Internet

Diam-diam Fitur Baru Twitter Ini Mulai Ditest, Stalking Jadi Makin Susah

Fitur baru Twitter ini sudah dulu ada di Facebook, lho!

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Twitter. (unsplash/Marten Bjork)
Ilustrasi Twitter. (unsplash/Marten Bjork)

Hitekno.com - Diam-diam, Twitter menguji fitur baru yang membuat orang jadi susah stalking. Fitur baru Twitter ini adalah Hide Replies yang telah diuji di beberapa negara.

Pada Maret 2019 lalu, Twitter mengkonfirmasi sedang melakukan pengujian fitur baru mereka. Fitur ini memberikan opsi untuk menyembunyikan replies atau balasan dari sebuah tweet.

Kabar paling barunya, fitur baru Twitter ini telah diuji coba kepada sejumlah pengguna di Kanada. Yang kemungkinan akan diperluas ke negara lain.

Dikutip dari Social Media Today, Jane Manchun Wong dengan akun @wongmjane membagikan pengalamannya menggunakan fitur Hide Replies ini.

Untuk fitur baru ini, Twitter memberikan opsi ini ke dalam daftar menu drop down. Saat opsi ini dipilih, tidak hanya menyembunyikan replies tersebut dari timeline kamu, namun juga ke orang lain.

Meski begitu, orang lain mendapatkan opsi untuk View Hide Tweet. Namun ia harus mengaktifkannya pada tweet tersebut untuk bisa melihatnya.

Para pengguna Twitter Kanada mendapatkan kesempatan untuk menggunakan fitur Hide Replies ini. Twitter akan memantaunya apakah fitur ini berfungsi dengan baik.

Uji coba fitur Hide Replies Twitter. (Social Media Today)
Uji coba fitur Hide Replies Twitter. (Social Media Today)

 

Selain itu juga melihat apakah fitur baru Twitter ini bisa menjaga tingkat kesopanan para para netizen di platform media sosial ini.

Fitur serupa sudah didatangkan ke Facebook yang memungkinkan untuk menyembunyikan komentar-komentar yang dirasa mengganggu dalam sebuah postingan.

Dengan hadirnya fitur Hide Replies ini mengindikasikan adanya perubahan dalam tubuh Twitter. Kebijakan yang berbeda dari Twitter yang dahulu.

Uji coba fitur Hide Replies Twitter. (Twitter/  @wongmjane)
Uji coba fitur Hide Replies Twitter. (Twitter/ @wongmjane)

 

Dulu Twitter selalu membanggakan keterbukaannya dalam menyampaikan pendapat. Kini memberikan fitur untuk menyembunyikan balasan dari sebuah tweet.

Diduga Twitter ingin menjaga kesehatan timeline dari para pengguna yang cukup mengganggu. Namun cara ini juga bisa dipakai untuk membungkam kritik yang tak diinginkan.

Kita tunggu saja hasil pengujian fitur baru Twitter ini di Kanada apakah sukses atau tidak. Kamu sendiri bagaimana? Menerima Hide Replies ini atau tidak?

Berita Terkait