang jadi korban salah kira netizen ini lalu membuat unggahan Insta Story. Dirinya mengaku tidak menyangka akan ikut menjadi viral hingga ke Twitter.

''Setelah buka Twitter kembali, ternyata lebih ramai di Twitter. Padahal nggak tahu apa-apa'' tulis @reynhardsinaga93.

Konfirmasi Reynhard Sinaga. (instagram/reynhardsinaga93)
Konfirmasi Reynhard Sinaga. (instagram/reynhardsinaga93)

 

Padahal diduga kuat akun pribadi Reynhard Sinaga adalah @reynhardsinaga83 yang sudah mengumpulkan lebih dari 6.000 followers. Sayangnya, setelah ditelusuri akun ini telah di-private.

Kasus yang menjerat pria berusia 36 tahun asal Depok, Jawa Barat ini sudah dibawa ke pihak pengadilan pada Juni 2017 lalu.

Reynhard Sinaga dinyatakan bersalah dengan 136 tuduhan pemerkosaan, 8 tuduhan percobaan perkosaan, dan 14 tuduhan serangan seksual.

Dikutip dari BBC, polisi menemukan setidaknya 190 pria yang menjadi korban tindakan pemerkosaan yang dilakukan Reynhard Sinaga.

Berita Terkait