Internet

Ramai Foto Hukuman Fisik Pemotor Naik Trotoar, Netizen: Soeharto vs Jokowi

Netizen pun membanding-bandingkan era Soeharto dan Jokowi.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita

Ilustrasi pemotor. (Pixabay)
Ilustrasi pemotor. (Pixabay)

Hitekno.com - Sosiolog Ariel Heryanto membuat heboh netizen di media sosial dengan membagikan sebuah foto yang menampilkan seorang pemotor tengah kena hukuman fisik karena naik trotoar.

Dalam foto koleksi pribadi Ariel Heryanto tersebut, terlihat seorang petugas polisi dengan menghukum fisik berupa push-up kepada seorang pemotor.

Disebutkannya kalau pemotor ini mendapatkan hukuman fisik karena telah menerobos alias naik ke trotoar di sebuah kawasan di DKI Jakarta,

Foto itu rupanya berasal dari sebuah surat kabar cetak yang kemudian diabadikan oleh Ariel Heryanto.

Lewat narasi unggahannya, profesor program studi Indonesia di Monash University, Australia ini mengatakan sengaja membagikan foto tersebut lantaran hari ini bertepatan dengan 25 tahun terjadinya insinden yang ditunjukkan dalam foto.

"Tepat hari ini seperempat abad yang lalu pengendara motor yang menggunakan trotoar untuk pejalan kaki di Jakarta dihukum fisik langsung di waktu dan tempat kejadian," tulis @ariel_heryanto seperti dikutip Suara.com, Kamis (26/12/2019).

Secara tersirat, Ariel menyatakan keprihatinannya setelah membandingkan hukuman tersebut dengan zaman sekarang. Sebab, pemotor  yang tak tertib kini banyak yang lolos dari hukuman.

Profesor unggah foto pemotor zaman dahulu dihukum fisik jika menerobos trotoar. (Twitter/@ariel_heryanto)
Profesor unggah foto pemotor zaman dahulu dihukum fisik jika menerobos trotoar. (Twitter/@ariel_heryanto)

 

Ia berharap aturan hukum fisik di tempat bisa diterapkan lagi di Indonesia.

"Andaikan saja aturan itu diterapkan terus-menerus dan di semua wilayah RI," imbuhnya.

Unggahan Ariel Heryanto tersebut seketika menuai respons netizen. Seperti @Dika76595557 yang kemudian membandingkan era pemerintahan Soeharto dan Jokowi.

"Setidaknya di zaman Soeharto ada some semblance of rule of law (sejumlah persamaan aturan hukum) ketimbang zaman @jokowi," cuitnya.

Ariel Heryanto pun membalas komentar tersebut dengan singkat, "Ga juga", tulisnya.

Sementara netizen lain justru menuliskan keluh kesahnya dengan sikap pemotor yang menerobos trotoar di zaman sekarang.

"Pemotor sekarang lebih galak pejalan kaki jalan di trotoar kadang di klakson atau dibentak suruh minggir," cuit @FerryNurCahyo.

"Saya pernah menegur pemotor lewat trotoar, dibalas sama dia: suka-suka gue, mony**," kata @berbahaia.

Itulah foto hukuman fisik kepaad pemotor karena naik trotoar dari Ariel Heryanto yang heboh di media sosial. (Suara.com).

Berita Terkait