Ramai Ari Untung Bahas Sangkakala, Netizen Malah Meminta Tabayyun

Jurnalis ini menjelaskan proses klarifikasi dan riset sebelum pemberitaan "peniupan sangkakala".

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Rabu, 18 September 2019 | 10:58 WIB
Muthia S Wirosastro tak terima rekannya diejek sehingga meminta Arie Untung tabayyun terlebih dahulu. (Twitter/ Muthia911)

Muthia S Wirosastro tak terima rekannya diejek sehingga meminta Arie Untung tabayyun terlebih dahulu. (Twitter/ Muthia911)

Hitekno.com - Arie Untung sempat menempati puncak trending topic Twitter regional Indonesia pada hari Selasa (17/9/2019) setelah postingan ''sangkakala'' membuat heboh netizen dan viral.

Seorang jurnalis salah satu media nasional memberikan pembelaan terhadap rekannya setelah efek postingan ''sangkakala'' sempat dijadikan bahan candaan oleh fanspage akun humor media sosial.

Netizen mengungkap jejak digital Arie Untung yang sempat mengunggah tayangan berita prosesi pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, melalui jejaring Instagram pribadinya @ariekuntung.

Baca Juga: Selain Ular Piton, Foto Orangutan di Tengah Kebakaran Hutan Ini Juga Viral

Dalam video itu, seorang presenter menyebut ,"Prosesi ini diperkirakan akan berlangsung 30 menit hingga satu jam dan akan diakhiri satu tiupan terompet sangkakala"..

Tak hanya kemarin (17/9/2019), berdasarkan pantauan dari Trends24.in, efek thread pembelaan oleh jurnalis ini berhasil membuat kata Arie Untung kembali menempati trending topic Twitter mulai pukul 08.00 WIB pada hari ini (18/09/2019) hingga pukul 10.00 WIB.

Akun bernama @Muthia911 tidak terima ketika Arie Untung langsung menganggap laporan salah satu rekannya sebagai sebuah kesalahan.

Baca Juga: Media Jerman Ikut Soroti Viralnya Aplikasi Kontool di Indonesia, Ini Isinya

Arie Untung menempati trending topic di Twitter regional Indonesia. (Trends24.in)
Arie Untung menempati trending topic di Twitter regional Indonesia. (Trends24.in)

Pemilik akun @Muthia911 yang merupakan seorang Broadcast Journalist di CNN Indonesia bernama Muthia S. Wirosastro menjelaskan bahwa laporan sangkakala oleh salah satu rekannya sudah melalui proses riset terlebih dahulu.

Muthia juga mengungkapkan bahwa "Peniupan Sangkakala" adalah istilah kemiliteran yang sahih sehingga tidak pantas untuk dijadikan lelucon.

Thread pembelaan jurnalis pada salah satu rekan medianya itu berhasil viral di Twitter setelah mendapatkan lebih dari 6.700 Retweet dan 3.900 Like.

Baca Juga: Akun Instagram Arie Untung Diblokir, 5 Hal ini Penyebabnya?

Cuitan Muthia mengenai video viral repoter media nasional terkait ''sangkakal''. (Twitter/ Muthia911)
Cuitan Muthia mengenai video viral repoter media nasional terkait ''sangkakal''. (Twitter/ Muthia911)

"Habis Apel Persada, bendera, jenazah turun ditandai tembakan salvo. Timbun liang lahat, karangan bunga, Irup sambutan, pernyataan keluarga, barulah Peniupan Sangkakala, jadi akhir prosesi. Selain protapnya yang memang begitu, pada hari-H tim kami juga konfirmasi ke Kasgartap-nya," cuit @Muthia911 saat menjelaskan bahwa timnya sudah melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengumumkannya ke publik.

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sangkakala diartikan sebagai alat tiup berkala yang terbuat dari kulit kerang dan sebagainya atau tanda bunyi-bunyian yang memiliki arti khusus seperti bangun pagi, apel, dan tidur.

Penjelasan mengenai reporter yang telah riset terlebih dahulu sebelum mengumumkan prosesi ''Peniupan Sangkakala'' ke publik. (Twitter/ Muthia911)
Penjelasan mengenai reporter yang telah riset terlebih dahulu sebelum mengumumkan prosesi ''Peniupan Sangkakala'' ke publik. (Twitter/ Muthia911)

Muthia menjelaskan bahwa tindakan legalitas tim RACI (Rights & Clearance) CNN sudah direspon manajer Arie Untung sehingga mereka menunggu permintaan maaf yang bersangkutan.

Baca Juga: Inovasi Teknologi Ini Paling Berpengaruh Dalam Dunia Jurnalistik

Update terbaru, Arie Untung langsung meminta maaf dan mengklarifikasi bahwa tindakan yang dilakukannya hanya untuk mengingatkan netizen tentang Hari Akhir.

Arie Untung akhirnya meminta maaf dan menghapus postingan-nya tentang ''sangkakala''. (Instagram/ arieuntung)
Arie Untung akhirnya meminta maaf dan menghapus postingan-nya tentang ''sangkakala''. (Instagram/ arieuntung)

"Takut jadi rame maaf ya masnya dan CNN, justru sebenernya mau ngingetin hal yg postif soal mengingat hari akhir malah pas di cek komennya jadi diskusi seru. Sebelum tambah ramai dan salah faham. Aku hapus ya postingannya," kata Arie Untung dalam postingan di Instagram sembari tetap mendoakan sang reporter agar karirnya tetap lancar.

Banyak netizen yang menganggap positif aksi klarifikasi dan penjelasan yang dilakukan oleh jurnalis tersebut sehingga mereka menjadi tahu istilah kemiliteran yang shahih.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak