Internet

Salut, Netizen Galang Dana untuk Bantu Denda Sopir Bus Transjabodetabek

Menurut netizen, bukan sopir Bus TransJakarta yang bersalah.

Agung Pratnyawan

Netizen galang dana untuk bayar denda Sopir Bus Transjabodetabek. (KitaBisa.com)
Netizen galang dana untuk bayar denda Sopir Bus Transjabodetabek. (KitaBisa.com)

Hitekno.com - Oki, sopir Bus Transjabodetabek dijatuhi denda karena mengangkut penumpang di atap bus. Namun netizen membela sopir bus ini hingga menggalang dana untuk membayari denda tersebut.

Sebelumnya ramai sebuah bus TransJabodetabek yang mengangkut penumpang di atap. Parahnya, para penumpang di atap tersebut terjepit saat memasuki terowongan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2019).

Setelah melakukan penyelidikan, pihak PT Mayasari Bakti selaku operator bus TransJabodetabek menjatuhkan sanksi denda kepada Oki selaku sopir bus.

Pihak operator bus mengenakan sanksi denda kepada Oki sejumlah Rp 1,2 juta. Selain itu, Oki juga kena peringatan keras dari perusahaan agar tidak mengulanginya.

Namun netizen malah membela Oki selaku sopir bus TransJabodetabek. Karena menurut netizen sang sopir ini tidak bisa apa-apa karena mendapat paksaan dari penumpang.

Bus yang dikendarai Oki tersebut di stop sekitar 50 remaja di Blok A Tanah Abang pukul 20.00 WIB. Remaja ini meminta diantar takbiran.

Kisah ini diungkapkan oleh seorang netizen dengan akun Twitter @rockadocta pada 7 Juni 2019 pukul 11.36 AM. Dalam waktu singkat postingan ini menggerakkan netizen.

Reaksi netizen pada sanki denda yang diberkan kepada Sopir Bus Transjabodetabek. (Twitter/ @rockadocta)
Reaksi netizen pada sanksi denda yang diberkan kepada Sopir Bus Transjabodetabek. (Twitter/ @rockadocta)

Merasa sopir bus TransJabodetabek tidak selayaknya mendapatkan denda, netizen galang dana melalui KitaBisa.com untuk membayar dendanya.

Dengan judul Yuk bantuin Pak Oki bayar denda Mayasari Bakti, Diana Leiwakabessy mengajak netizen galang dana di KitaBisa.com pada 7 Juni 2019.

"Agak kesel ya baca berita sopir mayasari bakti yang kena sanksi dan harus bayar denda gegara segerombolan orang yang ga bertanggung jawab pas malam takbiran.." tulis Diana Leiwakabessy di KitaBisa.com.

Dengan cepat netizen galang dana tersebut. Dari yang ditargetkan hanya Rp 2 juta, namun kurang dari 12 jam penggalangan dana ini melampaui target.

Netizen galang dana untuk bayar denda Sopir Bus Transjabodetabek. (KitaBisa.com)
Netizen galang dana untuk bayar denda Sopir Bus Transjabodetabek. (KitaBisa.com)

Menurut pantauan HiTekno.com, halaman penggalangan dana di KitaBisa.com tersebut telah mencapai Rp 5.691.384 pada 7 Juni 2019 pukul 20.00 WIB.

Lalu bagaimana kelanjutan dari persoalan Oki ini? Melalui akun Twitter @rockadocta pula disampaikan perkembangan terbarunya.

"Pak Oki saat ini sedang berada di Tasik dan belum menghadap ke Mayasari Bakti, contact number sudah ada di @BisKota_ dan perkembangan selanjutnya akan di update." tulis @rockadocta.

Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari permasalah sanksi denda yang harus dibayar sopir bus TransJabodetabek ini.